7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly untuk Pemula

By | Juli 5, 2019
cara membuat artikel 5/5 (2)

Siapa sih yang bisa menilai kualitas tulisan artikel website kita? pastinya adalah si pembaca. Tulisan kita dianggap berkualitas apabila menarik minat pembaca untuk membacanya. Ajak pembaca untuk menjelajahi setiap kata demi kata tulisan yang anda buat. Lalu, seperti apakah artikel yang berkualitas itu?

Sebuah artikel dikatakan berkualitas apabila memiliki kriteria sebagai berikut ini :

  1. Memberikan solusi permasalahan
  2. Tulisan dapat dijadikan rujukan
  3. Penulisan simple, padat, dan jelas
  4. Kepuasan pembaca adalah nomer 1
  5. Isi tulisan artikel sangat lengkap

Jika anda seorang penulis artikel website, wajib hukumnya untuk mengetahui cara membuat artikel yang berkualitas. Tanpa memiliki skill menulis dan terus menerus mengasah kemampuan untuk lebih baik lagi hal tersebut tidak akan tercapai.

Perlu diingat, membuat artikel tidak hanya bagi pembaca saja melainkan untuk mesin pencari. Jika anda seorang pebisnis, tentu akan membuat artikel yang disukai oleh mesin pencari agar bisnis yang sedang dijalankan mendapat trafik serta meningkatkan penjualan produk.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL SEO UNTUK PEMULA?

Saya sendiri sebagai seorang penulis artikel website, ketika akan memulai menulis artikel hal pertama yang ada di benak saya adalah “Bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas bagi pembaca?”. Hal tersebut penting untuk dipikirkan pertama kali karena, kita menulis artikel untuk pembaca. Di website, pembaca adalah raja. Oleh karena itu, muliakanlah pembaca dengan menyajikan tulisan artikel yang berkualitas dan tentunya menarik.

Nah, kali ini saya akan mengulas cara menulis artikel. Bagaimana saja caranya? Simak ulasan saya dibawah ini.

1. TENTUKAN PILIHAN TOPIK

Hal utama yang harus dilakukan ketika akan menulis artikel adalah menentukan pilihan topik. Usahakan untuk memilih topik yang banyak dicari saat ini. Misalnya “BISNIS ONLINE”. Pilihlah topik yang menarik perhatian pembaca untuk membacanya. Bisa juga dengan memilih topik yang anda kuasai, sehingga lebih mudah untuk membuat artikel.

Buat artikel semenarik mungkin dan harus unik beda dari yang lain. Contohnya : Daripada harus membuat judul artikel “CARA BERBISNIS ONLINE” lebih bagus untuk membuat judul yang menarik perhatian pembaca seperti “BEGINI CARA MUDAH BERBISNIS ONLINE YANG MENGUNTUNGKAN TANPA MODAL”.

Penulisan judul tersebut kira-kira yang mana berpeluang menarik perhatian pengunjung? Tentunya judul yang kedua. Menurut saya, orang indonesia sangat ingin tahu ketika baru melihat judul artikel saja padahal belum melihat isinya. Oleh karena itu, trik inilah yang banyak dipakai oleh penulis artikel website agar menarik minat pembaca.

Setelah judul kemudian adalah isi artikel. Selain memiliki judul yang menarik, penulis juga harus memperhatikan isi artikel. Pastikan judul dengan isi artikel sinkron, apabila tidak memiliki keterkaitan maka pembaca akan segera meninggalkan konten dan mengira bahwa artikel yang ditulis tersebut adalah HOAX! Nama penulis dan website akan tercemar, ngeri bukan?

Terkait panjang pendek tulisan artikel, tergantung masing-masing topik. Apabila topik tutorial yang kalian ambil, maka sedikit saja memberikan tulisan. Topik artikel lebih menitik beratkan kepada gambar pendukung tulisan. Jika topik kesehatan yang anda ambil, maka berikan penjelasan yang lengkap dan detail mengenai tulisan yang dibuat.

Setiap topik artikel memiliki target pembacanya sendiri. Anda harus bisa menyesuaikan gaya penulisan artikel dengan target pembaca. Untuk kalangan muda, buatlah artikel dengan bahasa yang gaul dan kekinian. Anak muda tidak suka artikel yang terlalu bertele-tele. Usahakan menulis artikel yang langsung menjurus ke inti permasalahan.

2. RISET KATA KUNCI (KEYWORDS)

Melakukan riset kata kunci sebelum membuat artikel adalah langkah awal yang penting. Bayangkan apabila anda menulis sebuah artikel tanpa mengetahui artikel ini untuk apa dan ditujukan untuk siapa. Sebelum melakukan riset kata kunci, ketahui terlebih dahulu niche blog anda apa. Setelah itu, tinggal sesuaikan kata kunci yang ingin dibidik dengan niche blog anda.

Beberapa tools gratis maupun berbayar yang dapat anda gunakan untuk riset kata kunci adalah sebagai berikut :

  1. Google Keyword Planner
  2. Google Trends
  3. Google Suggest
  4. Ubersuggest
  5. Keywordtool.io
  6. Google Analytics
  7. Bing Webmaster Tool
  8. Google Search Console
  9. Moz
  10. Ahrefs
  11. dan masih banyak lagi.

Cara untuk riset keywords pun sangat mudah. Anda hanya perlu memasukan kata yang ingin dijadikan keywords, lalu tools diatas akan menyesuaikan dengan kata kunci yang banyak dicari di mesin pencari google. Langkah selanjutnya, anda tinggal melakukan analisa seperti, tingkat persaingan, tingkat paid iklan, dan volume pencarian per bulan.

Dimana letak kata kunci yang bagus untuk SEO?

Untuk letak keywords di artikel yang bagus untuk SEO, menurut pendapat saya adalah pada Tittle Tag, URL, dan Meta Deskripsi. Ketiga itu merupakan komponen yang digunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi mengenai artikel yang anda buat.

Sedikit tips dari saya, rangkailah keywords di artikel dengan kalimat sehingga enak untuk dibaca pengunjung. Ingat pula, jangan menaruh keywords terlalu banyak dan tidak relevan dengan kalimat. Hal tersebut akan mengundang penalti dari Google karena dianggap melakukan spam kata kunci.

3. Gunakan Internal Link dan Eksternal Link

Dalam penulisan artikel website, perlu sekiranya untuk menambahkan link internal dan link eksternal. Fungsi dari kedua bentuk link tersebut adalah memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai masalah yang dibahas pada artikel. Jadi, sebuah artikel dapat ditunjang dengan artikel relevan yang lain.

Lalu apa itu Internal Link dan Eksternal Link?

Internal Link adalah link yang menuju ke halaman artikel blog anda sendiri yang relevan dengan pembahasan. Sedangkan untuk Eksternal Link adalah link yang menuju ke halaman artikel blog lain. Kedua jenis link ini memiliki fungsi yang sama, yakni untuk memudahkan pembaca dalam mencari referensi yang lebih.

Link Internal memiliki fungsi untuk mencari referensi kata yang relevan ke artikel lain pada blog anda. Sehingga pembaca betah untuk berlama-lama di blog anda untuk mencari referensi artikel yang ingin dicari. Hal ini bagus untuk SEO karena salah satu komponen dasar seo yakni persentase bounce rate yang kecil.

Jika link internal untuk menautkan referensi artikel lain yang ada di blog anda, untuk Link Eksternal berfungsi untuk meyakinkan pembaca bahwa artikel yang anda tulis berdasarkan sumber yang jelas. Sumber ini tentunya berada diluar dari blog anda. Misalnya sumber dari Wikipedia.

4. Perhatikan Komponen Artikel

Membuat artikel yang berkualitas tidak hanya mengenai penulisan, melainkan juga hal lain yang berguna untuk mengoptimasi artikel agar mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari Google.

Apa saja komponen yang penting dalam artikel?

  1. URL
  2. Judul Artikel
  3. Heading

Mari kita bahas ketiga komponen artikel diatas!

Yang pertama adalah URL. Setiap kita membuat artikel, pasti akan muncul URL otomatis seperti ini https://www.namadomain.com/tutorial-merawat-handphone-huawei-dengan-mudah-dan-lengkap

Apakah struktur url diatas bagus menurut mesin pencari? tidak. Mengapa demikian? karena url yang terlalu panjang sangat tidak disarankan oleh Google. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel mengenai struktur url yang seo friendly menurut Neil Patel (pemilik situs Ubersuggest).

Selanjutnya adalah Judul Artikel. Buatlah judul mengenai artikel yang anda tulis semenarik mungkin. Pembaca akan lebih mudah tertarik dengan artikel anda hanya dengan melihat judul. Ingat! Jangan buat judul yang tidak ada kesesuaian dengan isi konten.

Jangan lupa pula untuk menempatkan kata kunci yang telah anda riset tadi ke dalam judul. Karena menurut situs AOK Marketing, menempatkan kata kunci pada judul artikel sangatlah direkomendasikan.

Begini bunyi artikelnya “Including your primary keyword at least once on the page title is highly recommended. This is because the page title holds a lot of authority. Since it is the first thing that a potential reader is likely to notice on the SERP, your keyword mentioned in the title needs to be highly relevant and genuine so that the searcher feels compelled to click on it. Further, search engines also analyze and assess the title when ranking results on their page as the title of your article signals search engines regarding what the content is about. “

Yang terakhir adalah Heading. Selain menaruh fokus kata kunci pada judul artikel, hal yang tidak kalah penting adalah menempatkan kata kunci pada masing-masing heading. Tetapi, perlu anda garis bawahi sekali lagi jangan menempatkan keywords yang terlalu banyak. Hal tersebut akan mengundang penalti dari Google. Saran saya, tempatkan kata kunci pada heading dengan wajar.

5. Optimasi Gambar Penunjang

Memasukan gambar dalam postingan artikel sangat bagus agar pengunjung bisa lebih memahami topik yang disampaikan secara visual. Namun, dari segi seo sangatlah kurang jika hanya dengan memasukan gambar ke dalam artikel saja.

Terdapat beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam mengoptimasi gambar agar artikel lebih bagus di mata mesin pencari. Apa saja langkah-langkah nya?

  1. Pastikan nama file gambar sesuai dengan Focus Keyword yang di bidik.
  2. Isi alt gambar dengan Focus Keyword yang di bidik.
  3. Perkecil ukuran gambar yang digunakan.

Langkah memperkecil gambar atau resize dapat anda lakukan secara online dengan mudah dan gratis sesuai dengan ekstensi file gambar yang digunakan melalui situs berikut ini :

6. Perhatikan Panjang Tulisan

Membuat artikel yang berkualitas dalam hal seo bukan hanya sekedar menulis secara singkat dan mengoptimasinya sesuai dengan cara-cara diatas yang telah saya jelaskan diatas. Tetapi, panjang sebuah artikel memiliki pengaruh di mesin pencari.

Sebenarnya, panjang kata artikel sesuai dengan kemampuan anda menulis. Jika menginginkan konten berkualitas tinggi tentunya mau tidak mau harus menulis artikel yang panjang. Tidak hanya panjang melainkan juga berkualitas. Berkualitas misalnya kelengkapan isi konten penuh dengan penjelasan yang sangat rinci.

Hal yang demikian sangat bagus agar artikel bisa bersaing di papan atas mesin pencarian. Coba lihat sekarang ini, artikel-artikel yang nangkring di page one kurang lebih dibuat dengan 1000 kata+. Tetapi, kembali lagi kepada anda untuk apa artikel yang dibuat?

Menurut satu bahasan di Quora, sebelum tahun 2018 Google merekomendasikan setidaknya 700 – 800 kata untuk setiap artikel. Sekarang, jumlah kata yang ideal agar bisa bersaing di page one Google Search adalah antara 2000 – 2200 kata.

7. Promosikan Artikel

Setelah mengetahui cara membuat artikel yang bagus, berkualitas, dan SEO Friendly anda di hadapkan pada cara terakhir yakni dengan mempromosikan artikel yang telah anda buat tadi. Hal ini penting, meskipun mendapatkan link yang mengarah ke artikel kategori no follow, tetapi setidaknya Google menyukai jika ada artikel yang menjangkau media sosial.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan jangkauan pengunjung yang lebih luas apabila membagikan ke media sosial seperti facebook. Carilah grup-grup yang relevan dengan niche artikel anda dan buatlah postingan semenarik mungkin agar anggota grup tertarik untuk membaca isi artikel anda.

Trafik yang dari media sosial bagus untuk SEO agar mendongkrak posisi artikel dengan kata kunci yang di bidik menjadi lebih baik. Perlu diingat pula, jangan melakukan spam grup. Karena akan terkena Share Banning URL oleh pihak Facebook. Share seperlunya dan berikan jeda waktu beberapa jam atau hari.

CONTOH ARTIKEL SEO FRIENDLY

Berikut ini adalah salah satu contoh artikel buatan saya yang telah menduduki peringkat teratas mesin pencari dengan kata kunci “Komponen Dasar SEO” meskipun kata kunci yang saya bidik tidak terlalu banyak dalam hal jumlah pencarian bulanan oleh pengunjung, setidaknya saya telah mencontohkan kepada anda artikel yang seo friendly itu seperti apa.

Detail halaman bisa anda cari di Google.co.id dengan mengetikan kata kunci “Komponen Dasar SEO” dan coba amati tulisan tersebut.

artikel yang berkualitas

KESIMPULAN

Oke cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara menulis artikel yang ramah bagi mesin pencari (SEO Friendly). Tetap perhatikan komponen seo diatas agar artikel memiliki peluang untuk bersaing dengan blog lain dalam kata kunci yang diinginkan.

Ketelitian dalam menulis sangat dibutuhkan terutama apabila ingin artikel berada di halaman pertama mesin pencari dan mendapatkan banyak trafik organik yang sangat bagus untuk perkembangan blog anda kedepannya. Setelah membaca artikel ini, semoga anda menjadi semakin baik dalam hal menulis konten artikel untuk blog anda.

Semoga tetap Sukses selalu!

Berikan Rating

Author: Arga Eryzal P

Seorang PART-Time Blogger, fokus kepada Penulisan Artikel tutorial dan bisnis.

6 thoughts on “7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly untuk Pemula

  1. bisnispro

    pembahasan yang menarik, semoga sy bisa menerapkan di blog sy.
    thanks Hu

    Reply
    1. Arga Eryzal P Post author

      terimakasih apresiasinya, silahkan diterapkan diblognya.. semoga membantu 🙂

      Reply
  2. Ari Wibowo

    Sempat meninggalkan blog, lalu mulai kembali dari nol. Sekarang ini pokoknya nulis saja, belum kepikiran SEO dan segala macam :). Salam kenal.

    Reply
    1. Arga Eryzal P Post author

      Semangat terus mas ari wibowo.. lupakan SEO, fokus nulis dulu saja. Salam kenal jg 🙂

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.