4 Panduan Bisnis Kuliner Dengan Gerobak

By | September 29, 2019
bisnis kuliner gerobak

Salah satu bisnis yang tidak akan pernah hilang adalah bisnis makanan. Salah satunya adalah bisnis kuliner dengan menggunakan gerobak. Panduan bisnis kuliner dengan gerobak dapat menjadi salah satu acuan bagi Anda yang ingin memulai usaha kuliner dengan menggunakan gerobak. Memulai bisnis kuliner dengan menggunakan gerobak bisa menjadi rekomendasi bagi yang ingin memulai bisnis dengan modal yang minim.

Untuk dapat membuka usaha jajanan gerobak Anda tidak perlu pusing  untuk menyewa tempat jika Anda belum memiliki dana untuk dapat menyewa tempat. Dengan menggunakan gerobak Anda bisa berkeliling sesuka hati untuk dapat menawarkan dagangan.

Jadi tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk menunggu pembeli datang, karena dengan menggunakan gerobak Anda bisa menjual dagangan langsung kepada pembeli. Setiap bulan Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat, listrik keamanan atau kebersihan. Bisnis dengan menggunakan gerobak ini sangat mudah dan tidak memakan banyak biaya bukan?

Keuntungan sebuah usaha dengan menggunakan gerobak adalah mobilitas yang tinggi. Anda dapat berpindah ke lokasi manapun yang Anda mau. Selain itu modal dari usaha menggunakan gerobak akan cepat balik modal dibandingkan Anda membuka usaha warung makan atau bergabung pada salah satu franchise.

Panduan Bisnis Kuliner dengan Gerobak yang harus Anda ketahui

Namun salah satu kesulitan dalam membuka usaha dengan menggunakan gerobak ini adalah ketika musim hujan tiba. Karena Anda bisa terkena hujan dan menjadi basah.

Yang harus Anda ketahui adalah target pasar. Target Pasar untuk usaha menggunakan gerobak adalah masyarakat menengah ke bawah. Jika dibandingkan makan di restoran atau cafe, makanan yang dijual menggunakan gerobak memiliki harga lebih murah. Paling mahal makanan yang dijual ini berkisar Rp 20 Ribu Rupiah.

Selain itu salah satu resiko memulai sebuah usaha kuliner menggunakan gerobak adalah terkena resiko penertiban petugas trantib. Yang harus dipahami adalah mengetahui lokasi-lokasi mana yang diperbolehkan untuk berjualan menggunakan gerobak.

Pilihlah Makanan yang Biasa Dijual dengan Menggunakan Gerobak Dorong

4 Panduan Bisnis Kuliner Dengan Gerobak 1

Source : Google Image

Anda harus memilih jenis jajanan yang cocok menggunakan gerobak, misalnya soto, bakso, mie ayam, nasi goreng, batagor dan masih banyak lagi. Karena jika salah memilih jenis jajanan yang akan dijual dengan menggunakan gerobak, maka akan kerepotan pada saat proses menjual makanan. Salah satu jenis jajanan yang sangat cocok dibawa dengan menggunakan gerobak adalah bakso, hampir di seluruh wilayah di Indonesia sering ditemui penjual bakso dengan menggunakan gerobak

Pilihlah Jajanan yang Proses Pembuatannya Mudah dengan Menggunakan Gerobak

4 Panduan Bisnis Kuliner Dengan Gerobak 2

Source : Google Image

Anda harus memilih jenis jajanan yang proses pembuatannya mudah, karena jika jajanan Anda memiliki proses pembuatan yang sangat sulit, maka saat proses berjualan akan menjadi terhambat. Karena kemungkinan ketika berjualan menggunakan gerobak tingkat permintaan akan tinggi, ketika permintaan tinggi, jika memilih jajanan yang proses pembuatanya sulit dan memakan waktu yang lama, maka bisa jadi pelanggan akan bubar. Hal ini akan menimbulkan kerugian besar bagi Anda.

Pilih Lokasi Usaha Gerobak yang Strategis

4 Panduan Bisnis Kuliner Dengan Gerobak 3

Source : Google Image

Panduan bisnis kuliner dengan gerobak berikutnya adalah dengan memilih lokasi yang strategis untuk berjualan. Karena ada beberapa lokasi yang tidak diperbolehkan untuk berjualan dengan menggunakan gerobak. Jika Anda salah memilih lokasi, maka bisa jadi petugas keamanan akan menertibkan Anda dan memberikan hukuman kepada Anda. Bukannya mendapat keuntungan tetapi malah akan mendapat kerugian yang disebabkan karena Anda harus membayar denda kepada petugas keamanan akibat pelanggaran yang dilakukan.

Jadi pilihlah tempat yang sesuai dan yang diperbolehkan berjualan dengan menggunakan gerobak. Dengan memilih tempat yang tepat, maka Anda tidak akan khawatir akan petugas keamanan yang akan mengusir Anda pada saat berjualan.

Pilih Waktu yang Tepat untuk Berjualan dengan Menggunakan Gerobak

4 Panduan Bisnis Kuliner Dengan Gerobak 4

Source : Google Image

Pilihlah waktu yang tepat untuk berjualan dengan menggunakan gerobak, pilihlah waktu antara pagi hari sampai sore hari atau menjelang malam mendekati jam 8 malam. Jangan berjualan menggunakan gerobak hingga tengah malam, karena berjualan pada tengah malam akan sangat berbahaya. Berjualan pada tengah malam memiliki banyak resiko, karena banyak pelaku-pelaku kejahatan yang akan membahayakan keselamatan Anda, sehingga sangat berbahaya saat berjualan pada tengah malam.

Pilihlah waktu yang tepat untuk berjualan, berjualan pada waktu pagi hingga sore hari juga lebih berpotensi mendapatkan banyak pelanggan daripada berjualan pada larut malam atau tengah malam. Berjualan pada tengah malam memiliki banyak resiko dan hanya sedikit orang yang membeli jajanan Anda pada tengah malam.

Panduan bisnis kuliner dengan gerobak diatas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih bisnis dengan menggunakan gerobak. Berbisnis dengan menggunakan gerobak tidaklah sulit bila dilakukan dengan ketekunan dan kesabaran. Karena untuk memulai bisnis, maka harus memiliki kesabaran dan ketekunan karena setiap usaha pasti akan mengalami pasang surut. Jika Anda memiliki ketekunan, maka Anda akan bisa menghadapi segala masalah yang terjadi

Bagikan :
Author: Arga Eryzal P

Soerang PART-TIME Blogger, Internet Marketer, SEO Intermediate. "Sebuah mimpi akan tetap menjadi mimpi jika kau tidak segera lakukan aksi." Man Jadda Wa Jadda.