8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

By | Juli 7, 2019
cara mendapatkan uang dari internet 5/5 (3)

Banyak orang mencari cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal alias gratisan. Nah apakah benar bisa seperti itu? Saya akan membongkar semua cara yang dilakukan oleh para pencari uang yang mengandalkan internet.

Mungkin pertanyaan pertama yang terlintas dibenak anda jika mendengar istilah “Bisnis di Internet” adalah Berapakah jumlah uang yang bisa dihasilkan dari Internet?.

Seberapa banyak jumlah uang yang dapat dihasilkan dari internet tergantung usaha dan konsistensi kita dalam menjalankan modal awal usaha. Semakin rajin, maka penghasilan yang bisa didapatkan dari internet akan semakin besar. Berlaku sebaliknya.

Perlu diingat, untuk bisa mendapatkan uang dari internet tidak bisa dengan cara yang instan. Apalagi jika ada yang menawarkan anda tips atau trik bisnis online yang menghasilkan dalam semalam itu hanya bahasa marketing saja, Lebih baik, hindari promo-promo seperti itu.

Pada artikel ini, saya merangkum semua cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal di tahun 2019 ini yang bisa dipraktekan sendiri.

cara mendapatkan uang dari internet

Hal yang harus disiapkan

Loh mas, katanya tanpa modal alias gratisan?

Tidak ada hal didunia ini yang gratis, ke toilet umum aja bayar apalagi untuk mencari uang melalui internet. Sebelum memulai cara mendapatkan uang dari internet, ada beberapa hal yang harus anda siapkan.

Berikut ini adalah hal yang harus anda siapkan sebelum memulai mencari uang lewat internet :

1. Perangkat

Perangkat yang dimaksud disini adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengakses internet. Terdapat 2 pilihan, yakni menggunakan Laptop/PC atau Handphone. Saya lebih menyarankan handphone karena praktis.

2. Koneksi Internet

Koneksi internet merupakan kebutuhan utama dalam mencari uang. Anda membutuhkan internet untuk terhubung ke jaringan koneksi intenet global. Koneksi internet ibarat makanan wajib masyarakat indonesia, yaitu Nasi.

3. Akun Email

Memiliki alamat email adalah hal yang wajib anda miliki ketika akan mencari cara untuk mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Fungsi dari email sendiri untuk memudahkan anda dalam mendaftar dan verifikasi.

Misalnya jika anda mendaftar instagram. Maka email konfirmasi akun instagram yang telah anda buat akan dikirimkan melalui email.

4. Rekening Bank

Karena tujuan anda adalah mendapatkan uang dari internet, maka pembayaran dari internet akan dikirimkan melalui bank. Ini akan sangat memudahkan anda jika sekaligus membuka rekening bank yang berbeda.

Sekarang, ada cara lebih mudah lagi yakni dengan menggunakan OVO atau DANA sebagai dompet virtual. Jadi, tidak perlu ribet untuk mengurus dan membuat rekening bank.

5. Pemahaman

Banyak sekali pilihan mendapatkan uang dari internet. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman yang baik agar sesuai dengan jenis bisnis yang digeluti.

Memahami bisnis yang sedang dijalankan akan meningkatkan peluang anda untuk sukses ke depan. Tidak hanya teori saja, melainkan juga praktek.

Misalnya, anda ingin mendapatkan uang dari internet melalui Google Adsense. Maka anda harus mempelajari apa itu google adsense. Jangan sampai tidak menguasai jenis bisnis yang akan dijalani, hal itu sangat tidak bagus untuk ke depannya.

Hal yang perlu dipahami dalam menjalankan Bisnis melalui Google Adsense adalah bagaimana anda mencari trafik untuk blog dan mempelajari teknik SEO agar artikel yang dibuat tampil di halaman pertama serta mendapatkan trafik yang banyak dari Mesin Pencari.

Beberapa Macam Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Berikut ini adalah beberapa macam cara yang dapat anda coba untuk mendapatkan uang dari internet.

1. dari Youtube

uang dari youtube

Saat ini siapa sih yang tidak mengenal situs video terbesar milik google ini? Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa saat ini sudah sangat akrab di telinga mereka. Kehadiran situs youtube sudah menggeser tayangan televisi. Kebanyakan orang mencari informasi atau sekedar mencari hiburan dengan menonton youtube.

Situs ini membuat orang yang dulunya biasa saja dan tidak terkenal menjadi kaya raya dan dikenal oleh banyak orang. Misalnya youtuber seperti Jess No Limit, Atta Halilintar, Ria Ricis, BANG ALEX, TRI SUAKA, dan masih banyak lagi. Modalnya hanya pede di depan kamera, begitulah cara mendapatkan uang dari Youtube.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Internet melalui Youtube?

Jawabannya sudah jelas, dari Google Adsense dan beberapa paid promote.

Sedikit saya jelaskan, misalnya anda memiliki channel youtube yang membahas seputar budidaya ikan, ketika channel anda mencapai jumlah subscriber atau views tertentu maka pengiklan akan datang dengan sendirinya menawarkan kerjasama paid promote.

Sementara itu, anda juga bisa menghasilkan uang melalui google adsense. Cara kerjanya bagaimana? Channel anda diharuskan mencapai jumlah subscriber dan views yang telah ditetapkan oleh pihak youtube. Ketentuan jam tayang adalah 4000 jam dan jumlah subscriber 1000.

Itupun channel anda sebelum bisa menampilkan iklan akan terebih dahulu di review oleh pihak youtube.

Pastikan membuat konten yang original dan menarik. Dengan begitu, channel anda berpeluang untuk diterima kerjasama iklan oleh Google Adsense. Perlu diketahui, memilih niche channel juga sangat penting. Contoh Niche Channel yang lagi booming adalah :

  1. Bermain Game (ML, FF, PUBG, DOTA 2, dll).
  2. Review Makanan
  3. Reaction Video

2. dari Instagram

uang dari instagram

Instagram merupakan media sosial yang paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet sekarang ini. Menurut data statistik pada bulan januari 2018, Indonesia merupakan negara pengguna terbanyak Instagram ke-3 di dunia dengan jumlah kurang lebih mencapai 57 juta pengguna dan terus akan meningkat. Yakin tidak mau memanfaatkan peluang ini?

Melihat data statistik yang demikian, rasanya tidak pas jika anda tidak terjun ke dunia Instagram. Media sosial ini lebih cepat booming daripada Youtube. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk meraup pundi-pundi rupiah melalui media sosial ini.

Bagimana cara mendapatkan uang dari Internet melalui Instagram?

  1. Endorsment
  2. Paid Promote
  3. Jualan

Perlu diketahui, disini tidak ada yang namanya Google Adsense. Ketiga cara tersebut yang banyak dilakukan oleh influencer terkenal dunia saat ini. Hanya dengan promosilah anda bisa mendapatkan keuntungan. Tetapi, tidak semudah itu melakukannya. Anda harus konsisten dalam menampilkan konten-konten yang menarik minat orang lain untuk mengikuti dan menyukai akun instagram anda.

Misalnya anda membuat akun instagram bertema-kan makanan. Maka pihak pengiklan yang berdatangan untuk menawarkan paid promote adalah pengusaha makanan. Tugas anda adalah mereview makanan yang disediakan lalu diupload di akun instagram anda. Setelah itu, uang akan dikirimkan oleh pengiklan tanda kerjasama telah berhasil.

Selain melalui endorsment dan paid promote, cara yang tidak kalah adalah berjualan. Yaps, pengguna Instagram di Indonesia yang mencapai puluhan juta akan berpeluang besar dalam mendapatkan uang dari Instagram. Apabila anda tidak memiliki produk sendiri, dapat membeli produk dari orang lain lalu menjualnya (reseller) atau tanpa stok barang pun anda juga bisa berjualan (dropshiper).

Contoh influencer yang mendapatkan Endorsment dan paid promote melalui media sosial Instagram adalah :

  1. Tanboy Kun (makanan)
  2. Ria Ricis (vlogger)
  3. BANG ALEX (Gaming)
  4. dan masih banyak lagi.

3. dari Blog

uang dari blog

Ngeblog adalah cara alternatif bagi anda yang ingin bekerja dari rumah dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua. Dari kegiatan ini, anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan daripada tidak bekerja sama sekali.

Meskipun membaca masih sangat kurang di Indonesia ini, peluang untuk mendapatkan uang melalui Ngeblog masih sangat besar.

Sama halnya dengan youtube yang menggunakan visualisasi video untuk menjelaskan konten, untuk blog anda harus membuat konten dalam bentuk tulisan. Ingat, bukan hanya sebuah tulisan yang di publish ke blog melainkan harus tulisan yang memiliki kualitas dan mampu menyelesaikan masalah si pembaca.

Jangan membuat tulisan yang berkualitas jelek dan tidak memberi manfaat bagi pembaca. Pastikan tulisan yang dibuat bebas dari plagiarisme. Konten yang terdeteksi plagiarisme akan otomatis ditendang dari mesin pencarian. Meskipun banyak yang membuat tulisan copy paste malah memiliki SERP lebih baik daripada tulisan aslinya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat blog menjadi ladang rupiah. Misalnya seperti Content Placement, Paid Review, Affiliate, Jualan, dll.

Saya bisa menulis artikel panjang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog ini? anda bisa memposting di blog dan berharap tulisan anda berada di SERP yang bagus. Untuk dapat tampil di halaman pencarian teratas google, anda harus belajar apa itu SEO (Search Engine Optimization).

Sebenarnya, cara mendapatkan uang dari kegiatan ngeblog ini lebih susah dibandingkan dengan Instagram dan Youtube. Karena, disini anda harus memiliki kemampuan khusus dalam bidang SEO. Untuk belajar SEO tidak bisa dalam semalam, melainkan secara konsisten dan terus diasah.

Pilihan Niche blog juga berpengaruh terhadap penghasilan ngeblog. Misalnya anda memiliki situs review gadget. Untuk mendapatkan uang dari blog, anda bisa memasang link afiliasi.

Dengan begitu, anda akan menerima komisi ketika orang yang membeli produk afiliasi dari link yang anda taruh di blog tadi. Sedikit bocoran, blog tentang gadget dan elektronik lebih mudah untuk menghasilakan uang dari cara ini.

Rekomendasi situs Affiliate

Berikut ini beberapa rekomendasi situs yang bisa anda gunakan untuk menghasilkan uang dari affiliasi.

  1. Lazada
  2. Blibli
  3. Ratakan
  4. Amazon
  5. Rakuten
  6. Dll.

4. dari Freelance

dari freelance

Pekerjaan freelance yang sekarang banyak dicari adalah penulis artikel. Jika melihat peluang freelance ini, banyak pemilik situs yang tidak memiliki waktu untuk menulis artikel. Mereka berani membayar mahal sesuai dengan kualitas dan panjang kata tulisan.

Semua konten yang anda buat 100% menjadi pemilik orang yang membayar anda. Ada banyak sekali situs yang mewadahi penulis konten untuk mencari uang dari hasil menulisnya.

Misalnya sribulancer. Disini, anda bisa menawarkan keahlian menulis dan mendapatkan uang dari hasil tulisan anda. Banyak sekali freelancer yang telah mendaftar di situs tersebut. Oleh karena itu, saya merekomendasikan tempat tersebut.

Keuntungan dari menjadi freelancer adalah :

  1. Bekerja tanpa ikatan kontrak
  2. Tidak khawatir dimarahi bos
  3. Bekerja dimana saja kapan saja
  4. Bisa menentukan tarif jasa

Kunci dari pekerjaan freelancer adalah anda harus menguasai niche artikel yang ditulis. Lebih banyak niche yang anda kuasai, maka semakin bagus. Jadi, banyak orang yang menggunakan jasa anda. Hal yang tidak boleh dilupakan yakni artikel harus 100% original dan tidak plagiat.

Jangan memasang tarif jasa terlalu murah, anda akan dikira pemula. Tetapi, apabila anda ingin memasang harga yang terjangkau dan sebanding dengan kualitas yang anda buat, itu sah saja. Jangan lupa lampirkan karya tulisan anda sebagai contoh.

5. Admin Media Sosial

admin media sosial

Mengelola banyak akun media sosial adalah cara mendapatkan uang dari internet yang terbukti sampai sekarang. Anda dapat melakukan pekerjaan ini dimana saja dan kapan saja. Mengelola akun tidak begitu susah, karena orang indonesia tentu sudah akrab dengan namanya media sosial.

Anda harus mempelajari cara membuat layout media sosial untuk postingan yang cantik dan menarik. Di instagram, anda harus memiliki rencana upload (planning), jadi tidak hanya sekedar upload foto atau video.

Dengan begitu, anda bisa memperkirakan estimasi target pengunjung akun anda. Konten kreator berfokus pada pembuatan konten untuk memperbagus bisnis mereka.

Menjadi admin di media sosial tidaklah sulit, yang dibutuhkan hanya konsistensi dan sungguh-sungguh dalam mengelola akun-akun media sosial.

6. dari SEO

uang dari seo

Cara mendapatkan uang dari internet dengan metode SEO masih menjanjikan. Sekarang, banyak pelaku bisnis ukm mencari orang yang ahli dalam bidang SEO. SEO masih dipercaya oleh sebagian besar orang untuk mempromosikan bisnisnya secara efektif.

Siapa yang tidak tahu dengan Google? Saat ini, banyak orang yang jika tidak mengetahui tentang suatu hal, langsung bertanya kepada Google. Untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin  pencari tidaklah mudah. Tergantung Keyword yang dibidik dan tingkat persaingan antar blog.

Apabila anda ahli dalam bidang SEO, bukalah jasa seo. Kesempatan masih terbuka lebar selama mesin pencari belum gulung tikar.

Tak main-main gaji dari spesialis SEO sekitar 5 – 10 juta tergantung dengan tingkat kesulitan keyword yang diinginkan oleh pengguna jasa. Bisa juga lebih dari itu.

Oleh karena itu, pelajari ilmu seo karena sangat penting pada zaman sekarang ini. Jangan hanya menulis konten tanpa mengetahui optimasi mesin pencari.

7. Affiliate Marketing

uang dari afiliasi

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bisnis afiliasi marketing saat ini sedang booming. Mungkin masih belum banyak orang tahu mengenai cara mendapatkan uang dari internet satu ini. Anda bisa mendapatkan uang dari internet meskipun sedang tidur.

Sudah tau apa itu affiliate marketing?

Affiliate marketing adalah kegiatan memasarkan produk orang lain, apabila ada yang membeli produk tersebut dengan nomor referensi dan tautan dari anda maka anda akan diberikan komisi berapa persen tergantung dengan kesepakatan.

Sangatlah mudah menjalankannya. Tidak hanya produk berupa barang, melainkan jasa juga bisa. Untuk memulai bisnis afiliasi marketing pastikan fokus pada niche. Jangan sampai tidak nyambung antara blog dengan produk atau jasa yang ingin di tawarkan.

Misalnya seperti ini, jika anda seorang blogger dengan niche teknologi anda bisa bergabung dengan affiliasi Lazada, Tokopedia, Bukalapak, atau situs yang menawarkan affiliasi produk teknologi. Terlebih anda memberi tahu terlebih dahulu bahwa anda melakukan affiliasi akan semakin transparan dan terpercaya.

8. dari Foto

uang dari foto

Bagi seorang fotographer peluang bisnis di internet ini boleh untuk dicoba. Tidak perlu kamera yang mahal, modal handphone saja anda sudah bisa menghasilkan uang.

Keindahan alam yang mempesona di Indonesia ini, adalah modal yang sangat berharga. Anda bisa memulainya dengan foto lingkungan alam sekitar.

Tidak perlu ke luar negeri untuk bisa mendapatkan foto dengan keindahan alam yang menakjubkan. Cukup jepret momen ketika alam sedang menawarkan sejuta keindahannya.

Menjual hasil jepretan merupakan cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah dan modal yang kecil. Ada beberapa situs web yang menyediakan tempat untuk fotographer menjual hasil karyanya melalui internet.

Situs yang bisa anda kunjungi adalah Pixabay, Shutterstock, Fiverr, Istockphoto, dan masih banyak lagi. Jangan lupa sediakan akun paypal untuk menerima pembayaran dari hasil penjualan foto anda.

Bayaran yang anda dapat berkisar $20 – $100 tergantung penawaran bid tertinggi. Semakin indah foto tersebut, maka orang akan menawarkan dengan harga yang tinggi.

Kesimpulan

Apabila kita memiliki niat untuk terus melangkah kedepan, maka modal bukanlah menjadi penghalang.

Itulah 8 cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang dapat anda coba di tahun 2019 ini.

Saran saya, cobalah dari 8 cara itu sesuai dengan kemampuan anda. Dengan begitu, anda bisa melakukan dengan optimal.

Berikan Rating

Author: Arga Eryzal P

Seorang PART-Time Blogger, fokus kepada Penulisan Artikel tutorial dan bisnis.

2 thoughts on “8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

  1. Jeffririanhermawan

    Mantap bro, bagus konten, bagus nulis, bw balik bro.

    Reply
    1. Arga Eryzal P Post author

      terima kasih apresiasinya mas, semangat ngeblog terus… siapp ya

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.