Apa itu Cloudflare? Simak Penjelasan Lengkapnya

Keamanan dan kecepatan merupakan faktor yang harus dipertimbangkan ketika mengelola sebuah website. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan dan meningkatkan kecepatan situs. Salah satu caranya dengan menggunakan Cloduflare.

Apa itu Cloudflare? Bagaimana cara menggunakannya?. Sebelum membahas lebih jauh mengenai Cloudflare, alangkah baiknya ketahui dulu apa itu CDN (Conten Delivery Network).

Conten Delivery Network (CDN)

Pengertian CDN

CDN adalah saluran koneksi berkecepatan tinggi yang bertugas untuk pengiriman konten. Saluran koneksi tersebut disebut dengan Backbone. Secara kasat mata, setiap saat kita bisa berinteraksi dengan banyak jenis CDN. Ketika membaca artikel, belanja online, membaca file online, atau bermain media sosial.

CDN berfungsi untuk mengurangi latensi antara anda dengan server penyimpanan file website. CDN bertujuan untuk menjembatani anda dengan website yang letaknya jauh, agar lebih cepat untuk diakses di lokasi anda berada.

Cara Kerja CDN

Untuk memperpendek jarak antara pengunjung dan website, CDN menyimpan berkas-berkas cache di beberapa lokasi. Setiap lokasi penyimpan yang dekat dengan akses pengunjung akan segera dilayani pada saat pengunjung mengakses situs web tersebut.

Secara sederhana, CDN akan menyimpan konten anda di beberapa tempat untuk kemudian dikirimkan melalui lokasi terdekat dengan pengunjung yang melakukan akses website anda.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare adalah jaringan proxy antara visitor dan website untuk pengiriman konten situs. Cloudflare melayani pengunjung dengan konten cache statis di lokasi terdekat agar akses situs menjadi lebih cepat. Lokasi layanan cloudflare tersebar di berbagai belahan dunia.

Gambaran sederhana, cloudflare menjembatani akses antara pengunjung dengan situs web. Hal tersebut bertujuan agar website terhindar dari serangan berbahaya yang dilakukan oleh pengunjung. Pengunjung website terdiri dari 3 macam, yaitu :

  1. Visitor, merupakan pengunjung asli human.
  2. Bot atau Crawler, Perayap atau robot adalah pengunjung bot yang tugasnya untuk merayapi suatu website.
  3. Penyerang, Attackers adalah pengunjung yang memiliki tujuan jahat dengan menyerang website target.

Ketika menggunakan Cloudflare, website anda terbebas dari serangan pengunjung jahat yang bertujuan untuk mematikan akses koneksi server dengan situs web.

Selain itu, Cloudflare lebih ampuh untuk digunakan dan memberikan banyak fasilitas daripada CDN tradisional yang lain. Berikut ini merupakan fasilitas dari Cloudflare, antara lain :

  • Mitigasi serangan DDoS.
  • Instalasi SSL dengan mudah.
  • Analytics untuk keperluan monitoring.
  • Network Gateway menggunakan Protocol.
  • DNS service yang reliable.

Fungsi Cloudflare

Ketika menggunakan Cloudflare, nameserver situs akan berubah mengikuti nameserver pada Cloudflare. Hal ini menunjukan bahwa, segala akses menuju website tersebut akan disaring lewat Cloudflare terlebih dahulu sebelum pengunjung diarahkan menuju konten yang sebenarnya sehingga akan lebih cepat diakses.

Jadi, sebelum pengunjung bisa mengakses website terlebih dahulu akan melewati gateway Cloudflare. Setelah itu, konten akan disajikan dari lokasi terdekat dengan akses visitor tersebut.

Keuntungan menggunakan Cloudflare

Berikut ini beberapa keuntungan website yang menggunakan CDN Cloudflare.

  1. Mengawasi trafik berbahaya. Cloudflare akan menerima laporan akses dari visitor dan menentukan apakah lalu lintas tersebut aman atau tidak.
  2. Menyajikan koneksi paling cepat untuk pengunjung. Cloudflare mengarahkan visitor menuju data center terdekat dengan lokasi akses visitor tersebut sehingga koneksi yang dihasilkan menuju website akan lebih cepat.
  3. Cache konten statis untuk website. Cloudflare membuat konten website seperti Javascript, Html, dan CSS menjadi konten cache statis sehingga lebih cepat dimuat oleh visitor.
  4. Menghemat bandiwth hosting. Cloudflare membuat server hosting menjadi lebih hemat dari segi bandwith. Untuk hosting yang memiliki bandwith terbatas sangat cocok menggunakan CDN Cloudflare.
  5. Gratis SSL. Cloudflare tidak hanya memiliki CDN saja, melainkan mereka memberikan SSL gratis untuk website yang menggunakan layanan CDN Cloudflare.

Kerugian menggunakan Cloudflare

Selain memberikan keuntungan, Cloudflare juga memiliki kerugian. Berikut ini beberapa kerugian ketika menggunakan Cloudflare.

  1. Isu error server Cloudflare. Jika server mengalami error, maka hal tersebut akan secara langsung berdampak ke website. Website menjadi tidak bisa diakses sampai server Cloudflare pulih kembali.
  2. Kurang bersahabat bagi ISP Indonesia. Beberapa hari lalu banyak blogger mengeluhkan tentang website yang menggunakan Cloudflare lambat diakses menggunakan IP Indonesia, sedangkan menggunakan VPN lancar. Ternyata, CDN ini sedang tidak bersahabat dengan ISP Telkomsel dan Indihome. Untuk ISP lain tidak ada kendala.
  3. Kurang cocok dengan target visitor Indonesia. Ketika menggunakan Cloudflare, secara otomatis visitor website akan dialihkan ke server luar terlebih dahulu sebelum dapat mengakses server Indonesia. Hal tersebut akan memperlambat loading website dan meningkatkan latency.

Rumor yang beredar, Cloudflare telah menambah Data Center nya di Indonesia.

Mengapa harus menggunakan Cloudflare?

Inilah beberapa alasan mengapa harus menggunakan Cloudflare untuk website.

  1. Meningkatkan kinerja blog. Cloudflare memiliki data center yang telah tersebar di seluruh dunia sehingga akses visitor menuju website akan dilayani menggunakan server terdekat dari pengunjung.
  2. Perlindungan keamanan yang baik. Cloudflare menjaga website dari serangan bot dan spam yang membuat website menjadi down dan tidak bisa diakses dengan normal.
  3. Browsing mode offline. Ketika server Cloudflare down, pengunjung tetap bisa mengakses website melalui cache halaman yang dibuka sebelumnya.
  4. Laporan statistik pengunjung. Cloudflare menyediakan data statistik jumlah kunjungan visitor ke website secara real time dan tingkat akurasi yang baik.
  5. Mengurangi beban server. Cloudflare membantu website ketika mengalami peningkatan jumlah pengunjung secara drastis sehingga meringankan beban kerja server hosting.

KESIMPULAN

Berdasar ulasan diatas, cloudflare bisa menjadi salah satu alternatif pilihan CDN gratis untuk website. Untuk membuktikan kualitas layanan CDN ini, anda bisa membandingkan kinerja website ketika sebelum dan sesudah menggunakan Cloudflare.

Proses pemasangan Cloudflare terbilang cukup mudah. Anda bisa melihat pada panduan setting cloudflare di halaman website mereka. Jika setelah menggunakan Cloudflare, website mengalami kendala lebih baik dilepas saja.

Itulah penjelasan mengenai apa itu cloudflare. Semoga bermanfaat.