Cara Menambahkan Expires Headers untuk Optimasi WordPress

Membahas mengenai optimasi kecepatan loading wordpress, tentu sudah tidak asing lagi tentang expires headers. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan memuat website, salah satunya adalah dengan cara menambahkan expires headers.

Expires Headers memiliki peran yang sangat penting dari segi SEO (Search Engine Optimization). Website yang memiliki halaman yang dimuat cepat (dibawah 2 detik) biasanya memiliki peringkat lebih baik di halaman pencarian google.

Pertanyaan mendasar yang mungkin ada di benak anda saat pertama kali mendengar istilah expires headers adalah Apa itu expires headers?, Mengapa sangat penting?, Bagaimana cara melakukannya?. Untuk memahami hal tersebut, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengerti tentang Browser Caching.

Apa Itu Expires Headers?

Expires Headers adalah sebuah mod yang menyajikan konten versi cache kepada pengunjung website.

Jika sudah melewati masa kadaluwarsa, browser akan mengumpulkan kembali cache baru dari seluruh asset website anda (html, js, css) dan kemudian ditampilkan lagi kepada pengunjung dalam jangka waktu seperti sebelumnya.

Fungsi dari Expires Headers

Fungsi utama dari expiring cache adalah mengatur cache untuk menentukan tanggal kadaluwarsa semua file statis yang berada di halaman website, Sehingga browser menggunakan cache tersebut ketika akan diminta di kemudian hari.

Bagaimana Browser Caching Mempengaruhi Kecepatan Memuat Website?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama kita akan mengunjungi GT Metrix dan melakukan tes kecepatan loading website menggunakan tool tersebut untuk menganalisis website.

Kemudian anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.

optimasi gt metrix add expires headers

Dari gambar diatas anda bisa melihat Rekomendasi Optimasi dari GT Metrix yang mana harus melakukan Leverage Caching Browser.

Setiap website memiliki file statis berupa HTML, Javascript, dan CSS. File-file tersebut tidak berubah secara berkala yang berarti jika anda membuka halaman tersebut kemarin maka akan meminta untuk dimuat lagi hari ini, dan file yang sama akan di unduh lagi ketika diminta setiap saat.

Browser menggunakan cache tersebut untuk mengurangi jumlah permintaan HTTP sehingga kecepatan memuat halaman anda lebih cepat dari biasanya. Istilah gampangnya adalah expires headers mengatur masa aktif cache pada browser pengunjung.

Cara Menambahkan Expires Headers di WordPress

Terdapat 2 cara menambahkan expires headers di wordpress, yaitu dengan setting .htaccess di Apache Web Server dan Menambahkan kode di Server Block NginX.

1. Add Expires Headers di Apache Web Server

add expires headers di apache web server

Menambahkan Expire Header (Expiring Cache) dapat dilakukan dengan cara menambahkan kode dibawah ini ke file .htaccess Apache Web Server.

## EXPIRES CACHING ##
<IfModule mod_expires.c>
ExpiresActive OnExpiresByType image/jpg "access 1 year"
ExpiresByType image/jpeg "access 1 year"
ExpiresByType image/gif "access 1 year"
ExpiresByType image/png "access 1 year"
ExpiresByType text/css "access 1 month"
ExpiresByType application/pdf "access 1 month"
ExpiresByType text/x-javascript "access 1 month"
ExpiresByType application/x-shockwave-flash "access 1 month"
ExpiresByType image/x-icon "access 1 year"
ExpiresDefault "access 29 days"
</IfModule>
## EXPIRES CACHING ##

Waktu expires caching saya set default ke 29 hari atau 1 bulan. Settingan ini tidak harus dijadikan patokan. Apabila anda menggunakan website yang cenderung merubah konten static maka perlu settingan default diperkecil dan sebaliknya apabila website tidak banyak perubahan pada konten static maka bisa disamakan atau diperbesar.

Apabila website anda menggunakan Content Delivery Network (CDN), bisa menambahkan settingan dibawah ini ke file .htaccess di cpanel.

# Disable ETags

<IfModule mod_headers.c>

Header unset ETag

</IfModule>

FileETag None

2. Add Expires Headers di NginX Web Server

nginx web server tweak

Tidak seperti Apache Web Server yang menggunakan .htaccess untuk add expires headers, di NginX anda harus melakukannya dengan salin dan tempel kode dibawah ini ke Server Block.

location ~* \.(js|css|png|jpg|jpeg|gif|svg|ico)$ {

 expires 30d;

 add_header Cache-Control "public, no-transform";

}

3. Add Expires Headers dengan Plugin

Sebenarnya saya sangat menghindari ketergantungan dari plugin untuk masalah yang sederhana ini. Tetapi, semua tergantung pilihan mungkin beda orang beda keinginan dan ada orang yang menginginkan untuk tidak ingin ribet dan cari jalan cepat, salah satu caranya adalah dengan install plugin.

Kabar baiknya, ada banyak plugin yang bisa anda gunakan untuk menambahkan Expires Caching di WordPress, berikut ini adalah beberapa rekomendasi dari saya :

Leverage Browser Caching Plugin

leverage browser caching

Plugin ini melakukan pengaturan expires dan cache_control secara otomatis ke web server anda. Hanya butuh install dan aktivasi, website anda sudah teroptimasi.

WP Rocket Plugin

plugin cache wp rocket

Jika kamu ingin menggunakan plugin cache premium, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan WP Rocket. Mulai dari $49 per tahun untuk 1 website anda sudah bisa merasakan fitur seperti gzip compression, cdn, browser caching, expires headers, lazy loading, dan lain-lain.

Dan anda tidak perlu untuk melakukan pengaturan pada file .htaccess (100% tidak tersentuh). Jika anda sudah siap dengan segala kemudahan yang diberikan oleh plugin wp rocket, segera beli dan aktifkan pluginnya dan anda bisa merasa ada perbedaan yang cukup signifikan dari segi load timrse.

Kesimpulan

Leverage Browsing Cache merupakan salah satu langkah untuk melakukan optimasi kecepatan loading wordpress. Tetapi, anda harus melakukan langkah demi langkah seperti diatas dengan benar untuk melihat hasilnya.

Di artikel ini, anda bisa belajar bagaimana cara optimasi speed wordpress menggunakan expires headers, caching_control ke web server. Dan juga bisa menggunakan beberapa plugin rekomendasi seperti leverage browsing cache dan wp rocket.

Sekian cara menambahkan expires headers di wordpress dari saya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share on:
About Arga Eryzal P

Semangat berbagi Ilmu Pengetahuan kepada Sesama Manusia untuk Meningkatkan mutu SDM Indonesia yang Unggul di Era Digitalsisasi. Kerjasama Bisnis : admin@ngeblogbareng.com

Tinggalkan komentar