Artikel Susah Terindex di Search Engine Google? Ini Solusinya!

Artikel susah terindex pada mesin pencari memang suatu hal yang sedikit membuat kegelisahan dalam diri dan menimbulkan beragam pertanyaan seperti “Kenapa artikel yang saya buat susah terindex google? Apa penyebabnya?” dan pertanyaan lain yang muncul.

Beragam cara juga sudah dilakukan untuk mengatasi artikel susah terindex ini, tetapi masih belum menemukan titik temu atau solusi yang didapatkan. Banyak blogger yang mulai putus asa akibat permasalahan ini, sehingga menyerah sebelum menemukan solusi atau bahkan bisa pensiun dini.

Bayangkan saja kita sudah berusaha membuat artikel yang bagus dan panjang diatas 500 kata, tetapi seteah artikel terpublish di blog dan mencoba submit ke Google Web Master setelah itu artikel susah terindex bahkan sampai berhari-hari. Mengapa bisa demikian?

Artikel Susah Terindex Mesin Pencari? Berikut ini Solusi yang dapat Kalian Coba!

Sebelum kalian mengetahui jawaban-nya, perhatikan dulu kriteria artikel yang baik untuk menghindari artikel susah terindex di mesin pencari. Apa saja? Inilah alasannya!

Kriteria Artikel yang Baik

  1. Artikel Original hasil tulis sendiri, bukan hasil copas milik orang lain.
  2. Artikel memiliki panjang lebih dari 500 kata.
  3. Judul harus sesuai dengan isi artikel.
  4. Perhatikan Penempatan Kata Kunci (Keyword).
  5. Tambahkan Visualisasi seperti Gambar, Video, Audio jika dibutuhkan.
  6. Menggunakan ALT Images pada gambar.
  7. Menggunakan Bold dan Italic pada kata tertentu yang penting.
  8. Terdapat Internal Links yang wajar dan relevan.
  9. Terdapat External Links yang wajar dan relevan.
  10. Pengguna WordPress ikuti kaidah Plugin SEO (Yoast, Rank Math, AIO, dll).

Setelah kalian mengetahui kriteria artikel yang baik diatas dan sudah memiliki kriteria artikel yang saya sebutkan, tetapi artikel susah terindex maka permasalahan berikut ada pada beberapa faktor lain. Faktor apa saja itu?

Faktor yang Mempengaruhi Artikel Susah Terindex Google

  1. Artikel Copy Paste lebih banyak daripada Artikel Original.
  2. Menggunakan Theme Gratisan yang memiliki Komponen Dasar SEO kurang baik.
  3. Menggunakan Gambar berhak cipta.
  4. Penggunaan Kata Kunci (Keyword) terlalu banyak (SPAM!!!).
  5. Masih menggunakan subdomain daripada TLD Domain.
  6. Tidak melakukan Submit Sitemap di Google Search Console.
  7. Tidak melakukan Fetch Article pada Google Search Console.

Diatas adalah faktor yang bisa mempengaruhi artikel tidak muncul di pencarian google. Usahakan untuk secepat mungkin memperbaiki artikel yang memiliki faktor seperti yang saya sebutkan. Ke 6 faktor tersebut memiliki peran yang sama dalam mempengaruhi artikel pada mesin pencari.

Menulis artikel original setiap hari dapat menandakan bahwa blog yang kalian kelola sangat aktif dan hal ini sangat disukai oleh mesin pencari. Apalagi jika semua tulisan yang kalian buat original, tentu hal tersebut akan lebih meningkatkan kepercayaan raksasa mesin pencari di dunia saat ini.

Pengalaman saya, setelah saya koreksi bahwa hal yang sangat memiliki pengaruh dalam terindeksnya artikel kita di mesin pencari adalah originalitas artikel baik itu tulisan maupun komponen penunjang (gambar,video,audio). Gambar yang memiliki copyrights sangat susah bersaing di pencarian mesin pencari.

Masih kesulitan untuk terindex di mesin pencari? baiklah berikut ini adalah solusi yang dapat kalian coba untuk mengatasi artikel susah terindex google.

Solusi mengatasi Artikel Susah Terindex di Google

  1. Lakukan submit ulang artikel kalian ke Google Search Console.
  2. Konsisten untuk update artikel original (setiap hari lebih bagus).
  3. Koreksi lagi apabila terdapat artikel yang kurang baik dengan kriteria seperti diatas.
  4. Berdoa memohon kepada Tuhan YME agar artikel segera terindeks.
  5. Sabar dalam menantikan kemunculan artikel di mesin pencari.

Sekian penjelasan saya mengenai Mengatasi Artikel Susah Terindex mesin pencari Google, semoga apa yang saya sajikan disini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Ingat kunci terindeks-nya artikel pada mesin pencari adalah Berdoa & Sabar.

6 pemikiran pada “Artikel Susah Terindex di Search Engine Google? Ini Solusinya!”

  1. Terindex sih iya tapinya yaitu gak tau pages yg keberapa puluh.. ratusan dsb… Ssh lh mo yg page one mah kudu ngerti seo maksimal

  2. hehe iya mbak, harus lebih belajar seo lebih dalam lagi. tetapi ada juga lho yang sama sekali tidak paham dengan seo tetapi artikelnya pejwan

  3. Kebetulan bgt itu nasibnya lg bagus kali yaa… Sy sk liat temen sy kl nulis artikel yg SEO kyknya ribet amat baca tulisannya rada aneh gt ya.. Apa sy yg once 😁

  4. Iya mbak kadang pusing juga masalah seo ini, apalagi di wordpress ada patokan plugin seo. Tetapi kadang juga tidak menghiraukan 😀 SEO itu menulis artikel untuk mesin pencari mbak, bahasanya jadi agak aneh ya begitulah 😀

  5. Bukan masalah terindeksnya, tapi masalah masuk kedalam posisi 100 besar di google susah…

Komentar ditutup.