Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email 100% Work

Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email 100% Work – Ketika hp kesayangan hilang pasti anda panik bukan main. Akhirnya, pikiran anda tidak menjadi kesana kemari dan tidak fokus karena memikirkan ponsel yang hilang tadi. Ditambah lagi jika di dalam hp tersebut berisi file dan dokumen penting milik anda seperti gambar, video, foto, media sosial, dan lain sebagainya.

Teknologi di tahun 2020 yang sudah canggih, membuat banyak cara dapat anda lakukan untuk menemukan ponsel yang hilang. Daripada bingung tidak karuan, lebih baik pikirkan solusi mencari hp tersebut. Nah disini saya akan membagikan bagaimana cara melacak hp hilang menggunakan email yang bisa anda coba untuk menemukan hp kesaayangan.

Sadar atau tidak, segala aktivitas yang kita lakukan di Android tersimpan baik di server google. Hal tersebut bukan bertujuan memata-matai tetapi lebih kepada langkah antisipasi jika suatu hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kehilangan ponsel.

Salah satu bentuk pencegahan tersebut seperti Merekam GPS. Kemanapun anda pergi, waktu tempuh, jarak tempuh, lama perjalanan, jalur yang dilalui dan lain-lain semua terekam oleh GPS Android Google. Fitur inilah yang bisa kita manfaatkan untuk mencari keberadaan ponsel yang hilang. Bagaimana tutorial cara melacak hp hilang menggunakan email? Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email 100% Work!!!

Sebenarnya terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk lacak hp hilang menggunakan email. Tetapi disini, saya menyarankan tetap menggunakan produk Google seperti Android Device Manager atau Google Maps. Anda bisa memakai kedua aplikasi tersebut pada semua tipe hp baik Xiaomi, Vivo, Oppo, Asus, Realme, Huawei, dan masih banyak lagi.

Berikut ini cara melacak ponsel yang hilang menggunakan email yang bisa anda coba melalui komputer atau hp android lain.

1. Cara Lacak HP Hilang menggunakan Email Gmail (Android Device Manager)

Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email 100% Work 1

Menggunakan Android Device Manager bisa menjadi cara paling ampuh mengatasi hp hilang atau dicuri. Banyak pengguna Android menyarankan untuk menggunakan cara ini ketika kehilangan sebuah ponsel. Aplikasi ini menyajikan detail lokasi berbentuk maps sehingga anda dengan mudah mengetahui letak keberadaan ponsel android secara pasti.

Bagaimana cara menggunakan Android Device Manager?.

  • Peratama, silahkan akses Android Device Manager terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa dijalankan baik di komputer maupun android. Buka lewat https://www.google.com/android/find?hl=id.
  • Kemudian login menggunakan akun email yang anda gunakan di HP yang hilang. Ini langkah wajib ya, jadi jangan sampai lupa password emailnya.
  • Setelah berhasil login, Android Device Manager akan menampilkan lokasi terbaru hp anda.
  • Anda bisa kesana untuk mencari tahu hp android anda apakah jatuh atau dicuri orang.
  • Selesai.

Selain memiliki fungsi untuk melacak hp hilang melalui email, Android Device Manager (ADM) ini juga terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan untuk melacak ponsel android anda.

Tips Menggunakan Android Device Manager

  • Aktifkan Suara Device : Fitur ini membantu anda mengenali hp anda ketika sudah berada di lokasi untuk mencarinya. Ponsel android akan menyalakan nada dering dengan volume keras selama beberapa menit dan tidak bisa di hentikan atau silent.
  • Kunci HP Sementara : Jika anda takut si pencuri menghapus data – data penting, manfaatkan fitur kunci hp sementara ini. Cukup tekan Kunci Perangkat, ponsel android anda akan kekunci secara otomatis dan tidak bisa digunakan lagi kecuali anda membukanya kembali.
  • Hapus Data : Jika anda ingin seluruh data dihapus atau misalnya anda kesulitan untuk menemukan hp tersebut, maka gunakan fitur Hapus Data. Dengan catatan hp anda tidak bisa dilacak lagi menggunakan ADM.

2. Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email Gmail melalui Google Maps

Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email 100% Work 2

Google Maps biasanya digunakan untuk mencari hp yang hilang dalam radius yang jauh. Jadi, anda dapat dengan mudah melacak dan menemukan dimana ponsel android anda berada. Fitur yang disediakan oleh Google Maps adalah Location History. Fitur ini mampu mendeteksi lokasi terakhir smartphone android anda berada. Tentunya, ponsel anda yang hilang harus terkoneksi dengan internet.

Perlu digaris bawahi, pada kasus ini kita wajib untuk mengaktifkan fitur Location Sharing agar teman anda yang sudah add friend bisa melakukan pelacakan. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang sudah mentok tidak bisa melacak kembali smartphone android yang hilang.

3. Melacak Menggunakan Akun Khusus HP

Agar bisa menemukan hp yang hilang, caranya bisa menggunakan akun khusus yang ada di hp. Misalnya seperti iCloud dan MiCloud. Tentu saja anda harus mengaktifkan layanan atau fitur lacak hp / find my devices pada masing – masing akun tersebut. Apabila belum mengaktifkan layanan tersebut, anda tidak bisa melacaknya.

Cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut :

  1. Login ke perangkat menggunakan akun yang telah dibuat.
  2. Aktifkan fitur pelacakan / find my device.
  3. Jika sudah, anda bisa melacak hp tersebut.

Ada beberapa cara untuk melacak ponsel menggunakan akun khusus. Setiap device memiliki caranya tersendiri. Bagaimana caranya?

MiCloud

Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email 100% Work 3

Untuk pengguna hp xiaomi, anda bisa memanfaatkan fitur pelacakan. Pertama anda masuk terlebih dahulu ke situs Mi Cloud (https://i.mi.com) melalui browser laptop / pinjam hp teman. Kemudian sign in menggunakan Mi Account yang digunakan pada hp yang hilang.

Selanjutnya klik opsi Find My Device. Jika lokasi perangkat sudah terdeteksi, anda bisa langsung mendatangi lokasi dan mencari tahu ponsel anda yang hilang. Bisa juga dengan langsung menghapus data agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Samsung ID

Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email 100% Work 4

Jika anda pengguna smartphone asal negri ginseng, bisa menggunakan samsung id untuk melacaknya. Langkah pertama adalah kunjungi situs Samsung Find My Mobile (https://findmymobile.samsung.com/). Lalu sign in menggunakan akun samsung id di hp yang hilang. Setujui semua legal agreement yang diberikan oleh pihak samsung dan klik agree.

Selanjutnya Samsung Find My Mobile akan menunjukan lokasi dimana ponsel anda berada beserta informasi lain seperti jaringan yang terhubung saat ini dan sisa baterai. Anda bisa melakukan kontrol jarak jauh misalnya mengunci perangkat, hapus data, dan membunyikan alarm.

iCloud

Cara Melacak HP Hilang menggunakan Email 100% Work 5

Seperti kedua perangkat sebelumnya, khusus pengguna produk apple anda bisa melacak ponsel yang hilang menggunakan iCloud. Pertama kunjungi website iCloud (https://www.icloud.com/). Sign in menggunakan Apple ID hp yang hilang. Skip two factor authentication lalu klik Find My Iphone.

Setelah itu lokasi dimana iphone anda berada akan terlihat. Seperti biasa anda juga dapat mengontrol iphone yang hilang dengan mengaktifkan lost mode, menghapus data, atau membunyikan alarm.

Sudah Melacak melalui Email, Tetapi masih Tidak Menemukan?

Untuk menggunakan cara-cara diatas, terdapat beberapa syarat wajib yang harus diperhatikan. Apa saja?

  1. Pastikan HP masih Terhubung ke Internet.
  2. Email harus sudah login di HP yang hilang dan harus ingat email beserta password.
  3. Fitur GPS Smartphone Android sudah menyala.

Ketiga syarat diatas adalah wajib jika anda ingin menemukan kembali ponsel yang hilang. Utamanya jika menggunakan Android Device Manager (ADM).

Tips Mendatangi Lokasi HP yang Hilang

Setelah mengetahui bagaimana tutorial melacak hp yang hilang, kemudian ada niat anda untuk mendatangi lokasi untuk mengambil atau memberi imbalan kepada yang menemukan tetaplah waspada dan hati-hati.

Untuk alasan keamanan saya menyarankan anda untuk tidak pergi sendirian ke lokasi tersebut. Masalahnya ada banyak bahaya yang mengintai jika anda bepergian sendiri mengunjungi lokasi dimana ponsel anda hilang.

Alangkah lebih baik ajak teman minimal 2 orang atau jika memiliki kenalan pihak berwajib anda juga boleh mengajaknya untuk ke lokasi. Hal ini sering dilupakan oleh kebanyakan orang karena resiko yang diambil sangat besar jika datang sendirian.

Tips Mencegah Kehilangan HP untuk Kedepan-nya

Untuk kedepannya saya memiliki beberapa tips mencegah kehilangan hp. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir kejadian tersebut terulang kembali. Setelah menerapkan cara ini, setiap saya kehilangan hp bisa langsung dilakukan pelacakan bahkan di tempat umum sekalipun.

Cara yang pertama, pastikan koneksi data seluler pada hp anda selalu nyala dalam keadaan apapun. Perhatikan pula masa aktif, kuota, jaringan, dan baterai ponsel. Kemudian catat email dan password akun Google anda. Ini merupakan kunci agar bisa menemukan ponsel yang terjatuh atau dicuri orang.

Rutin menyalakan GPS meskipun sedang tidak dibutuhkan. Hal ini sedikit menguras baterai tetapi alangkah lebih aman jika anda terus menyalakannya. Lalu, pastikan smartphone anda dalam keadaan terpassword. Entah itu pola, angka, pattern, sidik jari, face id, dan lain sebagainya agar lebih aman.

Tips ini hanyalah bentuk pencegahan saja. Yang terpenting anda harus lebih waspada kedepannya. Selalu bawa hp ketika bepergian kemanapun dan usahakan ponsel berada dalam genggaman anda atau bisa juga taruh ditempat yang sekiranya sulit dijangkau oleh orang lain.

Penutup

Sekian tutorial mengenai cara melacak hp hilang menggunakan email. Tingkatkan kewaspadaan anda terhadap barang bawaan seperti ponsel. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.