Cara Membuat Halaman Disclaimer untuk Blog

Bagaimana cara membuat halaman disclaimer di blog dengan benar? Sebelum itu, anda harus mengerti terlebih dahulu tentang apa itu disclaimer dan seberapa penting disclaimer untuk keperluan blog. Artikel ini akan membagikan langkah demi langkah.

Jika membuat blog yang hanya berisi catatan atau sekedar curahan hati, maka artikel ini tidak harus anda baca sampai akhir. Namun apabila anda memiliki blog yang ingin dimonetisasi untuk Google Adsense, membuat halaman disclaimer di blog itu sebuah kewajiban.

Selain membuat kebijakan privasi, halaman kontak, halaman tentang kami di blog, seorang blogger juga membutuhkan halaman disclaimer. Hal tersebut bukan tanpa tujuan, melainkan agar website yang dibuat memiliki kesan profesional.

APA ITU DISCLAIMER?

Disclaimer (pernyataan penangkalan) adalah sebuah halaman yang berisikan pernyatan yang mengatakan bahwa segala konten yang ada di blog anda itu hanya sebatas informasi. Anda tidak menjamin kelengkapan informasi, kebenaran konten, dan ketepatan informasi tersebut.

Sebenarnya disclaimer itu antara penting atau tidak. Anda hanya akan membutuhkan sebuah halaman disclaimer jika ada urusan yang penting seperti ketika akan mendaftar Google Adsense. Meskipun kebanyakan orang tidak membaca disclaimer tersebut, tetapi saran saya sebuah blog tetap harus memilikinya.

Halaman disclaimer biasanya dipasang pada navigasi, sidebar, atau footer blog tergantung pemilik blog tersebut mau dipasang disebelah mana. Yang terpenting adalah ketiga halaman ini (Privacy Policy, Disclaimer, Contact Us) terpasang di blog dengan benar.

CARA MEMBUAT HALAMAN DISCLAIMER DI BLOG DENGAN MUDAH

disclaimer generator

Secara umum, anda bisa membuat halaman disclaimer sendiri secara manual menyesuaikan isi konten blog. Tetapi jika tidak ingin bersusah payah, anda bisa membuat halaman tersebut menggunakan Disclaimer Generator.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat halaman disclaimer otomatis di blog :

  1. Buka Website Disclaimer Generator disini.
  2. Kemudian silahkan mengisi informasi situs yang dibutuhkan pada form yang tersedia.
  3. Jika sudah selesai mengisi informasi situs, selanjutnya klik Generate Disclaimer.
  4. Anda akan mendapatkan sebuah kode HTML dari disclaimer yang telah dibuat tadi.
  5. Kode html siap dipasang di laman.

Format bahasa yang digunakan di situs disclaimer generator tersebut menggunakan bahasa inggris. Anda diperbolehkan untuk merubahnya kedalam bahasa Indonesia. Selain digunakan untuk membuat halaman disclaimer, anda juga bisa membuat Privacy Policy atau Kebijakan Privasi.

CARA MEMASANG HALAMAN DISCLAIMER DI BLOGSPOT

  1. Masuk ke akun blogger.
  2. Pilih menu laman dan klik buat laman baru.
  3. Tulis judul laman “Disclaimer” kemudian tempelkan kode html yang sudah anda salin diatas tadi.
  4. Cek url halaman apakah sudah benar.
  5. Kemudian klik terbitkan.
  6. Selesai, silahkan lihat di www.situsanda.com/p/disclaimer.html.

CARA MEMASANG HALAMAN DISCLAIMER DI WORDPRESS

  1. Masuk ke Dashboard WordPress.
  2. Cari menu Laman di bilah samping kiri, lalu klik tambah baru.
  3. Beri judul “Disclaimer” dan tempelkan kode html disclaimer tadi ke dalam visual editor page.
  4. Saya ingatkan lagi, cek url laman disclaimer apakah sudah benar.
  5. Langka terakhir, klik publikasikan.
  6. Selesai, disclaimer dapat anda lihat di www.situsanda.com/disclaimer.

Demikian cara membuat halaman disclaimer di blog, baik itu blogspot atau wordpress. Kini blog anda sudah bisa menampilkan sebuah laman disclaimer dan siap untuk diajukan pendaftaran Google Adsense atau program periklanan yang lain.

Semoga bermanfaat!.

Share on:
About Arga Eryzal P

Semangat berbagi Ilmu Pengetahuan kepada Sesama Manusia untuk Meningkatkan mutu SDM Indonesia yang Unggul di Era Digitalsisasi. Kerjasama Bisnis : admin@ngeblogbareng.com

Tinggalkan komentar