7 Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Kotor

Meskipun terlihat bersih bukan berarti keyboard laptop terbebas dari debu dan kotoran. Dalam hal ini, anda harus mengetahui cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dengan beberapa langkah tepat.

Jika tidak ditangani dengan langkah tepat, takutnya keyboard laptop akan semakin rusak. Pada akhirnya anda harus mengganti dan membeli keyboard laptop yang baru.

Agar hal yang seperti demikian tidak terjadi, anda bisa mencoba mempraktikan cara berikut ini supaya keyboard laptop yang kotor menjadi bersih kembali dan berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Macet

Cara ini bisa diterapkan pada segala merk laptop seperti Asus, Axioo, HP, Dell, Lenovo, dan lain-lain. Cobalah cara ampuh berikut ini untuk membersihkan keyboard laptop yang tidak berfungsi atau macet.

1. Matikan Laptop Terlebih Dahulu

matikan laptop terlebih dahulu

Sebelum mulai membersihkan keyboard, pastikan laptop dalam kondisi mati. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Posisikan Laptop dalam Keadaan Terbalik

balik laptop

Sisi pada laptop lumayan sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, coba posisikan laptop dalam keadaan terbalik. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah membersihkan dan kotoran akan jatuh dengan sendirinya.

3. Tekan Keyboard Laptop

tekan keyboard laptop

Masih tetap dalam keadaan terbalik, tekan tombol keyboard laptop seperti anda mengetik untuk mengeluarkan debu yang menempel di sela-sela tombol.

Dengan begitu, kotoran dan debu yang bersarang di celah tersempit keyboard dapat dengan mudah dibersihkan.

4. Menggunakan Penyedot Debu Mini

gunakan penyedot debu mini

Alternatif lain untuk membersihkan keyboard laptop yang kotor adalah dengan menggunakan sebuah alat yakni penyedot debu.

Pastikan menggunakan penyedot debu berukuran kecil agar lebih mudah menjangkau debu kotoran pada keyboard. Selain itu, gunakan vacuum cleaner bertekanan rendah agar tidak merusak fungsi dari keyboard laptop itu sendiri.

5. Menggunakan Pengering Rambut

menggunakan pengering rambut

Alternatif lain cara membersihkan keyboard laptop yang macet yaitu menggunakan pengering rambut.

Sebelum menggunakan pengering rambut, pastikan keyboard laptop sudah dalam kondisi bersih untuk mengantisipasi kotoran terdorong masuk kembali ke dalam sela-sela keyboard.

6. Menggunakan Kuas Make Up Bekas

menggunakan kuas make up bekas

Punya kuas make up tidak terpakai? Jangan dibuang! Alat ini bisa digunakan untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada keyboard laptop.

Cara penggunaanya, usap secara perlahan bulu kuas pada keyboard laptop sampai kotoran hilang.

7. Mencabut Tombol Keyboard Laptop

congkel keyboard laptop

Cara ini ampuh untuk anda yang ingin membersihkan keyboard komputer secara total. Tetapi, lakukan cara ini apabila anda paham dengan resiko yang harus diambil.

Saya merekomendasikan untuk tidak melakukan cara ini sendiri. Serahkan kepada yang ahli, misalnya tukang servis laptop komputer atau minimal kepada orang yang paham.

Itulah cara membersihkan keyboard laptop agar terhindar dari debu dan kotoran. Selalu cek secara rutin kebersihan keyboard laptop anda agar nyaman ketika digunakan.