Apa itu Widget? Bagaimana Cara Memasang Widget WordPress?

By | Agustus 9, 2019
cara menggunakan widget 5/5 (1)

Dalam wordpress, terdapat fitur bawaan yang bernama Widget. Pertanyaan yang muncul bagi pengguna baru yaitu apa itu widget? dan bagaimana cara menggunakannya?. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan dengan lengkap mengenai widget beserta cara penggunaan widget di wordpress.

APA ITU WIDGET?

Widget pada WordPress adalah sebuah fitur kecil yang menjalankan fungsi tertentu. Anda dapat menambahkan widget ke dalam Blog WordPress anda di bagian sidebar atau area tertentu yang bisa dipasang widget. Tidak hanya sidebar, anda juga bisa memasang widget di area footer, header, maupun layout manapun.

Widget awal mulanya dibuat untuk memudahkan pengguna untuk memberi desain atau fitur tertentu pada theme wordpress. Widget dapat dengan mudah diatur dan diletakan sesuai selera pada area tertentu. Untuk mencari daftar widget yang tersedia untuk dipasang, anda dapat menuju ke : Tampilan > Widgets di bilah kiri dashboard wordpress anda.

Secara umum, theme wordpress sudah dilengkapi widget bawaan dan mungkin terdapat widget khusus untuk area yang telah disesuaikan untuk layout blog wordpress. Tetapi, ada juga theme yang tidak memiliki fitur bawaan widget ini.

Apabila tidak ada widget yang bisa ditambahkan, maka theme wordpress yang anda gunakan tidak mendukung fitur widget atau memang telah di desain untuk tidak menggunakan widget.

Terdapat beberapa jenis widget default, diantaranya kategori, tag cloud, kalender, menu navigasi, arsip, audio, HTML khusus, postingan terbaru, laman, dan lain-lain. Apabila anda menarik blok widget sebelah kiri lalu meletakan di sisi kanan, maka widget yang terpasang akan muncul pada bilah sisi blog wordpress anda.

Widget dibuat dari kode mandiri yang bisa melakukan fungsi tertentu. Biasanya, plugin tertentu juga dapat memunculkan widget untuk dipasang pada area sisi blog.

UPDATE : WordPress telah menghilangkan fitur drag and drop dan menggantinya dengan fitur tambah pada sebelah kanan nama blok widget.

APA FUNGSI WIDGET?

Widget wordpress memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  1. Memberikan informasi kepada pengunjung blog.
  2. Memberi hiasan pada blog agar terlihat menarik.
  3. Sebagai alat pintas menuju artikel blog.
  4. Memudahkan dalam mencari artikel.
  5. dan masih banyak lagi.

CARA MEMASANG WIDGET PADA WORDPRESS

Untuk bisa memasang widget wordpress, caranya sangatlah mudah. Anda bisa masuk ke menu Tampilan pada bilah kiri dashboard wordpress, kemudian pilih Widget. Setelah itu, di sebelah kiri anda akan melihat beberapa blok widget yang dapat dipasang pada sidebar. Sedangkan sisi kanan adalah tempat untuk meletakan blok widget.

CARA PERTAMA

Ada 2 cara untuk menambahkan widget wordpress. Cara pertama dengan menambahkan widget melalui menu tampilan pada bilah kiri dashboard.

Memilih Widget

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih widget yang tersedia pada sisi kiri tampilan menu widget.

pilih widget

Klik Tombol Tambah

Setelah memlih widget yang tersedia untuk dipasang pada area, selanjutnya adalah klik tombol tambah pada blok widget yang diiinginkan.

klik tombol tambah

Setting Widget

Misalnya saya ingin menambahkan widget audio ke sidebar blog wordpress. Anda akan mengatur widget sebelum tampil di bilah sisi blog.

Pertama, isi judul sesuai keinginan. Kemudian, tambahkan file berupa audio. Setelah itu, Pilih bilah sisi yang mana untuk menempatkan widget tersebut. Pilih Posisi widget, misalnya posisi pertama atau kedua. Yang terakhir, klik tombol simpan widget dan lihat hasil pada halaman blog anda.

setting widget

CARA KEDUA

Cara yang kedua adalah dengan masuk ke menu costumize theme.

Masuk ke Costumize Theme

Pilih menu Tampilan pada bilah kiri dashboard wordpress, kemudian klik Sesuaikan.

costumize theme

Pilih Menu Widget

Setelah masuk ke panel costumize theme, selanjutnya anda akan melihat beberapa menu di bilah kiri. Kemudian, pilih menu Widget.

menu widget

Atur Lokasi Widget

Atur widget yang diinginkan pada lokasi tertentu. Misalnya seperti sidebar dan footer.

atur widget

Sesuaikan Widget

Setelah memilih lokasi yang ingin dipasang widget, kemudian sesuaikan widget yang ingin digunakan. Misalnya ingin menambahkan form pencarian.

Anda hanya tinggal klik tombol tambahkan widget dan memilih widget form pencarian kemudian pilih oke. Anda juga bisa mengurutkan atau memindah posisi widget dengan klik tombol urutkan ulang dan sesuaikan urutan widget anda sesuai keinginan.

sesuaikan widget

Simpan Perubahan

Setelah semua widget telah di setting sesuai dengan keinginan, langkah terakhir adalah menyimpannya dengan klik tombol terbitkan.

CARA MENGATASI WIDGET TIDAK MUNCUL

Ketika sudah mengatur widget, tetapi tidak muncul mungkin terdapat beberapa alasan. Seperti :

  1. Koneksi Internet.
  2. Cache Website.
  3. Cache Browser.
  4. Atau masalah lain.

Cara mengatasi widget tidak muncul karena diatas adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan koneksi internet anda baik-baik saja.
  2. Bersihkan cache website menggunakan plugin cache.
  3. Bersihkan cache browser melalui menu pengaturan browser.
  4. Atau terdapat beberapa masalah dengan website, server, atau panel.

Untuk mengatasi permasalahan nomer 4, anda bisa menanyakan melalui komentar dibawah. Akan saya jawab sebisa mungkin segala permasalahan yang ditanyakan seputar pemasangan widget.

Sekian artikel ini, mungkin anda masih bertanya-tanya atau belum jelas mengenai apa itu widget bisa ditanyakan melalui komentar dibawah ini. Sehat selalu.

Berikan Rating

Author: Arga Eryzal P

Seorang PART-Time Blogger, fokus ke penulisan artikel untuk Blog.