Cara Daftar Adsense Blog dengan Mudah [Pemula]

8
776

cara daftar adsense untuk blog

Cara Daftar Adsense Blog dengan Mudah – Di zaman yang serba canggih saat ini, terdapat banyak cara untuk mendapatkan uang melalui internet. Salah satu cara yang paling legit adalah dengan mendaftarkan blog ke Google Adsense.

Meskipun banyak orang yang bilang untuk daftar adsense blog itu gampang-gampang sulit. Kalau menurut saya sendiri sih, cara daftar adsense blog ini sangat mudah. Tinggal patuhi syarat & ketentuan dari pihak Google Adsense.

Banyak dari kalian mungkin sudah mengetahui mengenai Google Adsense. Bagi yang belum tahu, saya akan jelaskan secara rinci pada artikel ini.

APA ITU GOOGLE ADSENSE?

Google Adsense adalah program periklanan CPC (Cost per Click) milik Google yang digunakan seorang blogger untuk menghasilkan uang dari blog melalui penempatan iklan yang strategis pada blog.

Jadi, kalau memasang iklan Google Adsense kalian akan dibayar dengan bayaran tertentu per klik valid oleh pengunjung. Penempatan iklan pun juga harus diperhatikan agar mendapatkan profit yang optimal.

Iklan yang tampil dari Google Adsense berupa text, gambar, video, link, feed in article, dan iklan-iklan yang lain. Seorang blogger hanya perlu mengcopy kode yang telah diberikan google untuk setelah itu dipasangkan pada situs blog yang diinginkan.

Pihak Google Adsense saat akan menentukan iklan apa yang relevan dengan niche situs blog kalian. Jadi, iklan ditentukan secara otomatis oleh pihak adsense itu sendiri.

TUJUAN GOOGLE ADSENSE

Tujuan paling utama pihak Google Adsense adalah memberikan peluang kepada pemilik situs untuk menghasilkan uang melalui jaringan periklanan.

Meskipun google mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis tersebut, kita masih tetap mendapatkan uang sesuai dengan jumlah klik dan page views pada blog.

Terdapat 2 cara untuk menghasilkan uang melalui Iklan Adsense, yakni :

  1. CPI (Cost per Impression) Jenis pembayaran iklan tergantung pada seberapa banyak tampilan halaman blog.
  2. CPC (Cost per Click) Jenis pembayaran iklan tergantung pada seberapa banyak klik dari pengunjung.

MENGAPA HARUS MENCOBA GOOGLE ADSENSE?

Menjadi publisher Google Adsense masih menjadi primadona para blogger di seluruh dunia dikarenakan cara daftar adsense blog yang mudah dan terbukti dibayar oleh pihak Google.

Inilah beberapa alasan kalian harus mencoba menggunakan Google Adsense :

  1. Pendaftaran Mudah. Bisa dikatakan mudah, bisa juga dikatakan sulit. Untuk blogger yang telah memenuhi kriteria pengiklan adsense pasti 100% diterima saat itu juga 1x24jam. Adapula yang mengatakan ini sulit karena seringnya ditolak ketika hendak mendaftarkan blognya ke Google Adsense.
  2. Satu akun untuk semua situs. Kebanyakan jaringan periklanan lain mengharuskan memasukan alamat situs secara manual untuk satu akun. Hal itu tidak berlaku untuk Google Adsense. Pengiklan dapat menggunakan iklan ini pada alamat situs manapun. (Untuk akun bulan Oktober ke atas harus Add site Review).
  3. Forum Support. Google Adsense merupakan penyedia layanan iklan terbesar di dunia. Banyak forum yang telah membahas mengenai cara daftar adsense blog beserta tips mengoptimalkan iklan adsense.
  4. Program Iklan Terpercaya. Sudah tidak perlu diragukan lagi, karena Google Adsense dikelola langsung oleh pihak Google. Jadi, kalian tidak perlu khawatir Google Adsense terbukti membayar. Banyak master diluar sana yang telah PO (Pay Out) saldo akun Google Adsense nya setiap bulan.

Tertarik untuk mencoba program periklanan Google Adsense? Baca sampai selesai ya…

CARA DAFTAR ADSENSE PADA BLOG

Pertama-tama daftarkan situs kalian pada Google Adsense dan masukan data-data yang harus diisi.

cara daftar adsense blog

Nah, kalian akan melihat tampilan halaman pendaftaran Google Adsense seperti pada gambar diatas. Kemudian masukan URL situs, Alamat email, dan pilih apakah ingin mendapatkan info Adsense yang bermanfaat pada email tersebut. Lalu, klik simpan dan lanjutkan.

Setelah itu, kalian akan dihadapkan lagi pada halaman seperti pada gambar dibawah ini.

daftar google adsense

Google ingin memastikan situs dan email yang dimasukan sudah benar. Pilih negara atau lokasi (pilih indonesia) lalu, baca dan terima persetujuan Terms and Conditions lalu klik tombol Create Account.

daftar adsense blog

Isi detail alamant pembayaran kalian. Pilih tipe akun Individu jika perseorangan atau pilih Bussiness untuk organisasi & perusahaan. Masukan Nama dan Alamat kalian secara lengkap. Pilih Provinsi dan Kota, kemudian Postal Code (Kode Pos). Yang terakhir isi Nomor Telpon kalian. Bila semua telah terisi, langsung saja pencet tombol Submit.

verifikasi nomor telpon google adsense

Sampai disini kalian diminta untuk verifikasi Nomor Telpon yang telah kalian masukan ke data yang di Submit tadi. Kalian bisa verifikasi menggunakan SMS atau Voice Call. Saya menyarankan untuk menggunakan SMS agar cepat dalam proses verifikasi.

Get Verification Code, kemudian cek SMS pada handphone kalian dan masukan kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh Google.

kode html iklan google adsense

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah Menghubungkan Situs kedalam Google Adsense dengan cara Menempatkan Kode Verifikasi Iklan diantara tag <head> dan </head>.

CARA MEMASUKAN KODE VERIFIKASI IKLAN ADSENSE DI WORDPRESS

Tempatkan kode iklan adsense pada tag head WordPress kalian. Terdapat 3 cara untuk memasang kode verifikasi iklan pada WordPress yakni dengan menggunakan bantuan Plugin, ditempatkan secara manual melalui Editor Template, dan yang terakhir dengan Widgets.

Cara memasukan kode verifikasi iklan adsense menggunakan plugin :

  1. Install dan Aktifkan plugin Insert Headers and Footers.
  2. Pilih menu Setting pada bagian menu kiri layar dan klik Insert Headers and  Footers.
  3. Masukan Kode Iklan yang telah dicopy tadi pada menu Header.
  4. Setelah itu simpan dan kode verifikasi iklan telah ditempelkan.

Cara memasukan kode verifikasi iklan adsense dengan manual :

  1. Pilih menu Appearance pada dashboard, kemudian pilih menu Editor
  2. Setelah itu cari direktori header.php pada bagian kanan lalu klik
  3. Masukan kode verifikasi iklan adsense diantara tag <head> dan </head>
  4. Dan kalian telah memasukan kode verifikasi iklan tersebut…

Cara memasukan kode verifikasi iklan adsense dengan Widgets :

  1. Pilih menu Appearance pada dashboard, kemudian pilih menu Widgets
  2. Setelah itu, tambahkan widget Custom HTML
  3. Tempatkan kode verifikasi iklan adsense tersebut pada Custom HTML

Diatas merupakan cara untuk menempatkan kode verifikasi iklan adsense pada platform WordPress. Sedangkan untuk blogger bagaimana? Tenang saja, saya juga akan membahas cara tersebut….

CARA MEMASUKAN KODE VERIFIKASI IKLAN ADSENSE PADA BLOGGER  :

  1. Sign In kedalam akun Blogger.com kalian
  2. Pada bagian pojok kiri atas klik tanda panah
  3. Kemudian pilih blog yang ingin ditempelkan Kode Verifikasi
  4. Pada layar sebelah kiri klik menu Earnings
  5. Bila tidak muncul menu Earnings kalian dapat mengubah Preferensi bahasa ke Bahasa Inggris
  6. Klik tombol Sign up for Adsense. Bila tidak ada, berarti situs kalian belum layak untuk didaftarkan Google Adsense (coba lagi lain kali)
  7. Setelah diklik, isi semua data yang diperlukan untuk mendaftar Google Adsense.

Cara daftar adsense blog diatas berlaku untuk situs hosted atau berdomain .blogspot saja. Bila kalian menggunakan domain TLD atau non hosted dapat langsung melalui website Google Adsense dan ikuti seperti langkah yang telah saya berikan diatas. Tunggu dalam beberapa hari sampai situs kalian otomatis memunculkan iklan.

CARA MENEMPATKAN KODE IKLAN PADA SITUS

Setelah situs ditinjau oleh pihak Google Adsense dan ternyata diterima full approve, kalian dapat menempatkan kode iklan pada situs kalian. Caranya dengan :

  1. Masuk ke dashboard Adsense dan klik Unit Iklan.
  2. Buat iklan baru dengan tombol Unit Iklan Baru
  3. Kostumisasi model iklan dan menjadikan lebih cocok pada desain situs kalian
  4. Tulis nama ads (terserah) untuk memudahkan dalam menganalisis
  5. Pilih ukuran iklan. Biasanya yang sering digunakan adalah 728 x 90, 300 x 250, iklan link, iklan article.
  6. Klik Save dan Get Code, kemudian tempatkan pada widgets atau seperti cara diatas

Jika saldo sudah mencapai Rp 150.000,00 kalian diharuskan untuk request pin. Pin tersebut akan dikirmkan oleh petugas POS menuju ke alamat yang telah kalian daftarkan pada akun Google Adsense tadi.

Sedangkan untuk menambahkan metode pembayaran harus memenuhi ambang batas minimal saldo akun Google Adsense sebesar Rp 1.300.000,00.

KESIMPULAN

Dalam hal ini dapat dilihat, Cara Daftar Google Adsense pada blog merupakan cara yang paling mudah bagi kalian untuk menghasilakan uang dari kegiatan ngeblog. Tetapi, harus diimbangi dengan usaha membuat konten berkualitas yang bermanfaat bagi pengunjung blog.

Dengan metode seo, kalian pun dapat juga mendapatkan uang. Aliran trafik organik meluncur deras dari Search Engine google membuat Peluang mendapatkan penghasilan Google Adsense semakin besar.

Jadilah mitra Google Adsesne yang baik dengan memperhatikan konten untuk pemirsa yang ditargetkan, mendapatkan trafik organik, pemilihan kata kunci yang tepat agar meningkatkan penghasilan pada Google Adsense.

Share ke temanmu bila artikel ini bermanfaat 🙂 Semoga sukses 🙂

8 KOMENTAR

  1. Keren.. artikel nya halus enak di baca. Jelas dan mudah di faham. Mksih infonya mas. Nitip 1 agr mudah di terima goole adsense usahakan jangan copy paste artikel..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here