Cara Setting Cloudflare CDN pada WordPress

Author: 2 Komentar Share:
5/5 (2)

Cara Setting Cloudflare – Kecepatan sebuah blog ketika diakses oleh pengunjung sangatlah penting, terlebih jika blog yang dibangun menargetkan pengunjung lokal dan luar negeri. Sebenarnya, terdapat berbagai macam cara untuk meningkatkan kecepatan load dari sebuah blog seperti memasang plugin cache, optimasi disk cpanel, menggunakan CDN, dan masih banyak lagi.

Apa itu CDN?

Ada banyak sekali CDN yang dapat kalian pilih untuk mengoptimalkan kecepatan load situs mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Tentunya yang akan kita bahas kali ini adalah CDN gratis dari Cloudflare.

Kenapa harus CDN Cloudflare? menurut saya, masih karena gratis dan dari segi fiturnya pun tidak kalah dengan CDN berbayar.

Oiya, sebelum masuk ke pembahasan, apakah kalian tahu apa itu CDN?

CDN (Content Delivery Network) adalah kumpulan server yang tersedia secara global dan terletak di beberapa data center seluruh dunia bertugas untuk distribusi konten secara cepat.

Dengan menggunakan CDN, pengunjung dari berbagai negara akan secara cepat dapat mengakses situs kalian meskipun server hosting kalian di kutub utara. Mengapa demikian? karena dengan bantuan CDN, kalian dapat secara otomatis menampilkan konten situs diambil dari data center terdekat pengunjung.

Kita ambil contoh : Pengunjung berasal dari USA akan lebih cepat mengakses situs kalian meskipun kalian meletakan server hosting di indonesia. Hal tersebut karena sebelum menuju ke situs kalian yang berada di indonesia, terlebih dahulu dapat dimuat dengan cepat melalui CDN tersebut.

Beginilah gambar skema akses situs kalian ketika menggunakan Content Delivery Network.

pola cdn
Source : Google Image

Oke, kali ini saya akan mengulas pembahasan mengenai cara setting cloudflare secara umum pada wordpress.

Cara Setting Cloudflare CDN

Membuat Akun Cloudflare

Buka website Cloudflare dan klik tombol Sign Up jika belum mempunyai akun. Langsung saja isi semua form pendaftaran yang dibutuhkan lalu klik Create Account.

sign up cloudflare

Apabila sudah memiliki account, bisa langsung klik menu Log In, lalu masukan email dan password akun kalian.

Menambahkan Nama Domain

Setelah kalian membuat akun cloudflare, kemudian akan diminta untuk menambahkan domain yang kalian ingin pasang CDN Cloudflare. Masukan nama domain kalian lalu klik Add Site.

tambah situs cloudflare

Setelah menambahkan nama domain, kalian diharuskan menunggu beberapa menit agar DNS dapat terkonfigurasi. Klik tombol Next saja.

query cdn

Pilih Paket Cloudflare

Disini kalian akan memilih menggunakan paket Gratis atau Berbayar. Terdapat 4 pilihan paket, yakni FREE, PRO, BUSSINES, dan ENTERPRISE. Jika kalian ingin mendapatkan fitur ekstra, saya sarankan untuk menggunakan Paket PRO ke atas.

plan cloudflare

Saya sendiri menggunakan Paket Free dikarenakan yang gratis saja sudah mampu melayani deliveri konten yang bagus. Pada paket gratis ini, kalian sudah mendapatkan SSL gratis juga dari pihak Cloudflare.

Merubah Nameserver Domain

Setelah memilih paket, diharuskan untuk merubah nameserver domain menuju ke nameserver cloudflare.

ubah nameserver domain

Cara untuk merubah nameserver domain adalah dengan masuk ke dalam panel domain pada registrar domain kalian. Setelah itu, ubah semua nameserver sebelumnya ke nameserver cloudflare misalnya : jim.ns.cloudflare.com dan leah.ns.cloudflare.com

Setelah semua langkah dilewati, saatnya menunggu propagasi domain secara penuh, dapat memakan waktu kurang lebih 1x24jam tergantung registrar domain. Pengalaman saya, tidak sampai 5 menit domain telah tersambung ke Cloudflare.

Kesimpulan…

Menggunakan CDN (Content Delivery Network) merupakan cara yang sangat tepat untuk mempercepat load situs dan lebih aman dari serangan DDoS. Cara setting cloudflare ini tidak sulit asalkan kalian dengan benar mengikuti langkah-langkah yang saya berikan diatas.

Jika kalian ada pertanyaan seputar pemasangan cloudflare atau hanya ingin sekedar berbagi dengan pengunjung yang lainnya, dapat menyampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Berikan Rating

Artikel Terkait

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *