5 Cara Cepat Meningkatkan Domain Authority Website

Domain Authority memberikan andil sangat besar terhadap blog di mesin pencari. Semakin tinggi nilai DA blog anda, maka semakin besar peluang blog anda kuat di SERP. Ada beberapa kriteria yang membuat DA tinggi, mulai dari Usia blog, domain blog, dan lain sebagainya.

Apakah benar cara dibawah ini dapat meningkatkan domain authority sebuah blog secara efektif? Saya yakin, domain authority akan naik secara alami. Apabila ada orang yang menawarkan jasa meningkatkan domain authority secara cepat, lebih baik hindari!

Anda tidak bisa membuatnya meningkat dalam semalam, tetapi kali ini saya akan menjelaskan cara cepat meningkatkan domain autohrity dengan efektif dan mudah. Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kita mengetahui dulu hal-hal berikut ini.

Seputar DOMAIN AUTHORITY (DA)

Saya akan berbagi data informasi seputar Domain Authority.

  • Bertambahnya Domain Authority (DA) berdasarkan banyak faktor. Utamanya, banyak link yang mengarah ke halaman depan blog anda.
  • Sangat mustahil untuk mencapai DA 100 karena hanya situs besar seperti Facebook dan Google yang bisa. Jangan khawatir jika DA blog anda tidak mencapai angka 100.
  • DA sulit dimanipulasi, tidak semudah mengganti header blog.

BAGAIMANA CARA CEPAT MENINGKATKAN DOMAIN AUTHORITY BLOG?

Seperti yang sudah saya singgung diatas, meningkatkan DA tidak bisa dilakukan dalam sekejap, tetapi anda tidak boleh menyerah begitu saja. Ada beberapa cara yang cepat dan efektif untuk meningkatkan DA. Jika anda belum mengetahui apa itu Domain Authority dapat membaca artikel dari MOZ.

Pada dasarnya, terdapat 2 cara yang anda lakukan untuk memiliki profil yang baik.

  1. Buang Backlink Spam.
  2. Cari Backlink yang berkualitas.

Apabila anda pernah melakukan spam backlink ke situs, maka sebaiknya menghapus URL yang mengarah ke blog tersebut. Jika tidak bisa, maka anda harus bersabar sembari mencari backlink yang berkualitas.

Anda bisa menggunakan jasa seo untuk mendapatkan backlink yang benar-benar berkualitas. Atau anda bisa membuat artikel yang berkualitas tinggi dan memberikan manfaat bagi pembaca sehingga pembaca memberikan backlink secara sukarela. Inilah yang dinamakan Link Building secara alami.

Berikut ini adalah cara cepat untuk meningkatkan domain autohrity (DA) pada website.

1. Gunakan Teknik SEO yang Benar

Menggunakan teknik seo yang baik dan benar adalah langkah awal untuk meningkatkan DA. Optimalkan seo baik onpage maupun offpage agar situs mendapatkan hasil yang memuaskan di SERP. Anda bisa mengoptimasi robots txt, membuat struktur url seo friendly, mencari backlink, dan masih banyak lagi.

Menurut MOZ, cara terbaik untuk meningkatkan Domain Authority sebuah situs adalah dengan mengoptimasi seluruh komponen seo. Loading website yang lambat juga berpengaruh terhadap posisi di mesin pencari. Semakin cepat waktu muat website, maka akan semakin baik di mata mesin pencari maupun pengunjung.

Jadi, sebelum anda melangkah ke depan untuk meningkatkan DA alangkah baiknya perhatikan terebih dahulu teknik seo yang baik dan benar.

2. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dll adalah media yang potensial untuk menggaet pengunjung. Anda bisa gratis memposting artikel dan mendapatkan link dari salah satu media sosial tersebut yang mengarah ke website. Meskipun backlink ini berjenis nofollow, tetapi bagus juga untuk membantu meningkatkan DA.

Anda juga bisa menargetkan pengunjung, misalnya website anda berniche Bisnis. Maka, carilah grup facebook yang membahas seputar Bisnis. Relevansi topik bahasan grup dengan niche website anda, peluang mendapatkan pengunjung sangat terbuka lebar.

Algoritma Google berubah dan terus diperbarui. Apabila jangkauan artikel yang anda bagikan luas semakin populer, maka otoritas website akan naik secara perlahan. Media sosial sangatlah penting untuk meningkatka Domain Authority, oleh karena itu setelah update artikel selanjutnya jangan lupa untuk share ke media sosial.

3. Membuat Internal Linking

Cara cepat meningkatkan domain authority yang selanjutnya adalah membuat internal linking. Internal Linking adalah link relevan yang disisipkan dalam artikel. Internal linking sangat bagus untuk SEO website. Website dikatakan tidak berkualitas apabila tidak memiliki internal linking dan begitupula sebaliknya.

Penting sekali bagi pemilik website dalam menyisipkan internal link di setiap artikel. Tujuan utamanya adalah agar memberikan banyak referensi kepada pengunjung mengenai artikel yang sedang dibaca. Hal ini menunjukan konten anda kaya akan informasi, dan mesin pencari akan memberikan prioritas bagi website yang demikian itu.

4. Menghapus Backlink Buruk

Anda harus sesekali mengecek apakah terdapat backlink yang buruk pada profil website. Jika ada, hapus link spam tersebut agar profil website baik di mata mesin pencari.

Setelah menyingkirkan link spam tadi, anda bisa menanam backlink yang benar dan berkualitas. Dan apabila anda melakukan hal ini dengan rutin, maka peluang untuk bersaing dengan blog lain di mesin pencari akan semakin kompetitif.

Begitu pun sebaliknya, apabila profil website anda dipenuhi dengan link-link yang mati atau dianggap spam oleh Google, maka peluang blog anda berada di peringkat teratas semakin jauh. Dengan begitu anda akan kesulitan untuk mendapatkan trafik pengunjung yang organik.

Anda bisa menggunakan fitur Google Disavow untuk menghapus backlink yang buruk.

5. Menulis Artikel Berkualitas

Pada dasarnya, SEO jaman sekarang yang terpenting adalah kualitas konten. Betapa indahnya tampilan website, kecepatan website, serta score seo yang anda dapatkan apabila konten yang ada pada blog itu tidak berkualitas dan informatif sama saja tidak berguna.

Artikel yang informatif dan memberika solusi bagi pembaca akan lebih disukai oleh mesin pencari. Dengan begitu, mesin pencari akan merekomendasikan artikel anda di posisi teratas mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Loh mas, apa hubungannya menulis artikel dengan peningkatan Domain Authority?

Jelas ada, dengan artikel yang berkualitas maka banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Orang lain yang membaca akan merekomendasikan artikel anda kepada orang lain melalui whatsapp, facebook, instagram, twitter, dan lain lain.

Tidak hanya itu, jika pembaca memiliki blog dan memberikan link yang mengarah ke profil website anda maka secara tidak langsung website anda mendapatkan backlink yang berkualitas. Ya, link tersebut bisa berdampak pada kenaikan domain authority.

Itulah penjealasan saya mengenai cara cepat meningkatkan domain authority untuk website. Saran dari saya, langkah diatas sebaiknya dilakukan dengan sabar dan konsisten.

Ngeblog tidak bisa dalam sekejap, anda harus konsisten untuk membuat artikel yang memberikan manfaat dan sarat akan informasi di dalamnya. Kerja keras akan membuahkan hasil apabila kita bersabar.

Satu pemikiran pada “5 Cara Cepat Meningkatkan Domain Authority Website”

Komentar ditutup.