Cara Memilih Pinjaman Uang Online Terpercaya

By | September 8, 2019
cara pinjam uang online 5/5 (1)

Dulu mungkin kita mengenal seperti pegadaian atau koperasi untuk meminjam uang ketika sedang kepepet. Kali ini kami akan membahas mengenai cara pinjam uang online yang sejalan dengan kemajuan teknologi komunikasi saat ini.

Cepatnya perkembangan internet membuat semakin mudahnya orang untuk melakukan pinjaman secara online. Bahkan tak tanggung – tanggung, total pinjaman antara bulan januari sampai mei 2019 oleh Fintech telah mencapai 41 Triliun rupiah.

Puluhan perusahaan fintech juga semakin ketat bersaing di Indonesia. Sebagian ada yang menyalurkan dananya secara langsung, sebagian disalurkan melalui marketplace seperti di Tokopedia atau Bukalapak.

Besarnya nilai uang yang mengalir dari perusahaan fintech membuktikan besarnya minat masyarakat terhadap pinjaman uang online. Terlebih banyak juga pinjaman online yang bisa mendukung usaha kita untuk lebih berkembang.

Saat ini sangat banyak pinjaman online yang ditawarkan kepada kita. Bahkan hampir setiap hari ada saja sms yang mengatakan lembaga tertentu menawarkan pinjaman online. Hal ini sangat meresahkan, karena ternyata fintech ilegal di luar sana.

Ciri – Ciri Pinjaman Uang Ilegal

Sesungguhnya ada banyak perbedaan fintech legal dan ilegal. Sehingga diharapkan anda lebih jeli memilih sebelum mengajukan permohonan kredit online. Berikut ciri fintech ilegal yang harus anda tahu.

Alamat Kantor.

Pinjaman online ilegal, cenderung tidak mencantumkan alamat kantor dengan jelas. Namun sebaliknya, Fintech resmi akan dengan bangga memberikan alamat kantor mereka dengan sejelas – jelasnya.

Izin Legalitas

Setiap pemberi pinjaman online wajib diawasi OJK sesuai dengan peraturan. Untuk itu jika anda mendapat tawaran pinjaman online tanpa izin OJK, maka anda patut waspada.

Bunga Tidak Jelas

Perusahaan Fintech ilegal cenderung memiliki bunga yang kurang jelas. Begitu juga perhitungan denda ketika terjadi keterlambatan. Perusahaan legal akan memberikan kepastian nilai denda maupun bunga pelanggannya.

Proses

Mudahnya pengajuan pinjaman online ilegal, membuat banyak masyarakat yang terjebak. Berbeda dengan pinjaman dari perusahaan resmi yang cenderung lebih ketat.

Pengembalian Dana

Fintech ilegal biasanya menuntut pengembalian yang sangat besar. Tak heran jika anda telat membayar, maka pengembalian dana bisa melonjak berkali lipat dari dana yang anda pinjam.

Customer service

Fintech ilegal biasanya tidak memiliki layanan pengaduan sehingga konsumen menjadi seperti dibiarkan tanpa kejelasan. Sedangkan fintech legal cenderung sebaliknya.

Resiko Tinggi

Sebagai konsumen fintech ilegal, anda akan mendapat resiko tinggi ketika terjadi penagihan. Bahkan penghinaan dan kekerasan menjadi sesuatu yang lumrah buat mereka. Sedangkan fintech legal cenderung menerapkan sistem blacklist.

Cara pinjam uang online sebenarnya cukup mudah. Namun anda tetap harus menunggu keputusan dari pihak fintech sebelum pinjaman anda cair.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Meminjam

Biasanya fintech menawarkan pinjaman cair setelah 1 hingga 3 hari setelah pengajuan, jika pengajuan diterima. Untuk anda yang sangat membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan mendesak, simak pembahasannya berikut ini.

Besar Pinjaman

Cek besar pinjaman yang anda ajukan. Setelah anda menentukan besar pinjaman, anda bisa memilih fintech mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Lama angsuran.

Setelah menentukan besar pinjaman, tentukan seberapa lama anda mampu melunasi pinjaman.

Bunga

Setelah menentukan fintech yang sesuai dengan besaran dana pinjaman dan tenor, saatnya anda memilih bunga terbaik yang ditawarkan.

Syarat

Siapkan syarat – syarat yang diminta oleh perusahaan pemberi pinjaman. Semakin lengkap maka akan membuat semakin besar peluang pinjaman anda disetujui. Untuk pekerja informal atau wiraswasta tak perlu khawatir, banyak kok perusahaan fintech yang memberikan pinjaman online tanpa slip gaji.

Pencairan

Setelah pinjaman disetujui, maka saat itu juga biasanya dana anda bisa diambil.

DIharapkan dengan pembahasan cara pinjam uang online ini, anda bisa lebih teliti dan waspada. Mudahnya pengajuan pinjaman di fintech ilegal tidak lantas membuat hidup anda menjadi lebih mudah kedepannya.

Berikan Rating

Author: Arga Eryzal P

Seorang PART-Time Blogger, fokus ke penulisan artikel untuk Blog.