5 Cara Cek IMEI Xiaomi Terdaftar atau Tidak

Cara Cek IMEI Xiaomi – Beberapa bulan yang lalu, publik tengah dihebohkan tentang peraturan baru dari pemerintah mengenai validasi Internatinoal Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk seluruh perangkat telepon genggam yang beredar di Indonesia. Yang mana nantinya, pemerintah berencana untuk mengumpulkan seluruh IMEI untuk dimasukan dalam satu database.

Jika tidak salah, peraturan tersebut sudah berlaku sejak 17 Agustus 2019, dan apabila IMEI Handphone tidak terdaftar di database Kominfo maka tidak akan bisa menggunakan layanan komunikasi dari Operator Seluler Indonesia seperti Telpon, SMS, dan Internet.

Dengan dibuatnya peraturan baru tersebut, pemain ponsel Black Market (BM) dan kita yang ingin merasakan sensasi memiliki Gadget mewah dengan harga murah akan sangat ketar – ketir. Kemungkinan besar, bisnis gelap seperti ini akan segera gulung tikar.

Nah, hingga tulisan ini dibuat peraturan pemerintah mengenai larangan ponsel ilegal tersebut sudah berjalan. Bagaimana cara cek imei xiaomi agar mengetahui ponsel asli atau palsu?.

UJI KEASLIAN HP DENGAN CARA CEK IMEI XIAOMI INI!

Seperti yang telah disinggung diatas, kali ini admin akan membagikan 3 cara cek imei xiaomi asli atau palsu. Sebelum memastikan nomor IMEI hp Xiaomi kamu legal, cari terlebih dahulu dimana nomor IMEI berada. Simak cara dibawah ini.

1. Cek Dus & Perangkat

Setiap produsen pasti menuliskan digit nomor IMEI pada masing-masing dus ponsel keluaran mereka. Cara pertama ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengetahui nomor IMEI pada hp android. Jika tidak menemukan nomor seri IMEI di dus, selanjutnya cek pada bagian body handphone.

Selain di dus, biasanya produsen ponsel android seperti Xiaomi, ASUS, OPPO, VIVO, menaruh nomor IMEI di casing belakang ponsel. Apabila masih tidak menemukan, lepas baterai kemudian cek pada bagian dalam baterai (tidak baterai tanam). Pada bagian itulah biasanya nomor IMEI ditempatkan.

2. Cek IMEI Xiaomi dengan Kode Dial *#06#

Cara cek IMEI Xiaomi selanjutnya yang dapat kamu coba adalah dengan menekan kode nomor dial *#06#. Lalu, tunggu sebentar biarkan ponsel memanggil kode dial. Jika sudah, akan muncul nomor IMEI pada tampilan layar ponsel android kamu.

Berikut ini langkah-langkah melihat nomor IMEI Xiaomi :

  1. Buka aplikasi Telepon.
  2. Ketikan kode *#06# kemudian tekan Call.
  3. Tunggu sampai nomor IMEI muncul di layar HP.
  4. Cara ini umum digunakan di berbagai macam vendor hp.

3. Cara Cek IMEI Xiaomi melalui menu Settings

Selain mengecek di dus, perangkat, dan melalui dial, ada lagi salah satu cara yang bisa kamu pakai untuk melihat nomor IMEI. Yakni dengan melihatnya melalui menu settingan ponsel. Adapun langkah-langkah atau cara cek IMEI Xiaomi melalui menu settings ialah sebagai berikut :

  1. Buka menu ponsel.
  2. Masuk ke aplikasi Settings / Pengaturan.
  3. Kemudian klik menu About Phone / Tentang Ponsel.
  4. Selanjutnya pilih status.
  5. Terakhir, Pilih kartu SIM yang ingin dilihat nomor IMEI-nya.
  6. Disitulah nomor IMEI akan muncul.

CARA CEK IMEI XIAOMI TERDAFTAR ATAU TIDAK

Setelah mengetahui bagaimana cara cek imei xiaomi, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah cek nomor IMEI tersebut apakah terdaftar atau tidak. Jangan sampai, kamu tertipu dengan nomor IMEI yang tertera pada ponsel sedangkan nomor tersebut tidak terdaftar pada situs resmi XIAOMI.

Terdapat 2 cara yang bisa digunakan untuk cek keaslian hp xiaomi. Pertama dengan mengunjungi situs resmi vendor XIAOMI dan kemudian melalui situs website kemenperin.

1. Cara Cek IMEI Xiaomi melalui Situs Resmi XIAOMI

  1. Buka browser kamu.
  2. Ketikan url https://www.mi.com/global/verify#/en/tab/imei kemudian kunjungi alamat web tersebut.
  3. Masukan nomor IMEI Xiaomi kamu.
  4. Masukan verify kode.
  5. Kemudian klik tombol verify.

2. Cara Cek IMEI Xiaomi melalui Situs Web Kemenperin

  1. Buka web browser kamu.
  2. Masukan alamat web https://imei.kemenperin.go.id/ , kemudian kunjungi situs website tersebut.
  3. Masukan nomor IMEI Xiaomi yang telah diketahui tadi.
  4. Klik tombol icon search.
  5. Tunggu hasil pengecekan IMEI.
  6. Jika IMEI valid maka akan muncul status IMEI apakah terdaftar di database atau belum.

Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan IMEI

IMEI ponsel secara otomatis terhubung dengan database kartu SIM operator seluler yang digunakan. Oleh karenat itu, jika kamu kehilangan HP solusi utama yang harus dilakukan adalah kerjasama dengan pihak operator seluler untuk melacak poisisi HP menggunakan IMEI.

Cara ini sebenarnya sangat panjang prosesnya. Disini kamu tidak hanya melibatkan operator seluler saja melainkan juga melibatkan pihak berwenang (Kepolisian). Saya menyarankan, lebih baik melacak HP yang hilang menggunakan Google Find My Device (Tidak Membutuhkan Nomor IMEI).

Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi pencari hp hilang menggunakan IMEI dengan mendownload melalui Playstore. Disana akan ada banyak macam aplikasi yang dapat kamu pilih untuk mencari HP yang hilang menggunakan nomor IMEI.

Sekian Informasi mengenai Cara Cek IMEI Xiaomi untuk menguji apakah HP kamu asli atau palsu. Semoga tutorial diatas memberikan manfaat bagi kamu yang ingin mencari IMEI pada HP Xiaomi.