5 Jenis Aroma Therapy Ini Punya Manfaat Baik Untuk Tubuh

Sudah tahu kalau aroma therapy mampu meredakan stres? Beberapa orang menggunakan aroma therapy saat mandi atau digunakan pada diffuser untuk meredakan stress dan membuat rileks. TIdak aneh kalau sekarang ada banyak toko online dan marketplace yang jual minyak essential oil sebagai aroma therapy karena bisa digunakan sebagai pereda stress, perawatan kulit, hingga mengatasi peradangan loh.

Sejak lama, aroma therapy memang sudah menjadi andalan banyak orang sebagai terapi kesehatan. Mesir, Yunani, dan Tiongkok menjadi negara-negara yang menggunakan aroma therapy sebagai terapi penyembuhan. Aroma therapy berfokus pada komponen aromatik yang diekstraksi menjadi uap. Komponen aromatik ini biasanya terbuah dari berbagai bahan tanaman dengan aroma yang khas. Aroma inilah yang akan membawa perubahan dan membangun kembali keseimbangan dalam tubuh dan jiwa seseorang.

Kenali beberapa jenis aroma therapy dan manfaatnya untuk tubuh.

  1. Lemon

Aroma lemon terbukti membantu mengurangi gejala pada penderita Alzheimer. Senyawa pada lemon dapat melemaskan sistem saraf dan mampu membantu mengatasi gangguan pencernaan, insomnia serta kecemasan.

  1. Tea tree

Terbuat dari ekstrak daun teh, ekstrak aroma ini sering dijadikan sebagai campuran produk perawatan kulit seperti parfum, lotion, shampoo, bahkan sabun. Tea tree, dipercaya memiliki mafaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi infeksi, mempercepat penyembuhan luka serta melegakan jalur pernapasan.

  1. Lavender

Ini adalah salah satu aroma therapy yang terkenal mampu mengatasi berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang mampu diatasi aroma therapy  ini adalah depresi, kecemasan dan stres. Tak heran jika aroma therapy  ini digunakan banyak orang untuk mengatasi stres dan menjadi penenang. Aroma therapy ini bahkan mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

  1. Jahe

Tak hanya bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi, jahe sebagai aroma therapy  juga sangat tepat untuk mengatasi rasa mual. Kombinasi jahe dan minyak jeruk bahkan mampu menghilangkan rasa sakit pada anggota tubuh yang mengalami patah.

  1. Peppermint

Aroma therapy jenis ini bisa Anda temukan di banyak jenis produk. Aroma peppermint mampu meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki sistem pencernaan dan menambah energi. Tak hanya itu, aroma ini bahkan mampu mengatasi iritasi dan ruam pada kulit.

Baca juga: Vitamin Yang Cocok Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Menghirup aroma therapy mampu menenangkan pikiran dan mengatasi stres, hal ini terjadi karena tubuh mengirimkan sinyal neurologis ke sistem limbik yang menghasilkan hormon menenangkan untuk tubuh.