oleh

Teknik Meningkatkan Closing Rate sampai 37% dengan Mudah

3.67/5 (3)

Teknik closing adalah hal terpenting bagi saya dalam penjualan, karena dulu sering banget kejadian punya banyak traffic yang masuk tapi ternyata tidak terjadi konversi. Padahal udah capek-capek iklan dan endorse.

Karena banyak ruginya akhirnya saya belajar banyak tentang cara meningkatkan closing rate. Saya yakin Anda juga butuh ilmu ini untuk mengkonversi traffic menjadi cuan, iya kan? Hehehe…

Cara Meningkatkan Closing Rate sampai dengan 37% dengan Mudah

Okay langsung aja nih saya share caranya:

1. Respon Cepat

Di era serba cepat sekarang, orang semakin malas menunggu. Sekalinya lambat respons, dia akan beralih ke kompetitor Anda. Jadi usahakan fast respons di OLshop Anda, kalau bisa hitung waktu maksimal CS untuk membalas chitchat atau DM Instagram.

Menurut survey yang dilakukan American Express, 78% calon pelanggan kabur dan ga jadi beli itu karena pelayanan yang buruk. Salah satunya adalah “lelet” dalam merespons, sehingga membuat customer nunggu. Respon yang cepat akan meningkatkan retensi pelanggan yang signifikan. Orang jadi ingat mengenai bisnis online atau produk yang kalian tawarkan meskipun telah lama mengetahuinya.

2. Kemudahan Akses Kontak

OLshop yang banyak pembelinya adalah OLshop yang mudah diakses dan ditemukan dimana-mana. Karena jika Anda sulit dihubungi atau ditemukan, ga akan ada pembeli yang mau beli produk dari Anda.

Contoh mudah diakses adalah bisa dihubungi lewat LINE, Whatsapp, DM Instagram, marketplace, dan lain sebagainya. Semakin mudah diakses, semakin besar tingkat closing yang terjadi.

Berlaku juga untuk Bank yang Anda gunakan, usahakan miliki minimal 3 Bank untuk transfer yaitu BCA, Mandiri, BRI. Tiga Bank itu adalah yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia, dan sering kali mereka ga jadi order saat beda Bank karena males bayar fee transfer antar bank.

Apalagi sekarang jamannya dompet digital, seperti OVO, DANA, JENIUS, dan sejenisnya yang semakin memudahkan calon pembeli untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan efisien.

3. Berikan Harga Diskon Terbaik

Berikan penawaran harga yang menarik ketika akan menjual suatu produk. Misalnya, “Anda menjual produk seharga Rp 100.000,- , buatlah harga diskon agar pengunjung lebih tertarik.”

Dengan adanya harga diskon, produk yang kalian tawarkan jelas menjadi incaran banyak pembeli mengingat orang indonesia masih sangat senang sekali dengan namanya DISKON.

4. Cara Meningkatkan Closing dengan Kejutan

Hal ini jarang banget dilakukan oleh OLshop yaitu memberi kejutan yang tidak diduga. Dengan memberikan kejutan tak terduga, akan berpotensi membuat pembeli itu puas dan akan kembali lagi pada Anda.

Contoh mudahnya, Anda bisa menyelipkan BONUS atau Cashback di paket pengiriman dengan catatan kecil “karena kaka baik, saya berikan cashback 20%. Terimakasih telah order di OLshop kita ya”

5. Pantang Menyerah

Banyak penjual kalah bicara dengan calon pembeli, contohnya dalam hal tawar menawar produk. Jika calon pembeli melakukan penolakan terhadap tawaran anda, dan diri anda sendiri pun menjawabnya dengan perasaan pasrah maka bisnis kreatif tidak akan berkembang.

Beda halnya dengan ketika anda ahli didalam pembicaraan dengan calon pembeli dengan sedikit usaha untuk membujuknya dengan alasan “mengapa harus membeli produk ini?”. Hal tersebut akan dengan mudah mengkonversi pengunjung menjadi pembeli.

Perlu diketahui jangan sampai pembicaraan dalam hal tawar menawar dengan pembeli berakhir di anda karena pasrah ditolak. Jangan pantang menyerah, Usahakan berikan pengalaman membeli yang mengesankan.

Sekian cara meningkatkan closing rate sampai dengan 37% diatas, meskipun dengan persentase sedikit tetapi setidaknya anda mengerti teknik dalam menghadapi calon pembeli.

Ada cara lain? Yuk berbagi melalui kolom komentar dibawah.

Berikan Rating

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.