Cara Mempercepat Loading Blog dibawah 3 detik

Tips cara mempercepat loading blog wordpress, ketika memulai terjun di dunia bisnis online langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat website. Performa, kecepatan, ringan saat diakses, dan design profesional menjadi kewajiban.

Jika tidak paham mengenai cara optimasi situs wordpress, kecepatan loading website akan lambat dan berat. Inilah salah satu faktor penyebab blog sulit berkembang.

Kabar baik untuk semua, platform blog wordpress lebih mudah untuk dioptimasi / ditingkatkan kecepatan memuatnya. Dengan cara apa? Memilih hosting yang bagus dan theme yang simple ringan.

Studi Kasus : Masalah Kecepatan Loading Website

Ada pengunjung yang mencari informasi melalui mesin pencari. Kemudian tertarik kepada salah satu URL yang muncul di pencarian teratas. Dia klik situs tersebut dan menunggu hampir 15 detik (website lambat) agar situs terbuka dengan sempurna.

Tahukah kalian apa yang terjadi selanjutnya? Visitor tersebut langsung close dan mencari website lain yang bisa diakses dengan cepat. Rugi besar!!!.

Sekarang ini, speed loading website merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam teknik seo. Google tidak akan merekomendasikan artikel dari website yang memiliki kecepatan akses diatas 3 detik.

Tes Speed Website

Tools cek kecepatan website yang digunakan dalam studi kasus ini adalah Pingdom karena support negara Asia + Detail Report, jika ingin menguji blog target luar negeri, gunakanlah tools GT Metrix : https://gtmetrix.com.

speed test loading website

Keterangan :

  • Tools : Pingdom.
  • Lokasi server : Asia – Tokyo – Japan (target user indonesia).
  • Waktu test : lakukan 3x percobaan untuk menguji speed.

Hasil test speed blog 1.2 detik (sudah termasuk Script Google Adsense & Analytics).

Fokus kepada Load Time. Untuk grade performance hanya opsional saja.

Pentingkah Kecepatan Loading Website?

Betul, sangat penting!. Coba bayangkan kalian menjadi user, visitor dan menemukan website yang memiliki loading lambat. Apa yang kalian lakukan? CLOSE!!!.

Persepsi masalah bukan ada pada akses jaringan internet, melainkan kepada speed loading website.

Sebagai pelaku bisnis online tentu saja akan rugi. Berapa banyak visitor yang kabur hanya gara2 masalah loading website. Disini user akan kecewa dan segera menutup blog tersebut.

Speed loading website dikatakan cepat apabila memiliki durasi kurang dari 3 – 5 detik. Lebih dari itu sudah pasti sangat lambat diakses.

Jika website tidak memiliki kecepatan yang optimal, kesan dari pengunjung yang kabur adalah buruk!. Selain itu, robot crawl google juga akan menganggap website tidak kompeten dalam melayani pengunjungnya. Akhirnya trafik anjlok!.

Manfaat Loading Website Ngebut

Memiliki kecepatan akses website yang cepat sangat bagus bagi pengunjung maupun mesin pencari. Dari sisi pengunjung menunjukan bahwa situs website yang dikelola optimal sangat kredibel dimata visitor.

Untuk sisi mesin pencari akan meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) di posisi atas. Artikel dari blog yang fast loading biasanya lebih cepat terindex.

Faktor Penyebab Website Lemot

Kenapa website lemot ketika diakses? Setidaknya terdapat 10 faktor yang menyebabkan website wordpress lambat diakses. Antara lain :

  1. Salah memilih hosting.
  2. Space hosting penuh.
  3. Size website terlalu besar. (HTML,JS,CSS,Gambar,dan script lain).
  4. Salah pilih theme wordpress.
  5. Penggunaan widget dan plugin berlebihan.
  6. Ada konten flash / animasi.
  7. Tidak menggunakan fitur cache (baik plugin maupun server).
  8. Tidak menggunakan litespeed web server.
  9. Terlalu banyak load external script : Adsense, Analytics, Histats, dll.
  10. Adanya malware atau virus.

Cara Mempercepat Loading Blog (Speed Wuzz)

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan bagaimana tips cara mempercepat loading blog agar lebih wuzz wuzz ketika diakses untuk pengguna wordpress self hosting.

Panduan Optimasi Speed Website

  • Sewa Shared Hosting / VPS Hosting dari penyedia terpercaya dan memiliki kualitas bagus. Jika ingin membeli hosting dengan harga yang murah dan memiliki kualitas baik, saya sarankan menggunakan hosting Gapurahoster.
  • Pilih theme wordpress yang ringan dan seo friendly. Saya merekomendasikan untuk menggunakan Iconic One Pro dari themonic.
  • Kompress gambar blog sebelum upload, atau bisa menggunakan plugin TinyPNG.
  • Jangan gunakan page builder seperti Divi, Elementor, WP Bakery, dll. Itu akan memperberat kinerja server hosting.
  • Remove widget yang tidak diperlukan. (Saran : search bar & recent post).
  • Buat website jadi lebih ringan menggunakan plugin cache : WP Fastest Cache.
  • Optimasi tambahan : gunakan plugin Autoptimize. (compress code html, css, dan js).
  • Optimasi ping time : Gunakan Cloudflare CDN (versi gratis).
  • Gunakan SSL Certificate agar valid HTTPS. (segi keamanan).
  • Jika diperlukan, gunakan plugin AMP (Accelerated Mobile Pages).

KESIMPULAN

Pada dasarnya kecepatan memuat website dapat dirasakan jika dibuka manual lewat browser. Skor pada GT Metrix dan Google Pagespeed Insight tidak menjadi patokan website tersebut dikatakan memiliki loading ngebut.

Jika menggunakan wordpress self host, mau tidak mau harus merogoh kocek untuk membeli theme dan plugin yang dibutuhkan. Untuk plugin bisa menggunakan plugin gratisan yang tidak kalah powerfull. Tinggal sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Hosting merupakan faktor #1 penentu speed website. Oleh karena itu, pilihlah hosting yang berkualitas dari segi server maupun costumer service.

Sekian panduan cara mempercepat loading blog dari saya. Semoga bermanfaat.