oleh

2 Cara Cek Broken Link Blog dengan Mudah

5/5 (1)

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara cek broken link di blog kalian dengan mudah. Broken link atau Link mati di blog sangat tidak baik bagi kualitas SEO.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa blog kalian terdapat bagian yang rusak.

Bahkan, apabila link tersebut memuat artikel yang sangat bermanfaat bagi pengunjung dan sudah bertengger di posisi puncak mesin pencari terlebih pengunjung akan kecewa karena artikel yang dibutuhkan tidak ada pada halaman tersebut.

Jika kalian menjadi pengunjung tersebut tentunya sangat kesal sekali bukan? Nah, oleh karena itu mari kita simak cara cek broken link dengan mudah.

Apa itu Broken Link?

Sebelum kita masuk ke cara cek broken link, terlebih dahulu kalian harus mengenal apa itu broken link.

Broken Link adalah sebuah link rusak yang mengarah ke halaman kosong pada suatu blog. Link rusak ini tidak bekerja sebagaimana semestinya yang menampilkan artikel yang ingin dibuka, melainkan menampilkan halaman 404.

Broken link biasanya terjadi ketika kalian membuat artikel dengan link yang satu lalu mengubahnya ke dalam link yang baru.

Misalnya seperti ini :

Link lama: https://www.ngeblogbareng.com/tips-paling-jitu-agar-blog-ramai-pengunjung

Link baru : https://www.ngeblogbareng.com/tips-meningkatkan-pengunjung-blog/

Ketika kalian mengunjungi link yang lama maka akan muncul halaman kosong atau artikel yang kalian cari tidak ada. Maka link lama yang tadi disebut dengan broken link (link mati).

Meskipun memiliki sedikit sekali pengaruhnya ke blog, namun sangat besar pengaruhnya di SERP. Artikel yang semula di papan atas mesin pencari google tiba-tiba mengalami penurunan. Hal ini sangat disayangkan apabila tidak segera diperbaiki.

Cara Cek Broken Link yang Ada di Blog

Sangat mudah sekali melakukan cek broken link. Di internet telah tersebar banyak sekali tools yang dapat kalian gunakan. Kalian juga dapat cek broken link dengan metode manual.

Terdapat 2 cara yang akan saya bagikan kali ini.

1. Cek broken link menggunakan brokenlinkcheck

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunjungi situsnya Brokenlinkcheck terlebih dahulu. Kemudian masukan link blog kalian pada kolom disebelah kanan. Klik “Find Broken Links”.

cara cek broken link

Setelah kik find broken links, kalian harus memasukan security code dan dihadapkan pada 2 opsi yakni :

  1. Report distinct broken links only
  2. Report all occurrences of each dead link (may be slower)

Saran saya pilih opsti yang ke 2 meskipun lambat tetapi cara cek broken link ini sangat bagus untuk mengetahui semua link mati yang ada pada blog kalian. Lalu klik “Finds broken links now”.

find broken links now

Selanjutnya tunggu hingga selesai setiap halaman yang dicek, memakan waktu kurang lebih 3 – 5 menit. Itu pun juga tergantung pada banyaknya jumlah link pada blog kalian.

list link mati broken

Kolom “page where found” menunjukan sumber link yang mati tersebut dan pada kolom “server response” menunjukan hasil indeks broken link. Setelah kalian tahu link mana saja yang mati, selanjutnya tinggal hapus dan ganti dengan yang baru.

2. Cek broken link menggunakan Siteliner

Tidak jauh berbeda dari cara yang pertama, cara cek broken link menggunakan Siteliner memiliki fitur yang lebih komplit.

Kalian bisa melakukan cek duplikat konten, cek broken link, halaman redirects, page size, page load speed, jumlah kata per halaman dan masih banyak lagi.

Masukan link blog kalian lalu klik tombol “Go”.

siteliner cek broken link

Tunggulah beberapa menit sampai seluruh laporan mengenai blog kalian muncul. Kemudian klik menu “Broken Links” di kiri atas.

broken link menu siteliner

Disini kalian disajikan halaman yang menampilkan semua broken link yang ada pada situs kalian. Untuk mengetahui lebih detail link mana yang mati, kalian dapat klik url dan segera hapus broken link tersebut.

link mati siteliner

Memperbaiki Broken Link dengan Plugin

Setelah kalian tahu mengenai cara cek broken link yang dapat dilakukan dengan mudah, langkah yang sangat penting yakni memperbaiki link mati tersebut menggunakan plugin.

Sebenarnya terdapat banyak sekali plugin yang dapat membantu kalian dalam memperbaiki broken link. Contohnya : Rank Math, Yoast SEO, Broken Link Checker, dan masih banyak lagi.

Kali ini saya menggunakan plugin Rank Math untuk memperbaiki link yang rusak. Alasan saya menggunakan plugin ini adalah kemudahan dalam penggunaannya.

Berikut langkah-langkah memperbaiki broken link menggunakan plugin Rank Math :

  1. Install Plugin Rank Math, Yoast SEO, atau sejenisnya..
  2. Buka menu redirections pada rank math di sebelah kiri menu dashboard wordpress
  3. Klik Add New redirections lalu masukan link mati dan link baru yang aktif
  4. Pilih redirections type 301 Move Permanent
  5. Pastikan status Activate, lalu klik Add Redirections

rank math redirections

Sangat simpel dan mudah sekali bukan? Itulah cara cek broken link yang sering saya lakukan untuk mengecek link yang mati pada blog ini. Sisihkan waktu beberapa menit saja untuk cek broken link. Perlu rutin mengecek broken link agar artikel di SERP tidak menurun.

Berikan Rating

Penulis : Arga Eryzal P

Gambar Gravatar
Seorang PART-Time Blogger yang senang membagikan informasi tentang Tutorial Blogging, SEO, Adsense, Lomba Blog, dan masih banyak lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.