Sebelum Memutuskan, Ketahui Dahulu Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Ayam Broiler

Usaha peternakan ayam broiler atau ras ayam pedaging memang menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Memiliki produktifitas yang tinggi, maka tak heran jika beternak ayam broiler dinilai lebih ekonomis dan menguntungkan.

Menjadi peluang bisnis, kini bisnis ayam broiler sangat berkembang dan diminati banyak orang. Perkembangan ini memiliki dampak positif bagi tersedianya pasokan ayam pedaging siap konsumsi di pasaran.

Berminat untuk meramaikan industri ayam broiler sebagai peternak? Yuk kenali kelebihan dan juga kelemahannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis ayam broiler.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Ayam Broiler

1. Kelebihan Bisnis Ayam Broiler

Sebelum memutuskan untuk membudidayakan ayam broiler, Anda harus memahami dahulu kelebihan bisnis ayam broiler. Berikut adalah kelebihan beternak ayam broiler sebagai peluang bisnis:

a. Peluang Usaha Besar

Bukan rahasia lagi bahwa beternak ayam broiler merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Tingginya konsumsi daging ayam di Indonesia membuat permintaan ayam broiler tak pernah sepi.

Selain peluang yang besar, berbisnis ayam broiler menjadi lebih menjanjikan karena diimbangi dengan produktifitas ayam broiler yang cukup tinggi. Ayam broiler dengan usia 4-5 minggu bahkan sudah bisa dijual dipasaran untuk dikonsumsi.

b. Harga Ayam Broiler Stabil

Mengingat tingginya angka permintaan daging ayam di pasaran, maka tak heran jika harga ayam broiler juga stabil. Harga ayam terbilang cukup stabil, lantaran tak pernah mengalami kenaikan atau penurunan harga yang terlalu fluktuatif. Sehingga tidak mengagetkan konsumen maupun merugikan produsen.

Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan industri ayam broiler yang seolah tak memberi celah kosongnya pasokan ayam broiler di pasaran.

c. Permintaan Pasar Terus Meningkat

Daging ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang paling mudah didapatkan. Memiliki harga yang cukup terjangkau, membuat permintaan daging ayam lebih tinggi dari pada daging sapi atau kambing.

Peningkatan permintaan daging ayam ini juga didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan bernutrisi bagi kesehatan tubuh. Selain itu, daging ayam juga mudah didapatkan, bahkan ketersediaannya tak kenal musim.

d. Proses Budidaya Relatif Mudah

Salah satu faktor yang menyebabkan budidaya ayam broiler menjadi bisnis yang banyak dilirik adalah budidayanya yang relatif mudah. Kemudahan ini sebenarnya didorong oleh perputaran uang yang tergolong cepat. Hanya dalam waktu 4-5 minggu, ayam broiler sudah siap dipanen.

Hal pertama yang perlu disiapkan dalam memulai bisnis ini adalah kandang. Pemilihan lokasi dan juga alas kandang perlu dipertimbangkan dengan matang. Ada dua tipe kandang yang bisa dipilih, yaitu kandang panggung atau kandang lantai/litter. Kandang sebaiknya juga jauh dari pemukiman penduduk dan dekat dengan sumber air.

Setelah persiapan kandang, selanjutnya adalah pemilihan bibit yang unggul. Bibit yang unggul biasanya memiliki bentuk tubuh yang bulat, mata jernih, lincah, anus dan bulu yang bersih. Selanjutnya, perhatikan pula pemberian pakan dan minum. Pada prinsipnya, usaha ayam broiler adalah untuk meningkatkan massa tubuh ayam.

Sehingga, pemberian pakan menjadi hal penting dalam usaha ini. Pastikan pula bahwa air selalu tersedia. Sanitasi dan juga pemberian vaksin perlu diperhatikan, karena penyakit pada ayam mudah dan cepat menular. Pemberian suplemen organik juga dianjurkan agar ayam tetap produktif dan memiliki imunitas yang baik.

Tambahkan Suplemen Organik Cair Spesialis Ternak GDM untuk mempercepat proses pembesaran ayam broiler, sekaligus membantu meningkatkan imunitas ternak. Sebab, produk ini mengandung mineral essensial dan non essensial, bakteri baik, dan hormon pertumbuhan alami yang sangat dibutuhkan ternak.

e. Modal Relatif Kecil

Modal tentu menjadi pertimbangan utama dalam memulai usaha. Oleh sebab itulah usaha ayam broiler cukup diminati. Modal bisnis ayam broiler terbilang relatif kecil. Untuk pembelian bibit atau DOC saja di Pulau Jawa memiliki kisaran harga Rp 7.000 – Rp 8.000/ekor.

Sedangkan pakan untuk pembesaran bisa menggunakan konsentrat yang dicampur dengan pakan substitusi seperti dedak, roti expired, jagung, kedelai dan masih banyak lainnya. Sehingga dapat menekan biaya operasional.

f. Keuntungan Yang Dihasilkan Besar

Bicara tentang keuntungan, bisnis ayam broiler memang menghasilkan keuntungan yang tinggi. Selain itu, cash flow nya juga cepat. Hanya dalam waktu 4-5 minggu, ayam broiler bisa mencapai berat 2 kg dan siap panen.

Harga jual ayam broiler di Pulau Jawa berkisar Rp 18.000 – Rp 20.000/kg. Bisa dibilang, usaha ayam broiler mampu menghasilkan keuntungan berkali lipat dengan modal yang relatif kecil.

2. Kekurangan Bisnis Ayam Broiler

Tak hanya memiliki segudang keuntungan, ini dia beberapa kekurangan beternak ayam broiler yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis.

a. Membutuhkan Tempat/Lokasi Khusus

Memiliki keuntungan yang menggiurkan, bisnis ayam broiler juga memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya adalah masalah lahan yang digunakan sebagai kandang.

Kandang ayam broiler dianjurkan untuk jauh dari tempat penduduk. Bukan rahasia lagi bahwa peternakan ayam tak lepas dari aroma tak sedap yang khas serta suara berisik ayam di kandang. Agar tak mengganggu kenyamanan masyarakat, maka diperlukan lokasi khusus untuk memulai bisnis ayam broiler.

Selain jauh dari pemukiman, lokasi farm ayam broiler sebaiknya tidak jauh dari sumber air agar mudah dalam menyediakan air bagi kebutuhan peternakan, seperti air minum ayam dan juga sanitasi. Selain itu, pemilihan jenis kandang juga perlu dipetimbangkan dan disesuaikan dengan lokasi kandang.

Ada dua jenis kandang yang bisa dipilih, yaitu kandang panggung dan kandang lantai. Setiap jenis kandang tentu memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Untuk kandang panggung, peternak akan lebih mudah dalam membersihkan kotoran ayam setiap harinya. Namun, biaya pembuatan kandang panggung terbilang cukup mahal. Pada kandang lantai, pembuatannya tidak terlalu mahal, namun perlu usaha lebih dalam membersihkan kotoran ayam setiap harinya.

b. Di Beberapa Daerah, Terkadang Pakan Langka

Pemberian pakan pada ayam broiler sebaiknya diberikan secara adlibitum atau tak terbatas. Hal ini sesuai dengan prinsip usaha ayam broiler, yaitu penggemukan. Tingginya kebutuhan pakan untuk ayam broiler kadang tak sebanding dengan ketersediaan pakan di beberapa daerah. Apalagi, pakan ayam broiler perlu dibedakan menurut tingkatan usianya, seperti crumbles dan pellet. Namun, tak jarang jenis-jenis paka tertentu dengan nutrisi yang baik justru tak tersedia di beberapa wilayah.

c. Ayam Broiler Cukup Sensitif Terhadap Kondisi Lingkungan Dan Suhu Udara

Kesulitan budidaya ayam broiler yang paling perlu diperhatikan adalah penyesuaian dengan suhu lingkungan. Ayam broiler merupakan ayam yang cukup sensitif terhadap kondisi lingkungan dan juga suhu udara.

Maka dari itu pemilihan lahan dan juga jenis kandang perlu dipertimbangkan dengan baik. Suhu yang tidak sesuai tak jarang membuat produktifitas ayam broiler menurun, bahkan rentan terhadap penyakit.

Ayam broiler biasanya akan bergerombol jika suhu kandang terlalu rendah. Hal ini pula yang menyebabkan penyebaran penyakit pada ayam tergolong mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan suhu yang sesuai, kandang sebaiknya diberikan lampu pemanas atau inkubator. Pemanas pada kandang biasanya diperlukan hingga ayam berusia 3 minggu.

Setelah 1 minggu, suhu pemanas bisa diturunkan secara bertahap agar ayam broiler mampu beradaptasi. Baru, setelah 3 minggu dan bulu-bulu ayam broiler telah tumbuh sempurna, pemanas bisa dimatikan.

Sistem pemanas ini sangat cocok dengan kandang tipe close house atau tertutup. Kandang close house juga dianggap sebagai pilihan kandang terbaik, karena memastikan penyakit dari luar kandang tidak bisa masuk, begitu juga sebaliknya.

Sebelum memutuskan, Anda wajib mengetahui dahulu kelebihan dan kekurangan bisnis peternakan ayam broiler. Nah itulah tips dan beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis ayam broiler. Semoga beruntung ya..

Share on:
About Arga Eryzal P

Semangat berbagi Ilmu Pengetahuan kepada Sesama Manusia untuk Meningkatkan mutu SDM Indonesia yang Unggul di Era Digitalsisasi. Kerjasama Bisnis : admin@ngeblogbareng.com

Tinggalkan komentar