12 Ide Bisnis Kreatif dan Unik yang Layak untuk Dicoba

By | Agustus 22, 2019
ide bisnis kreatif

Pada zaman sekarang ini, seseorang dituntut untuk lebih meningkatkan inovasi di bidang apapun tak terkecuali di bidang bisnis. Banyak sekali peluang bisnis yang bisa kalian lakukan.

Untuk membuat ide bisnis kreatif dan unik tidaklah mudah seperti yang dikira, pasar global terus bergerak dan barang – barang baru pun bermunculan.

Masalahnya disini bukan seberapa banyak ide yang ada, melainkan ada saja hambatan yang mengganjal langkah kita untuk membuat suatu produk fresh yang belum pernah ada sebelumnya.

Terutama untuk masalah modal awal, terkadang hal tersebut yang menghambat tumbuh kembangnya bisnis yang sedang atau akan kita rintis.

Tetapi, apabila kalian tidak bisa menemukan produk yang beda dari yang lain maka perbaikilah produk yang sudah ada. Maka kalian tidak akan kesulitan untuk menemukan ide bisnis kreatif dan inovatif yang masih ada.

Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif

Dengan demografi yang luas, negara Indonesia memiliki banyak sekali peluang untuk mengembangkan bisnis kita. Apa saja usaha kreatif yang banyak diminati di Indonesia? Simak ulasan saya dibawah ya.

1. Jasa Pembuatan Website

Indonesia dengan jumlah penduduk kurang lebih 250 juta dan 56% dari total jumlah penduduk di Indonesia sebagai pengguna internet aktif. Waw sekali bukan?

Peluang besar jika banyak yang menginkan untuk membuka jasa pembuatan website. Karena, di era digital saat ini banyak developer yang membuka usaha ini. Platform yang bisa kalian gunakan untuk membuka bisnis jasa ini adalah wordpress atau blogspot.

Keuntungan yang didapat pun tidak main-main. Kalian bisa meraup sampai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah dari jasa pembuatan website ini tergantung bagaimana tingkat kesulitan dalam pembuatan.

Oleh karena itu, banyak sekali sekarang developer yang membuka usaha jasa pembuatan website. Bagi kalian yang tidak memiliki skill di bidang IT bisa juga lho terjun di dunia ini, tetapi minimal kalian paham dengan internet sudah cukup.

Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini lumayan besar, tetapi angka tersebut dapat ditekan dengan memberlakukan tarif dp 50% bagi client yang ingin memesan jasa.

2. Jasa Rental Drone

Di indonesia sendiri, jasa rental drone tergolong masih langka. Biasanya kita sering menemukan orang menggunakan drone untuk event besar atau event untuk masyarakat banyak.

Drone dengan kualitas biasa sampai yang bagus bisa kalian jadikan untuk ide bisnis kreatif. Modal awal yang kalian butuhkan untuk terjun ke jasa rental drone berkisar antara 300rb sampai puluhan juta.

Biasanya pihak instansi pemerintah, perusahaan, atau pengusaha pun terkadang memiliki minat tinggi untuk bisa menggunakan drone sebagai alat rekam.

Untuk itu, peluang usaha jasa rental drone kali ini sangat terbuka lebar mengingat di Indonesia masih minim sekali orang yang membuka usaha ini.

3. Menjadi Dropshiper

Usaha kreatif bagi kalian yang memiliki modal sangat terbatas dan ingin meminimalisir resiko, bisa mencoba Dropship.

Caranya pun mudah, melihat banyaknya ecommerce dan supplier yg menawarkan kalian untuk menjadi dropshiper.

Sederhananya begini, kalian mengambil dagangan orang lain dan menjual kembali tanpa membelinya terlebih dulu.

Jika ada calon pembeli yang tertarik, kalian mengambil barangnya di supplier dan menjual ulang dengan selisih harga bisa kalian tentukan sendiri. Sangat mudah kan?

Peluang usaha ini biasanya diminati oleh kalangan pemuda, bukan berarti yang sudah tua tidak bisa melakukan ini ya.

4. Jasa Membuat Karikatur Wajah

Bagi kalian yang jago menggambar dan desain, membuka usaha kreatif ini adalah sesuatu yang sangat tepat.

Sekarang lagi tren karikatur wajah untuk keperluan pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Untuk memulai usaha ini, kalian tidak perlu mengeluarkan modal awal yang banyak. Cukup sediakan kanvas, alat menggambar, dan sosial media untuk mempromosikan hasil karya kalian.

Hmm… Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

5. Jasa Sewa Kostum

Siapa bilang membuka usaha kreatif sewa kostum sangat sulit untuk dijalankan?

Banyak orang saat ini tidak mau ribet, terkadang juga ada keperluan mendadak untuk segera mencari kostuk yang pas untuk menghadiri sebuah acara.

Bahkan sekarang, mulai dari remaja hingga dewasa bahkan orang tua pun membutuhkan kostum untuk keperluan acara tertentu.

Dengan melihat masalah yang timbul tadi, usaha kreatif ini memiliki prospek yang masih menjanjikan lho sobat.

Kostum yang bisa kalian sewakan seperti anime, superhero, setelan jas, baju adat daerah, dan lain lain.

Modal awal yang kalian butuhkan untuk memulai usaha jasa sewa kostum ini adalah bekerja sama dengan desainer dan penjahit yang handal.

Dengan begitu, hanya perlu promosi lewat sosial media kalian sudah bisa membuka usaha jasa sewa kostum ini.

6. Usaha Coklat dengan Bentuk yang Unik

Usaha ini sangat menjanjikan bila digeluti dengan serius. Tingginya minat makanan berbahan dasar coklat ini, membuat banyak sekali peluang yang bisa kita ambil.

Terlebih dengan saat ini banyak anak-anak dan remaja yang berminat mencari coklat.

Bentuk-bentuk yang bisa kalian buat seperti pakaian, mobil, boneka, rumah, bunga, dan bentuk unik lainya.

Selain membuat coklat dengan bentuk yang menarik, kalian juga bisa mengkombinasikan coklat dengan campuran bahan tertentu seperti kacang, keju, buah, dan lain sebagainya.

Modal awal yang dibutuhkan pun bisa dikatakan lumayan, tetapi itu juga memberikan imbal balik keuntungan yang sangat besar apabila pintar untuk memasarkan.

7. Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan

Bagi kalian yang suka terhadap binatang, sepertinya usaha penitipan dan perawatan hewan ini sangat cocok.

Banyak orang yang memelihara hewan seperti kucing dan anjing yang ingin pergi berlibur misalnya, memilih untuk menitipkan hewan kesayangannya di tempat penitipan.

Usaha kreatif ini sangat populer di luar negeri. Di indonesia sendiri usaha penitipan dan perawatan hewan sangat jarang untuk ditemui.

Inilah peluang bagi kalian yang memiliki jiwa muda dan enterpreneur untuk memulai membuka jasa penitipan dsn perawatan hewan dengan sentuhan fasilitas yang beda dengan yang lain.

Selain membuk jasa tersebut, kalian juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengsn menjual pakan hewan yang bagus dan berkualitas.

Modal awal yang kalian perlukan adalah lahan atau kios dan kandang sebagai tempat untuk merawat hewan tersebut.

8. Jasa Sewa Alat Outdoor

Pecinta alam pastinya akan membutuhkan peralatan yang digunakan untuk menjelajah alam.

Peluang usaha kreatif ini sangat bagus sekali mengingat negara Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam yang tak terbatas dan perlu untuk dikunjungi.

Kalian bisa menyewakan tenda camp, perlengkapan masak, tas carrier, sepatu outdoor, matras, sleeping bag, jaket, sarung tangan dan lain sebagainya.

Modal awal ya bisa dikatakan lumayan karena kalian harus membeli terlebih dahulu semua perlengkapan outdoor sebelum menyewakannya.

9. Usaha Catering

Usaha kreatif ini menurut kebanyakan orang sangat ribet untuk dikerjakan. Tetapi, dibalik ribetnya bisnis ini terdapat peluang usaha yang memberikan keuntungan yang lumayan. Untuk menjalankan usaha ini kalian diharuskan untuk bisa memenuhi selera setiap orang yang berbeda-beda.

Terkadang ada yang memesan masakan tertentu seperti sayur, lauk pauk, nasi, dll yang berbeda setiap pesanan. Disinilah kreatifitas dan inovasi kalian diasah, buatlah menu yang komplit ditambah lagi masakan yang enak. Bukan tidak mungkin, pelanggan akan merekomendasikan bisnis catering kalian kepada orang terdekat.

Memulai bisnis katering dapat kalian lakukan dengan sendirian atau mengajak sodara atau teman untuk ikut membantu memasak masakan. Setelah tumbuh berkembang menjadi usaha besar, kalian bisa mencari pekerja yang dibutuhkan untuk membantu dalam memasak, menerima pesanan, mengantar pesanan, dan lain-lain.

10. Admin Media Sosial

Media sosial merupakan alat promosi produk yang cukup bagus. Mengingat saat ini banyak sekali pengguna aktif internet di indonesia, tentunya kalian tidak ingin bukan melewatkan peluang usaha ini?

Menjadi admin di media sosial kedengarannya sepele, namun bila kita dalami dengan serius akan banyak menghasilkan pundi-pundi rupiah. Para influencer dan content creator misalnya, saking banyak produk yang dipromosikan maka kewalahan jika harus dikerjakan sendirian.

Oleh karena itu, mereka mencari admin media sosial yang bisa menghadle akun-akun yang digunakan untuk bahan promosi. Tugas admin adalah mengunggah konten produk yang ditawarkan di waktu yang tepat. Diharuskan juga menjawab segala pertanyaan komentar seputar produk yang ditanyakan melalui akun media sosial promotor.

11. Usaha Bantal Karakter

Seperti namanya, ide bisnis kreatif harus menghasilkan produk yang unik dan beda dari yang lain. Usaha kreatif bantal berkarakter merupakan peluang yang sangat menjanjikan.

Anak-anak hingga remaja saat ini sangat suka terhadap karakter atau tokoh tertentu. Melihat peluang itu, maka membuat usaha desain karakter di bantal dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah yang menggiurkan.

Modal awal yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini digolongkan lumayan terjangkau. Bagian yang paling sulit adalah kemauan kita untuk memulai usaha itu sendiri dan maju.

12. Usaha Followers Media Sosial

Kebutuhan akan pemasaran produk bagi pengusaha sangat tinggi. Mereka mencari cara yang cepat untuk mendapatkan pengikut media sosial yang banyak. Tentunya ini akan meningkatkan branding, akun yang memiliki banyak followers akan tergolong terpercaya.

Menjual kebutuhan media sosial seperti followers sangat cocok sekali untuk kalian yang menginginkan keuntungan yang besar. Pasalnya untuk 1000 followers instagram aktif saja dihargai sekitar 20rb – 25rb tergantung berapa harga yang ingin kalian jual.

Beberapa ide bisnis kreatif yang bisa kalian coba diatas menunjukan saat ini di negara indonesia tidak kekurangan kerjaan. Kita harus pandai untuk mencari peluang, kemauan yang kuat adalah modal utamanya. Banyak sekali usaha kreatif lains selain diatas yang layak untuk dicoba.

Oleh karena itu, tunggu apa lagi? jangan terlalu lama memikirkan ide bisnis kreatif yang pas untuk dikerjakan. Pilihlah bisnis usaha kreatif yang cocok dengan passion kalian. Dengan begitu, rasa malas akan sedikit terkurangi. Jangan patah semangat apabila masih mengalami kendala dalam menjalankan bisnis kreatif yang akan dirintis.

Bagikan :
Author: Arga Eryzal P

Soerang PART-TIME Blogger, Internet Marketer, SEO Intermediate. "Sebuah mimpi akan tetap menjadi mimpi jika kau tidak segera lakukan aksi." Man Jadda Wa Jadda.