10 Cara Melindungi Situs WordPress dari Serangan Hacker

No comments
Cara Melindungi Situs WordPress dari Serangan Hacker

Kalian punya website WordPress yang cantik dan informatif? Hati-hati, ya! Website WordPress itu sering jadi sasaran empuk para hacker jahil. Jangan sampai kerja keras kalian membangun website jadi sia-sia karena serangan hacker. Tenang aja, aku punya segudang tips dan trik buat melindungi situs WordPress kalian dari serangan hacker. Yuk, simak baik-baik!

1. Selalu Update WordPress, Tema, dan Plugin

WordPress, tema, dan plugin itu kayak software di komputer kalian. Mereka butuh di-update secara berkala biar tetap aman dan bebas dari celah keamanan. Bayangin aja, kalau ada “lubang” di pintu rumah kalian, pasti maling gampang masuk, kan? Sama halnya dengan website, kalau nggak di-update, hacker bisa dengan mudah menyusup lewat celah keamanan yang ada.

Tips Update WordPress, Tema, dan Plugin:

  • Aktifkan Pembaruan Otomatis: WordPress punya fitur pembaruan otomatis yang bisa kalian aktifkan. Jadi, kalian nggak perlu repot-repot update manual.
  • Cek Pembaruan Secara Berkala: Kalau nggak mau pakai pembaruan otomatis, cek secara berkala apakah ada update terbaru untuk WordPress, tema, dan plugin kalian.
  • Backup Website Sebelum Update: Sebelum update, selalu lakukan backup website, ya! Jadi, kalau ada masalah setelah update, kalian bisa restore website ke versi sebelumnya.

2. Gunakan Password yang Kuat dan Unik

Password itu kayak “kunci” buat masuk ke website kalian. Kalau kuncinya lemah, gampang banget dibobol maling, kan? Makanya, pakai password yang kuat dan unik, ya! Jangan pakai password yang gampang ditebak, kayak tanggal lahir atau nama hewan peliharaan. Kombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol biar password kalian makin kuat.

Tips Membuat Password yang Kuat:

  • Minimal 12 Karakter: Semakin panjang password, semakin sulit ditebak.
  • Kombinasi Huruf Besar, Huruf Kecil, Angka, dan Simbol: Jangan cuma pakai huruf atau angka aja, kombinasikan semuanya biar makin kuat.
  • Jangan Pakai Informasi Pribadi: Hindari pakai tanggal lahir, nama, atau informasi pribadi lainnya sebagai password.
  • Gunakan Password Manager: Kalau kalian susah inget banyak password, pakai password manager aja.

3. Batasi Percobaan Login

Hacker biasanya pakai program otomatis buat nebak password website kalian. Nah, dengan membatasi percobaan login, kalian bisa mencegah serangan brute force kayak gini. Kalian bisa pasang plugin kayak Limit Login Attempts Reloaded atau Loginizer buat batasin jumlah percobaan login yang gagal.

4. Aktifkan Two-Factor Authentication (2FA)

2FA itu kayak “gembok ganda” buat website kalian. Selain password, kalian juga perlu masukin kode verifikasi yang dikirim ke HP kalian buat bisa login. Jadi, meskipun hacker berhasil nebak password kalian, mereka tetap nggak bisa masuk ke website kalian tanpa kode verifikasi.

Tips Mengaktifkan 2FA:

  • Gunakan Aplikasi Autentikasi: Ada banyak aplikasi autentikasi yang bisa kalian pakai, kayak Google Authenticator atau Authy.
  • Simpan Backup Code: Aplikasi autentikasi biasanya nyediain backup code yang bisa kalian pakai kalau HP kalian hilang atau rusak. Simpan backup code ini di tempat yang aman, ya!

5. Gunakan Plugin Keamanan

WordPress punya banyak plugin keamanan yang bisa bantu lindungi website kalian dari serangan hacker. Beberapa plugin yang populer antara lain:

  • Wordfence Security: Plugin ini punya fitur firewall, pemindaian malware, dan perlindungan login.
  • iThemes Security: Plugin ini bisa bantu kalian mengamankan website dengan berbagai cara, mulai dari menyembunyikan versi WordPress sampai memblokir IP address yang mencurigakan.
  • Sucuri Security: Plugin ini punya fitur pemantauan keamanan website, pembersihan malware, dan perlindungan DDoS.

Tips Memilih Plugin Keamanan:

  • Baca Review dan Rating: Sebelum install plugin, baca dulu review dan rating dari pengguna lain.
  • Pilih Plugin yang Terpercaya: Pastikan plugin yang kalian pilih dikembangkan oleh developer yang terpercaya dan rajin update pluginnya.
  • Jangan Install Terlalu Banyak Plugin: Terlalu banyak plugin bisa bikin website kalian lambat dan rentan terhadap masalah keamanan.

6. Backup Website Secara Berkala

Backup itu kayak “asuransi” buat website kalian. Kalau ada masalah, kayak serangan hacker atau kerusakan data, kalian bisa balikin website kalian ke kondisi sebelumnya. Makanya, penting banget buat backup website kalian secara berkala.

Tips Backup Website:

  • Gunakan Plugin Backup: Ada banyak plugin backup WordPress yang bisa kalian pakai, kayak UpdraftPlus atau BackWPup.
  • Simpan Backup di Tempat yang Aman: Jangan cuma nyimpen backup di hosting aja, tapi simpan juga di tempat lain, kayak komputer atau cloud storage.
  • Lakukan Backup Secara Rutin: Semakin sering kalian backup, semakin kecil risiko kehilangan data penting.

7. Gunakan SSL (Secure Sockets Layer)

SSL itu kayak “pagar” yang ngelindungin data yang dikirim antara website kalian sama pengunjung. Dengan SSL, data-data sensitif, kayak informasi login atau data kartu kredit, bakal dienkripsi, jadi lebih aman dari penyadapan hacker.

Tips Menggunakan SSL:

  • Beli Sertifikat SSL: Kalian bisa beli sertifikat SSL dari penyedia hosting atau dari pihak ketiga, kayak Let’s Encrypt.
  • Aktifkan SSL di Website: Setelah beli sertifikat SSL, aktifkan SSL di website kalian.
  • Pastikan Semua Halaman Pakai HTTPS: Setelah SSL aktif, pastikan semua halaman website kalian pakai protokol HTTPS, bukan HTTP.

8. Hindari Menggunakan Tema atau Plugin Nulled

Tema atau plugin nulled itu tema atau plugin bajakan yang udah dimodifikasi sama orang nggak bertanggung jawab. Biasanya sih, tema atau plugin nulled ini disisipin kode-kode berbahaya yang bisa ngerusak website kalian atau nyuri data-data penting.

Tips Menghindari Tema atau Plugin Nulled:

  • Beli Tema atau Plugin Original: Meskipun harganya lebih mahal, tapi tema atau plugin original lebih aman dan terjamin kualitasnya.
  • Download Tema atau Plugin dari Sumber Terpercaya: Kalau mau download gratis, pastikan kalian download dari sumber yang terpercaya, kayak WordPress.org atau situs resmi developernya.

9. Gunakan Hosting yang Aman dan Terpercaya

Hosting itu kayak “rumah” buat website kalian. Kalau rumahnya nggak aman, ya isinya juga nggak aman, dong? Makanya, pilih penyedia hosting yang punya reputasi bagus dan punya fitur keamanan yang lengkap, kayak firewall, pemindaian malware, dan backup otomatis.

Tips Memilih Hosting yang Aman:

  • Baca Review dan Rating: Sebelum beli hosting, baca dulu review dan rating dari pengguna lain.
  • Pilih Hosting yang Punya Fitur Keamanan Lengkap: Pastikan hosting yang kalian pilih punya fitur keamanan yang lengkap, kayak firewall, pemindaian malware, dan backup otomatis.
  • Cek Layanan Customer Service: Pilih hosting yang punya layanan customer service yang responsif dan bisa bantu kalian kalau ada masalah.

10. Edukasi Diri tentang Keamanan Website

Keamanan website itu tanggung jawab kalian sebagai pemilik website. Makanya, penting banget buat kalian terus belajar dan update informasi tentang keamanan website. Kalian bisa baca artikel-artikel atau ikutan webinar tentang keamanan website.

Tips Belajar tentang Keamanan Website:

  • Ikuti Blog atau Website tentang Keamanan: Ada banyak blog atau website yang khusus bahas tentang keamanan website.
  • Ikut Forum atau Komunitas: Di forum atau komunitas, kalian bisa tanya jawab dan diskusi tentang keamanan website sama orang lain.
  • Ikutan Webinar atau Pelatihan: Ada banyak webinar atau pelatihan tentang keamanan website yang bisa kalian ikuti.

Kesimpulan

Melindungi situs WordPress dari serangan hacker itu penting banget buat menjaga keamanan data dan reputasi website kalian. Dengan menerapkan tips-tips di atas, semoga website kalian bisa lebih aman dan terhindar dari serangan hacker. Ingat, keamanan website itu tanggung jawab kita bersama, jadi jangan lengah ya!

Artikel Terkait

Bagikan:

Arga

Berpengalaman dalam dunia Blogging dan SEO sejak tahun 2018. Tertarik di Bidang Penulisan, Wordpress, dan Search Engine Optimization. Kerjasama Bisnis : admin@ngeblogbareng.com

Tags

Tinggalkan komentar