Gunakan 5 Cara Ini Agar Smartphone Awet

Smartphone saat ini dianggap sebagai salah satu kebutuhan primer, mengingat manfaat dari smatphone sendiri yang memudahkan banyak hal kegiatan manusia. Maka wajar saja jika smartphone hadir dengan ragam tipe dan mereknya yang bisa anda beli sesuai kebutuhan dan budget anda.

Berbicara mengenai merek, biasanya brand tertentu dianggap lebih awet. Namun pada intinya, Anda juga tetap perlu pandai merawat smartphone anda agar lebih awet lagi, seperti dengan menggunakan 8 cara dibawah ini:

Cas Smartphone Sesuai Kebutuhan

Hampir setiap hari kita pasti ada cas smartphone yang kita gunakan, karena memang kita menggunakannya sepanjang hari.

Yang perlu dicatat di sini adalah cara mengecas dan alat yang digunakan untuk cas. Sebaiknya hindari penggunaan smartphone hingga baterai benar-benar habis dan mati, karena bisa merusak dan memperpendek umur batere.

Perhatikan juga alat yang digunakan untuk cas, dimana biasanya menggunakan power bank. Anda mungkin saja membeli sendiri powerbank yang Anda suka atau bisa saja mendapatkan power bank merchandise dari kolega Anda, tetapi yang perlu dilihat apakah power bank tersebut sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan pabrikan smartphone Anda.

Gunakan Leather Case Atau Flip Case Dan Anti Gores

Cara pertama yang bisa Anda terapkan agar smartphone awet adalah dengan menggunakan leather case atau flip case, yang bisa melindungi body smartphone Anda dari benturan serta gesekan.

Selain itu, jangan lupa gunakan anti gores untuk melindungi layar smarphone Anda dari gesekan, goresan dan debu. Anda bisa memilih ragam jenis anti gores seperti hard glass, gorilla glass dan lain-lain.

Gunakan Tombol Dan Keyboard Dengan Bijak

Smarphone terdiri dari tombol tertentu pada layar dan tombol lainnya pada body. Dimanapun posisinya, pastikan Anda bijak menggunakan tombol dan keyboard Anda, seperti tidak menekan terlalu kasar dan jangan terlalu sering menekan tombol tertentu.

Lakukan Backup Dan Restore Secara Berkala

Setiap smartphone jelas memiliki kapasitasnya sendiri dalam menampung aplikasi, video ataupun foto pada smartphone Anda. Dengan demikian, pastikan Anda rutin melalukan backup dan restore agar smartphone tidak melebihi kapastias ram nya.

Rutin Melakukan Pembaharuan Aplikasi

Anda sering mengabaikan notif update pada smartphone Anda? Jika ya, mulai dari sekarang perhatikan dan ikuti arahan update tersebut. Update pembaharuan aplikasi minimal satu minggu sekali akan membuat smartphone Anda lebih ringan dari beban aplikasi dan lebih awet.

Misal Anda install aplikasi GPS tracker mobil untuk melacak kendaraan operasional kantor Anda. Biasanya vendor pembuat GPS tracker tersebut akan memberikan update untuk pembaruan fitur, security, dan sebagainya. Jika Anda lupa untuk update, bisa jadi membuat menimbulkan masalah software di smartphone Anda.

Dengan rutin melakukan 5 cara diatas dan sering membersihkan smartphone, dijamin smartphone Anda akan lebih tahan lama. Selamat mencoba dan semoga berhasil.