Cara Membuat Kartu Nama Bisnis yang Menarik menggunakan Microsoft Word

Cara membuat kartu nama sering dicari oleh mereka yang ingin membuat kartu nama sendiri. Kartu nama memang cukup penting untuk dimiliki karena digunakan sebagai branding, profesionalitas, ataupun profil pribadi dan perusahaan.

Dengan kartu nama, Anda dan perusahaan akan terlihat professional di mata calon klien. Selain itu, kartu nama yang bagus juga bisa menarik minat klien untuk melihat profil Anda dan perusahaan.

Cara Membuat Kartu Nama Bisnis yang Menarik menggunakan MS Word

Berikut Ini Cara Membuat Kartu Nama Menggunakan Microsoft Word :

1. Menyiapkan File

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan file dengan memilih ukuran costum untuk kartu nama. Caranya yaitu dengan memilih menu Layout > sub menu Size > pilih More Paper Size. Setelah itu ubah ukuran Width/Lebar menjadi 2.4 inches atau 9.6 x 6.1 centimeters. Kemudian ubah juga Height/Tinggi menjadi 3.78 inches.

Ukuran tersebut akan membuat kartu nama yang tercetak nantinya memiliki ukuran  9 x 5.5 centimeters dengan bleed/pinggiran selebar 0.3 centimeters. Untuk membuat sebuah kartu nama bisnis, ukuran yang dimasukkan tersebut dinilai pas.

2. Membuat Bleed dan Margin

Cara membuat kartu nama selanjutnya adalah menentukan Bleed dan Margin yang akan diberikan pada kartu nama. Microsoft Word tidak memiliki fitur pengaturan Bleed sehingga Anda harus mengatur Bleed dan Margin secara langsung. Cara melakukannya yaitu dengan mengatur Margin menjadi 0.24 inches atau 0.6 centimeters.

3. Membuat Kartu Nama Bagian Depan

Pada tahapan ini, Anda akan membuat kartu nama terlihat lebih bagus sehingga menarik klien untuk melihatnya. Anda bisa menambahkan gambar latar belakang untuk membuat kartu nama lebih menarik. Namun pastikan ukuran gambar yang digunakan adalah 300 dpi agar gambar bisa terlihat bagus pada kartu nama Anda. Selanjutnya Anda bisa mendesain bagian lainnya dengan cara memilih menu Insert > sub menu Shapes > pilih Rectangle.

Untuk mempertahankan rasio gambar, Anda bisa menutupi area dengan menekan Shift dan gambar yang dipilih. Jika ingin menambahkan gambar seperti logo perusahaan Anda bisa memilih menu Insert > sub menu Picture > pilih Select Your Logo. Agar logo mudah dipindahkan dan diatur, klik kanan pada gambar kemudian Wrap Text > In Front of Text. Gunakan Text Box untuk menambahkan informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya.

4. Membuat Kartu Nama Bagian Belakang

Setelah selesai membuat bagian depan, selanjutnya Anda harus membuat kartu nama bagian belakang. Cara membuat kartu nama bagian belakang lebih mudah karena bagian belakang lebih simple dibandingkan bagian depan. Pada umumnya, bagian belakang kartu nama berisi informasi lengkap mengenai profil Anda dan perusahaan seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan informasi lainnya.

Pastikan menyisakan beberapa ruang di ujung agar kartu nama tidak terpotong saat dicetak. Margin yang aman paling tidak yaitu 0.6 centimeters pada setiap sisinya. Jadi jangan menulis atau meletakkan informasi penting terlalu dekat dengan batas agar tidak terpotong.

5. Simpan Kartu Nama

Setelah semua langkah selesai, Anda tinggal menyimpan file dalam bentuk PDF agar lebih mudah untuk dicetak. Caranya yaitu dengan memilih menu File > sub menu Save As > Tulis nama file yang Anda inginkan > Pilih jenis file PDF > Save.

Itulah cara membuat kartu nama yang menarik hanya dengan menggunakan Microsoft Word saja. Sekarang Anda bisa dengan mudah membuat kartu nama sendiri tanpa harus membelinya pada desainer grafis. Semoga informasi yang diberikan mudah dipahami dan dapat membantu Anda dalam membuat kartu nama.