Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Blog

0
195

Menemukan Ide untuk Menulis Artikel Blog – Untuk tetap menjaga agar blog tetap terawat dengan menghadirkan tulisan – tulisan terbaru dari blog anda, konsisten dalam menulis artikel harus dimiliki dalam diri anda.

Hal tersebut jelas harus anda lakukan mengingat perubahan algoritma pada mesin pencari google yang mana tidak berfokus lagi terhadap PR (Page Rank) suatu blog dalam SERP (Search Engine Result Page) teratas.

Ketika akan memulai untuk menulis artikel, seringkali para blogger kesulitan dalam menentukan mengenai apa yang mereka tulis. Sebenarnya, menentukan ide dalam menulis artikel sebenarnya tidak sulit apabila anda terus membaca berbagai sumber referensi dan menyimpulkan, akan menulis apa.

ide menulis artike, menulis, artikel blog

Nah, untuk memberikan sebuah inspirasi bagi anda yang saat ini mungkin masih mengalami yang namanya kesulitan dalam menemukan ide untuk menulis, dapat anda simak tips yang saya berikan dibawah ini.

1. Membaca berbagai sumber referensi

Salah satu cara paling utama yang mungkin akan efektif bagi anda adalah terlebih dahulu membaca dari berbagai sumber referensi. Dengan membaca, anda akan semakin mudah mendapatkan ide untuk menulis.

Akan lebih baik apabila setelah membaca, anda dapat menyimpulkan berbagai sumber referensi yang telah dibaca dan dikemas dalam suatu artikel yang sangat bermanfaat.

Misalnya, blog anda membahas niche tentang pariwisata. Nah, untuk memancing agar ide tentang niche tersebut muncul, anda dapat membaca artikel referensi dengan niche yang sama. Niscaya, ide muncul dengan sendirinya dan anda akan semakin mudah dalam penulisan artikel.

Namun perlu diingat, jangan sesekali copas artikel orang lain. Hargailah karya orang lain, maka karya anda juga dihargai oleh orang lain.

Sumber yang dapat anda jadikan acuan dalam menentukan ide untuk artikel adalah Mesin Pencari, Buku, Saran dari pengunjung blog melalui komentar, dan masih banyak lagi.

2. Tools pencari Keywords

Cara yang satu ini juga tidak kalah ampuh dengan cara sebelumnya. Tentunya sangat banyak saran akan kata kunci untuk menjadi acuan dalam penulisan artikel. Setelah menemukan kata kunci yang tepat untuk menulis, langkah selanjutnya adalah dengan mencari sumber referensi dengan cara surfing di internet.

Terdapat berbagai tools pencari Keywords yang dapat menjadi pemuncul ide, apa saja?

  • Google Keyword Planner
  • Ubersuggest
  • Wordstream
  • Keyword Eye
  • Keyword Revealer
  • Keyword Tool
  • dan masih banyak lagi….

Keyword tools diatas dapat menyajikan seluruh informasi mengenai topik dan kata kunci yang saat itu populer di suatu negara.

3. Modifikasi Judul – judul postingan pada blog lain

Pastinya anda sering mengunjungi blog – blog yang akan dijadikan bahan referensi dalam menyajikan sebuah artikel yang berkualitas. Nah, cara ini patut anda coba, dan mungkin bisa menjadi alternatif lain untuk mengatasi buntu ide dalam menuli artikel.

Anda dapat mengubah judul – judul postingan pada blog lain sebagai gagasan awal menulis artikel. Misalnya, Coba anda lihat 5 postingan yang terdapat pada ngeblogbareng dibawah ini lalu ubah menjadi ide ide kreatif kalian.

  • Tips Paling Jitu agar Blog ramai Pengunjung
  • Tips Memilih Layanan Hosting yang Tepat
  • Bagaimana Cara Mengatasi Malas saat  Ngeblog?
  • Cara Riset Keyword Blog dengan Google Keyword Planner dan Ubersuggest
  • Optimasi SEO Onpage pada Blog untuk Mendapatkan Peringkat Teratas

Lalu, bila blog anda ber niche teknologi anda dapat mengubah judul judul diatas menjadi

  • Tips paling Jitu Menghemat Baterai Android
  • Tips Memilih Laptop gaming yang bagus
  • Bagaimana Cara Mengatasi Bootlop pada Android
  • Cara Menggunakan Aplikasi Edit Foto di Android
  • Mengatasi Masalah Ponsel Android Lemot
  • atau dapat kalian modifikasi sendiri sesuai dengan selera.

4. Melihat Trending Topic apa hari ini

Untuk mengetahui topik apa yang sedang nge-trend pada hari itu, anda dapat melakukanya dengan mengunjungi twitter. Trending topic sangat identik dengan salah satu sosial media berlogo burung tersebut dengan hastag tertentu (#)

Lihat dan cermati dengan seksama, topik mana saja yang lagi nge-trend pada hari itu. Terdapat dua pilihan, yakni trending topic dunia dan Indonesia. Tergantung anda ingin menarget pengunjung dari mana.

Selain menggunakan trending topic twitter, cara lain untuk mengetahui trending topic adalah dengan melihat Google Trends. Apa yang hari ini populer yang banyak dicari pada hari itu di mesin pencari google. Anda dapat juga memilih, topik yang sedang nge-trend pada suatu negara. Misalnya saja Indonesia.

Kalo saya sering menggunakan cara yang nomor 1, 2, dan 3 dalam menemukan ide untuk menulis artikel untuk blog. Mengapa tidak menggunakan cara yang nomor 4? karena blog saya berniche tertentu, jadi tidak cocok untuk menggunakan cara tersebut. Ini akan menyimpang dari topik yang saya bahas.

Tidak ada salahnya mencoba semua cara diatas, atau anda mempunyai cara lain untuk memunculkan ide menulis artikel untuk blog? silahkan tambahkan pada kolom komentar 🙂