7 Cara Membuat Judul Blog yang Menarik

Judul blog merupakan salah satu komponen yang penting untuk meningkatkan kunjungan menuju blog. Mengapa demikian? Karena judul merupakan komponen pertama yang dilihat oleh pengunjung ketika ingin mencari informasi dan ini akan menjadi daya tarik tersendiri agar pengunjung membaca keseluruhan isi artikel.

Berikut ini akan saya sampaikan bagaimana cara membuat judul blog yang menarik minat pengunjung untuk membaca keseluruhan isi artikel dan mendatangkan trafik menuju blog kita.

1. Pro dan Kontra

Konsep pertama yang akan kita bahas yaitu pembuatan judul yang mengandung pro dan kontra. Konsep ini merupakan konten yang jelas dan mudah untuk dibahas. Konsep utamanya adalah tentang perbandingan positif dan negatif mengenai suatu kasus. Misalnya, membandingkan keunggulan dan kelemahan produk atau layanan tertentu.

Untuk bisa membuat judul pro dan kontra, kita bisa menggunakan beberapa trik pertentangan atau perbandingan. Misalnya, “Kelebihan dan Kekurangan menggunakan WordPress” , “Dampak Positif dan Negatif menggunakan VPS” , “Studi Kasus : WordPress vs Blogspot” ,  dan lain sebagainya.

2. Kata “Cara” dalam Judul

Dilihat dari namanya saja, orang sudah pasti tahu artikel ini akan membahas mengenai tips, cara, tutorial, atau panduan. Dengan demikian isi artikel harus mengandung sebuah prosedur atau instruksi. Begitu pula isi artikel harus menjelaskan dengan detail mengenai prosedur atau instruksi yang dijelaskan.

Contoh judul yang bisa kita buat adalah “Cara Membuat Artikel untuk Pemula” , “Panduan Sukses Belajar Membuat Website” , “Tutorial Mengamankan Akun Instagram” ,  “Tips Mudah Lolos Mengahadpi Tes SBMPTN” , dan lain sebagainya.

3. Kisah Sukses dari Orang Terkeal

Membagikan sebuah kisah sukses dari orang terkenal mampu menjadi daya tarik tersendiri pada artikel. Orang akan sangat memiliki interest jika membaca judul artikel blog yang mengandung kisah sukses dari orang terkenal yang sudah professional atau sahabat imers menyebut Mastah.

Contoh Judul Artikel Blog yang mengandung kata seperti diatas adalah “Kisah Sukses Mas Sugeng : Menghasilkan 100jt / bulan dari Adsense” , “Kisah Sukses Mas Yuyun : Profit Besar dari Penjualan Theme” , “Pengalaman SEO dari Seorang Master SEO Ternama” , dan lain sebagainya.

4. Kata “Rahasia” di Judul

Konsep ini sebenarnya hampir sama dengan nomor 3, akan tetapi yang membedakan adalah disini buka rahasia sedangkan nomer 3 tadi kisah suksesnya. Kata rahasia sudah tentu membuat setiap orang penasaran untuk melihat isi artikel. Meskipun setelah dibuka, sepertinya rahasia tersebut sudah menjadi hal yang umum.

Namun faktanya, kata rahasia tersebut masih menjadi jurus ampuh untuk mengundang klik pembaca. Tetapi ingat, jangan sampai mengecewakan mereka yang telah membuka artikel akan tetapi judul tidak sesuai dengan isi artikel. Hal tersebut akan membuat orang kabur meninggalkan blog kita.

Contoh Judul Artikel yang mengandung unsur Rahasia adalah “Rahasia Mas Sugeng Menghasilkan 100jt/bulan hanya dari Ngeblog”, “Rahasia Mas Herman Yudiono dalam Meningkatkan Kunjungan Blog” , “Rahasia SEO yang Pasti Belum Anda Ketahui Sebelumnya” , dan lain sebagainya.

5. Jangan Terlalu Menjual

Jangan membuat judul blog yang terlalu banyak menjual. Artinya, judul blog yang dibuat jangan sampai tidak sama dengan isinya alias (ClickBait). Hal tersebut bersifat negatif dan sangat mengganggu bagi pembaca blog. Pengguna internet pasti sangat tidak suka yang antara judul dan isi tidak sama atau malah membingungkan.

Pengguna mengunjungi blog anda atau mengklik artikel anda karena mereka menginginkan suatu informasi yang kredibel dan valid. Jika anda menyajikan judul artikel yang manis dan isinya pahit maka dengan sekejap pengunjung akan banyak yang kabur. Hal tersebut yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung.

6. Gunakan Kata Kunci

Cara membuat judul blog yang baik adalah dengan menggunakan kata kunci didalamnya. Jika anda sudah memiliki blog, tentu sudah familiar dengan istilah kata kunci atau keywords. Kata kunci digunakan untuk mengetahui apa yang pengguna internet pikirkan. Oleh karena itu, gunakan kata kunci di judul blog agar lebih efisien.

Dan jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat judul blog. Selain itu, kata kunci yang dimasukan harus secara natural alias tidak dipaksakan masuk ke dalam kalimat. Dengan begitu, anda akan terbantu dengan penempatan kata kunci yang baik untuk mendongkrak seo onpage dan menghasilkan trafik kunjungan.

7. Latihan Menulis Judul Blog

Cara membuat judul blog yang menarik minat pengunjung yang terakhir adalah latihan!. Tentu anda pernah mendengar istilah “practice makes you perfect”, semakin sering latihan maka kemampuan menulis judul blog akan semakin mahir.

Coba sisihkan sekitar 10 menit dalam 1 hari untuk melatih kemampuan anda menulis judul blog. Ketika bingung ide menulis, bacalah koran, artikel, jurnal, atau sumer-sumber tulisan yang lain sebagai referensi. Atau jika anda memiliki metode menulis lain yang efektif yang sekiranya lebih cocok dengan karakteristik anda ya silahkan, yang terpenting anda melakukannya dengan rutin sampai bisa.

Nah itulah 7 cara membuat judul blog yang menarik minat pengunjung. Selain menulis judul, blog anda akan lebih baik lagi dengan menggunakan Top Level Domain agar terlihat lebih profesional.

Share on:
About Arga Eryzal P

Semangat berbagi Ilmu Pengetahuan kepada Sesama Manusia untuk Meningkatkan mutu SDM Indonesia yang Unggul di Era Digitalsisasi. Kerjasama Bisnis : admin@ngeblogbareng.com

Tinggalkan komentar