Bisnis Dropship : Penjelasan Lengkap untuk Pemula

Tahukah anda apa itu dropship? Jika anda belum mengetahui apa itu sebenarnya dropship, berarti anda berada pada tempat yang tepat. Kali ini saya akan mengulas tentang apa itu bisnis dropship beserta cara kerja, kelebihan, dan kekurangannya.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang peluang bisnis dropship 2019, alangkah baiknya anda memahami dasar bisnis online yang satu ini.

Pengertian Dropship

Bisnis Dropship adalah suatu jenis bisnis yang dilakukan oleh seseorang dengan cara memasarkan produk dari suplier tanpa memiliki produk tersebut secara penuh. Orang yang melakukan kegiatan dropship ini disebut Dropshiper. Sederhananya, anda tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman barang tersebut.

Dunia yang sudah serba digital, membuat peluang bisnis dropship saat ini semakin menjamur. Mayoritas kegiatan dropship dilakukan di media sosial, sehingga menghemat waktu anda dalam menjalankan aktivitas yang lain. Bisnis dropship ini sering dijadikan usaha sampingan.

Secara garis besar, definisi dropship adalah model bisnis yang dilakukan oleh dropshiper dan suplier, untuk memasarkan produk ke calon pembeli. Role bisnis ini sangat banyak ditemui di luar negeri maupun dalam negeri.

Jenis bisnis dropship beraneka ragam, mengikuti perkembangan zaman. Banyak orang yang sangat terbantu dengan model bisnis ini, karena mudah dan tanpa modal.

Cara Menjalankan Bisnis Dropship

Banyak orang beranggapan menjalankan bisnis ini menyita banyak waktu karena harus stok produk. Padahal, untuk bisa melakukan kegiatan dropship anda hanya modal kuota internet. Di dropship, anda tidak perlu pusing memikirkan stok produk. Berbeda dengan reseller yang harus stok produk terlebih dahulu.

Sistem reseller, anda tidak memiliki kerja sama dengan pihak suplier. Berbeda halnya dengan dropship yang melakukan kesepakatan dan mengambil keuntungan harga dari pihak suplier.

Jadi, letak perbedaan dropship dan reseller adalah dari segi waktu dan kemudahan anda mengelola bisnis. Sebagai seorang dropship, tugas anda hanyalah promosi dan cek stok barang ke supplier.

Cara bisnis dropship ini lumayan rumit, anda harus terlibat oleh 2 orang lain yakni suplier dan calon pembeli. Jadi, terdapat 3 orang yang terlibat dalam role bisnis ini. Contoh dropship dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

skema dropship
Sumber : siapsukses.net

Keuntungan Bisnis Dropship

Terdapat beberapa keuntungan dropship dibandingkan dengan bisnis online yang lain diantaranya :

TANPA MODAL

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, hampir tanpa modal untuk melakukan bisnis ini seperti halnya reseller. Anda tidak perlu menyediakan stok, mengemas barang, dan mengirimkan barang kepada pembeli.

MUDAH DILAKUKAN

Kelebihan lain dari dropship adalah mudah dilakukan. Kunci dasarnya adalah anda paham akan cara menggunakan internet. Apabila mengalami kesusahan, anda bisa browsing di internet mengenai tips-tips nya.

FLEKSIBEL

Bisnis online tidak mengenal tempat dan waktu. Anda bisa menjalankannya dimana pun dan kapan pun. Pada pagi hari, siang hari, malam hari, hari selasa, hari sabtu, di tempat kerja, di taman, dan lain sebagainya. Yang terpenting, disekitar anda ada listrik dan koneksi internet.

Kekurangan Bisnis Dropship

Selain memiliki kelebihan, dropship juga terdapat beberapa kekurangan diantaranya :

PERSAINGAN KETAT

Kemajuan teknologi membuat banyak orang dengan mudah melakukan bisnis online. Salah satu caranya adalah menjadi seorang dropshiper. Selain karena kemudahan dan modal yang kecil, ternyata role bisnis ini lebih disukai daripada bisnis konevnsional.

Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan passive income dari internet dengan dropship. Kita lihat misalnya di facebook dan instagram. Orang ramai mempromosikan produknya di grup maupun timeline.

KEUNTUNGAN KECIL

Kenyataan yang muncul akibat persaingan ketat, tidak bisa dipungkiri. Dengan banyaknya penjual daripada pembeli, terpaksa harus menurunkan margin keuntungan demi lakunya produk.

Banyak para dropshiper saat ini banting harga untuk mendapatkan pembeli. Oleh karena itu, keuntungan yang didapatkan semakin mengecil. Tetapi, tidak masalah apabila banyak orderan yang masuk.

SIAP MENERIMA KRITIK

Ketika barang yang dikirim tidak sesuai kemauan pembeli, maka harus siap untuk di kritik. Sebenarnya, ini adalah resiko para pebisnis online.

Melakukan bisnis online secara dropship tidak akan tahu mengenai packing barang dan pengiriman barang sampai ke konsumen.

Maka sulit untuk mengontrol masalah tersebut. Oleh karena itu, anda disini perlu untuk mengetahui tips memiih suplier yang bagus.

Tips Memilih Supplier Dropship Terpercaya

Untuk menghindari kesalahan saat mengirimkan barang kepada pembeli, kita sebagai dropshiper harus teliti saat memilih supplier.

Tidak semua supplier itu memiliki kualitas yang bagus. Bisnis akan berjalan dengan baik jika seorang dropshiper memilih supplier yang tepat.

Berikut ini merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk mencari supplier dropship terpercaya.

PILIH SUPPLIER YANG AMANAH

Dropship merupakan bisnis yang menjual produk orang lain. Penting bagi dropshiper untuk memilih supplier yang amanah dan terpercaya.

Untuk mendapatkan supplier yang jujur, tips dari saya adalah dengan cara order 1 barang terlebih dahulu untuk dicek. Dari barang tersebut kita bisa tahu bagaimana supplier ini mengemas barang, respon cepat, dan resi pengiriman yang baik.

Dropshiper tidak akan pernah tau kualitas barang yang dijualnya tanpa pernah mencoba membeli terlebih dahulu. Selain sebagai bentuk uji kualitas, hal tersebut juga sebagai sarana untuk tes kepercayaan dan hubungan yang baik antara dropshiper dan supplier.

PILIH SUPPLIER YANG MUDAH DIHUBUNGI

Ketika terdapat masalah pada produk yang dikirimkan, biasanya kita akan menerima kritikan dari pembeli. Setelah itu, sebagai dropshiper harus menanyakan kepada supplier mengenai barang yang telah dikirimkan tadi. Kenapa bisa terdapat cacat pada barang tersebut.

Biasanya, supplier tidak mau berlama-lama dihubungi dengan alasan melayani banyak dropshiper lain. Maka, carilah supplier yang cepat dan tanggap ketika ada masalah dengan produk yang dijualnya.

PILIH SUPPLIER DENGAN HARGA GROSIR

Berbeda dengan barang eceran, jika memilih  grosir maka harga barang yang dijualnya sangatlah murah. Biasanya, apabila supplier menerima order barang dalam jumlah banyak tidak memikirkan margin keuntungan yang besar. Mereka lebih condong ke banyaknya barang yang berhasil dijual.

Jadi, anda bisa memanfaatkan harga grosir ini untuk mendapatkan margin keuntungan yang besar. Selain itu, membeli barang grosir akan lebih hemat ongkos kirim daripada membeli eceran terus menjualnya kembali.

Loh mas berarti barang di keep dulu di kita? Benar. Ketika ada orang yang membeli, maka sesuaikan keuntungan dengan ongkos kirim yang dikeluarkan.

Kesimpulan

Dropship merupakan salah satu peluang yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Sekarang, banyak dropshiper yang bermunculan baik di Instagram maupun Facebook.

Dengan segala kemudahan yang ada, bisnis ini dapat anda jadikan sebagai usaha sampingan. Mengingat dropship bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan segala bentuk resiko yang harus dihadapi ketika menjalankan bisnis dropship ini. Demikian ulasan saya mengenai salah satu peluang bisnis online, semoga bermanfaat bagi kita semua.

2 pemikiran pada “Bisnis Dropship : Penjelasan Lengkap untuk Pemula”

Komentar ditutup.