3 Cara Cek Kecepatan Website dengan Mudah

By | Oktober 12, 2019
cek kecepatan website

Banyak cara untuk cek kecepatan website. Salah satunya menggunakan tools gratisan seperti GT Metrix. Kecepatan loading blog merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi SEO. Google menyarankan untuk mengoptimasi semaksimal mungkin agar website mendapatkan poisis terbaik di mesin pencari.

Analisa kecepatan website diperlukan guna menyajikan pengalaman terbaik bagi pengunjung ketika membaca artikel di website. Ketika website lambat dimuat, tentu saja pengunjung akan segera meninggalkan website dan akan berdampak kepada bounce rate. Inilah salah satu faktor penyebab blog sepi pengunjung.

Tahukan anda bahwa kecepatan loading website merupakan salah satu faktor yang menentukan posisi web di mesin pencari? Tidak hanya manusia saja, Google Robots juga menyukai blog yang memiliki loading page yang cepat. Oleh karena itu, penting bagi kita selaku webmaster untuk memperhatikan benar faktor tersebut

Cara Cek Kecepatan Website Online Mudah

Terdapat banyak Web Analyzer untuk mengukur seberapa cepat akses website kita. Banyak diantaranya telah disediakan secara gratis. Tetapi disini saya akan bagikan 2 tools yang powerfull dan bagus untuk cek speed loading website anda.

1. GT Metrix

tes kecepatan blog gt metrix

Seperti yang telah dijelaskan diatas, salah satu cara untuk check website speed and performance adalah menggunakan GT Metrix. Tools ini sangat membantu para webmaster karena situs ini memberikan report secara detail. Kelebihan dari situs ini adalah Anda bisa melakukan analisa website secara baik.

Ketika melakukan serangkaian tes, anda bisa memilih lokasi server mana untuk cek kecepatan website. Secara default, anda akan menggunakan server canada untuk tes website. Untuk bisa mengubah lokasi server diharuskan membuat akun terlebih dahulu disini.

Sejauh ini, GT Metrix merupakan tools gratisan yang super lengkap. Anda juga akan diberikan rekomendasi bagian mana yang harus dioptimasi lagi. Selain itu untuk memudahkan meningkatkan kecepatan website, situs ini menyediakan fitur Compare website.

Cara Menggunakan GT Metrix

  1. Kunjungi situs gtmetrix.com
  2. Masukan URL website anda.
  3. Tunggu beberapa detik.
  4. Muncul Report hasil tes website anda.
  5. Perbaiki faktor-faktor yang menyebabkan website lambat diakses.

2. Google Pagespeed Insight

tes kecepatan website

Cara cek kecepatan website selanjutnya adalah dengan menggunakan tools gratis yang disediakan oleh Google yakni Pagespeed Insight. Situs ini memudahkan kita untuk mencari dimana letak kekurangan website. Misalnya ada sedikit script yang perlu di optimasi lagi agar kecepatan loading semakin ngebut.

Saat menggunakan web analyzer ini, anda bisa melihat bagaimana kecepatan loading blog dalam mode Mobile atau Dekstop. Usahakan untuk mengoptimalkan kecepatan memuat situs dalam mode mobile. Mengapa demikian? Karena jaman sekarang banyak sekali pengguna perangkat mobile daripada PC.

test kecepatan loading blog google pagespeed inishgt

Cara Menggunakan Google Pagespeed Insight

  1. Kunjungi situs Pagespeed Insight
  2. Masukan URL website.
  3. Tunggu analisa muncul.
  4. Muncul laporan kinerja situs.
  5. Perbaiki apa saja yang direkomendasikan oleh Google.

3. Via Manual (Browser HP/PC)

tes loading blog secara manual

Untuk bisa mengetahui kecepatan loading sebuah website, anda tidak harus bergantung kepada tools seperti diatas. Cara tes loading blog yang dapat anda lakukan adalah manual melalui browser HP atau PC. Cara ini tidak memiliki patokan berupa skor seperti tools diatas.

Lantas bagaimana cara cek nya?

Cara Cek Loading Blog secara Manual

  1. Buka Browser melalui PC/HP.
  2. Ketik url web yang ingin di tes.
  3. Analisa manual kecepatan loading web.

Cara ini lebih menitik beratkan kepada insting atau feeling. Jika dirasa kecepatan memuat web anda belum maksimal, bisa ditingkatkan lagi menggunakan cara-cara tertentu. Apabila sudah biarkan saja. Estimasi kecepatan memuat yang baik kurang lebih sekitar 0.5 – 2 detik.

Itulah 3 cara yang bisa anda lakukan untuk cek kecepatan website secara gampang. Jangan terpaku dengan skor, terus tingkatkan kecepatan loading blog anda agar memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang dicari.

Bagikan :
Author: Arga Eryzal P

Soerang PART-TIME Blogger, Internet Marketer, SEO Intermediate. "Sebuah mimpi akan tetap menjadi mimpi jika kau tidak segera lakukan aksi." Man Jadda Wa Jadda.