20 Ide Usaha Kecil dengan Modal 10 Jutaan

By | September 29, 2019
ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan

Memiliki usaha memang menjadi keinginan tersendiri bagi setiap orang terlebih untuk jenis usaha kecil dengan modal 10 jutaan. Ada banyak jenis usaha di beragam jenis bidang, misalnya dalam kuliner.

Tapi, memilih bisnis kuliner yang tepat bukanlah perkara mudah. Terkadang, kita perlu untuk meniru bisnis yang sudah berjalan, kemudian mengeksekusi dengan cara kita.

Berikut ini, merupakan ragam jenis usaha yang bisa Anda jalankan dengan menggunakan modal di bawah 10 jutaan.

Ide usaha Kecil dengan Modal 10 Jutaan di Bidang Kuliner

Bidang kuliner merupakan salah satu yang paling banyak diincar oleh calon pengusaha sehingga masuk dalam ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan yang menguntungkan. Hal tersebut disebabkan karena usaha jenis ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas sehingga kemungkinan untuk untuk juga semakin lebih tinggi. Berikut jenis usaha di bidang kuliner yang bisa Anda coba.

1. Ayam Geprek

usaha ayam geprek modal 10 juta

Source : Google Image

Usaha makanan ayam geprek saat ini menjadi salah satu usaha makanan yang paling banyak dibuka. Hanya dengan menggunakan modal 10 jutaan, Anda sudah bisa membangun warung sederhana atau bahkan bisa membukanya sendiri di rumah.

Anda hanya perlu menyiapkan semuanya di rumah, termasuk cobek untuk menggeprek, bumbu, piring, nasi, ayam dan space misalnya dengan menggunakan booth. Harga booth sederhana sendiri berkisar antara 800-900 ribuan sehingga sisa modal sangatlah cukup untuk membangun usaha ayam geprek.

2. Bakso dan Mie Ayam

usaha mie ayam dan bakso modal 10 juta

Source : Google Image

Bakso dan mie ayam bisa diibaratkan adalah makanan sejuta umat di Indonesia. Siapapun akan datang ke warung ini baik saat pagi hingga saat malam hari. Baik disukai oleh anak-anak hingga orang tua. Karena itu, akhirnya banyak yang datang ke warung yang menjual mie ayam dan bakso.

Akan tetapi, karena saat ini di Indonesia sudah banyak warung mie ayam dan bakso, maka Anda harus membedakan antara ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan yang Anda jalani dengan yang orang lain lakukan. Hal ini bertujuan agar konsumen dapat dengan mudah untuk menuju ke warung Anda dan meningkatkan jumlah pendapatan.

Misalnya warung bakso dengan daging ikan lele atau warung bakso krikil yang dilengkapi dengan bakso kecil-kecil. Ataupun jenis mie ayam yang memiliki tingkat kepedasan yang dapat ditentukan sendiri oleh pembeli.

3. Usaha Bubur Ayam

usaha bubur ayam modal 10 juta

Source : Google Image

Selain usaha mie ayam dan bakso, ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan ini dapat Anda aplikasikan saat Anda ingin berjualan di pagi hari. Bubur ayam kerap dijadikan opsi atau pilihan tersendiri untuk sarapan bagi sebagian orang terutama untuk mahasiswa dan pekerja kantoran.

Porsinya yang tidak terlalu besar dan sudah dilengkapi dengan aneka pelengkap seperti ayam, cakwe, kacang bagi sebagian orang sudah mengenyangkan. Untuk membuka usaha ini, jika Anda menginginkan yang bisa berpindah dengan mudah, Anda butuh gerobak terlebih dahulu.

Harga untuk membuat gerobak sekitar 2-3 jutaan bahkan mungkin bisa lebih dari 5 juta, tergantung dari jenis gerobak yang Anda inginkan. Sedangkan modal yang bisa Anda gunakan untuk membeli makanan dan segala perlengkapan mungkin hanya sekitar 2-3 jutaan. Jumlah modal makanan ini tergantung dari seberapa banyak makanan tersebut.

Misalnya bubur yang akan Anda buat cukup banyak, maka pengeluaran untuk membeli bahan makanan juga akan bertambah. Belum lagi jika ditambah untuk membeli bahan minuman, seperti teh, gula, jeruk. Jadi, perlu ada perhitungan yang rinci untuk membuka usaha bubur ayam.

4. Usaha Makanan Kering di Rumah

usaha makanan kering di rumah modal 10 juta

Source : Google Image

Jenis ini biasanya dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk membantu mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya jenis usaha ini memiliki potensi kenaikan hingga berkali-kali lipat menjelang peringatan acara tertentu misalnya natal, lebaran ataupun imlek.

Dengan menggunakan modal sekitar 10 jutaan, Anda bahkan bisa membuat lebih dari 1 makanan kering, misalnya makaroni ataupun kue kering. Usaha ini bisa Anda jalankan dan bekerja sama dengan ibu-ibu yang ada di sekitar rumah Anda sehingga Anda tidak hanya bisa mendapatkan pendapatan namun juga dapat membantu orang lain.

5. Usaha Catering Rumahan

usaha catering rumahan modal 10 juta

Source : Pixabay

Selain usaha membuat makanan kering, Anda juga bisa membuat usaha catering rumahan dengan ibu-ibu yang ada di sekitar rumah Anda. Ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan ini bisa juga menjadi wadah bagi Anda yang suka memasak. Sehingga Anda tidak hanya akan bisa menyalurkan hobi Anda namun juga dapat memperoleh keuntungan.

Sebelum Anda membuka usaha ini, pastikan modal Anda tercukupi lebih dahulu dan kemudian mencari target pasar. Hal ini disebabkan karena untuk pertama kali membangun usaha catering dan belum ada pangsa pasar akan sangat susah.

Bukan karena tidak ada orang yang ingin menggunakan jasa catering. Akan tetapi pangsa pasar lebih mengerucut dan biasanya orang yang menggunakan jasa catering tersebut adalah orang yang memiliki acara yang besar, misalnya pernikahan.

Karena hal tersebut, agar usaha Anda bisa lebih maju, ada baiknya untuk bekerja sama dengan vendor pernikahan. Selain itu, bisa juga bekerja sama dengan pihak lain seperti takmir masjid yang biasanya akan mengadakan pengajian sehingga membutuhkan makanan yang cukup banyak.

6. Warung Makan Sederhana

usaha warung makan modal 10 juta

Source : Google Image

Ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan ini seringkali diremehkan akan tetapi lebih banyak mendatangkan omset terlebih jika Anda membuka warung di tempat yang strategis. Misalnya di sekitar perkantoran ataupun kampus.

Agar lebih laris, selain memperhatikan menu yang disajikan dan juga banyak sedikitnya makanan yang disajikan, namun juga harganya. Terutama untuk warung yang dibuka di sekitar kampus. Mahasiswa lebih banyak mencari warung yang memiliki harga yang murah namun rasa yang enak.

Anda bisa mencoba membuka prasmanan atau bahkan warung kecil dengan menu masakan rumahan. Misalnya telur dadar, mie goreng, orak arik dan yang lainnya. Namun, sebelum menjualnya, ada baiknya jika rasa makanannya dicoba terlebih dahulu.

Hal itu disebabkan karena tidak sedikit warung makan yang berada di posisi yang strategis justru gulung tikar karena rasa yang ditawarkan kurang enak. Alhasil, tidak ada orang yang mau menikmati makanan yang tersaji di tempat tersebut.

7. Warung Kopi

usaha warung kopi modal 10 juta

Source : Pixabay

Siapa yang saat ini belum pernah ke warung kopi atau ke cafe? Pertumbuhan cafe dan warung kopi saat ini semakin berkembang dengan pesat terlebih setelah ada film yang bercerita tentang kopi. Tidak sedikit calon pengusaha yang akhirnya menjatuhkan pilihan untuk membuat warung kopi dan sayangnya tidak semua bertahan lama.

Hal ini disebabkan karena tidak ada persiapan yang mantap untuk membuka usaha tersebut. Misalnya pengetahuan mengenai jenis kopi dan cara membuat kopi yang benar sehingga dapat mempertahankan cita rasa yang akan dinikmati oleh pelanggan Anda.

Ide Usaha Kecil dengan Modal 10 Jutaan di Bidang Cuci Mencuci

Selain kuliner, ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan yang kini juga semakin berkembang adalah di bidang cuci mencuci, diantaranya adalah:

1. Laundry

usaha laundry modal 10 jutaan

Source : Pixabay

Kesibukan masyarakat yang semakin lama semakin tinggi membuat tidak sedikit orang yang enggan untuk mencuci. Karena itu, ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan bisa menjadi suatu solusi usaha yang bisa Anda terapkan. Sebelum Anda membuka usaha ini, Anda harus melakukan survey lebih dahulu di sekitar rumah Anda.

Misalnya, sudah banyakkah orang yang membuka usaha laundry di sekitar tempat Anda membuka usaha tersebut. Jika iya, maka Anda harus mempersiapkan sistem atau tata cara dimana laundry Anda tersebut akan dilirik oleh orang yang ingin mencucikan pakaiannya. Seperti menggunakan parfum pakaian yang hanya ada di tempat Anda.

Jika tidak ada yang banyak membuka usaha tersebut, maka Anda bisa segera mengaplikasikan ide usaha kecil ini. Namun dengan catatan, orang atau masyarakat di sekitar tempat tinggal Anda memiliki kesibukan yang tinggi, atau memiliki potensi untuk menggunakan jasa orang lain untuk mencucikan pakaiannya.

Dengan begitu, usaha yang nantinya akan Anda bangun tidak hanya bertahan 1-2 bulan namun juga bisa bertahan seterusnya.

2. Cuci Kendaraan

usaha cuci kendaraan modal 10 juta

Source : Pixabay

Selain mencuci pakaian, jika Anda suka dengan otomotif namun memiliki modal yang sedikit, maka Anda bisa mencoba untuk membuka usaha cuci kendaraan. Anda bisa mencoba membuka usaha cuci kendaraan mobil atau motor. Atau bisa juga disesuaikan dengan banyak sedikitnya jenis kendaraan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Misalnya jika di sekitar tempat tinggal Anda lebih banyak motor dan truk, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuka usaha pencucian kendaraan untuk truk dan motor. Akan tetapi, pastikan jika Anda memiliki trik dan tahu cara yang benar untuk mencuci kendaraan karena jika salah akan membuat kendaraan menjadi rusak.

Untuk memulai bisnis ini, siapkan air yang cukup, jangan sampai saat sedang mencuci kendaraan, air habis sehingga hasilnya kurang maksimal. Selain itu, sediakan juga shampoo kendaraan yang tidak membuat warna kendaraan memudar. Jika perlu, sediakan layanan seperti cuci salju agar hasilnya lebih bersih.

Ide Usaha Kecil dengan Modal 10 Jutaan untuk Toko

Selain menyediakan produk yang dikelola sendiri, misalnya makanan, Anda juga bisa menjual bahan makanan atau membuka toko tertentu sesuai dengan yang Anda inginkan. Ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan ini bisa Anda coba dan buka di rumah.

1. Toko Kelontong

usaha toko kelontong modal 10 juta

Source : Pixabay

Toko yang menjual beragam jenis barang sembako ini akan lebih laris jika dibuka di desa atau di pasar. Hal ini disebabkan karena pangsa pasar yang ada lebih luas dan lebih banyak orang yang mencari bahan makanan untuk diolah dibandingkan di perkotaan yang umumnya mencari sesuatu yang sudah tersedia misalnya makanan.

Untuk toko kelontong yang sederhana, Anda hanya perlu etalase, meja kasir, rak kayu dan kursi yang jumlahnya masing-masing 1. Setelah itu, sisa modal dapat Anda pergunakan untuk membeli bahan makanan terutama sembako seperti beras yang kian lama memiliki harga yang semakin tinggi.

Hal yang harus Anda ingat jika mengaplikasikan ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan untuk membangun toko kelontong adalah usaha ini tidak langsung dapat memberikan omset besar seperti jenis usaha yang lainnya. Itu karena Anda tidak bisa mematok harga besar untuk per produknya.

Misalnya untuk beras yang harga di pasaran sekitar 10 ribu rupiah per kg, maka Anda tidak bisa menjualnya dengan harga 15 ribu rupiah per Kg. Cara tersebut justru akan membuat produk Anda tidak banyak yang mencari karena terlalu mahal. Sehingga lebih baik mematok keuntungan sedikit per produk namun banyak yang membeli.

2. Toko Baju

usaha toko baju modal 10 juta

Source : Pixabay

Toko baju ada beragam jenisnya. Usaha kecil dengan modal 10 jutaan ini bahkan sepenuhnya bisa jalankan tanpa perlu memiliki tempat untuk menjual produk yang Anda miliki dengan cara online.

Omset yang diperoleh saat berjualan online bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan modal yang Anda miliki. Karena hal tersebut, untuk mencapai target yang Anda inginkan tersebut, Anda harus mengatur strategi yang bagus untuk penjualan secara online.

Waralaba, Ide Usaha Kecil dengan Modal 10 Jutaan yang Menguntungkan

ide usaha thai tea modal 10 juta

Source : Pixabay

Banyaknya orang berpikiran jika usaha dengan menggunakan modal 10 juta haruslah usaha yang menghasilkan produknya sendiri. Namun, Anda bisa mencoba untuk melakukan waralaba atau franchise. Bisnis tersebut memungkinkan Anda untuk bekerja sama dengan pihak lain yang sudah memiliki usaha yang mapan.

Misalnya Thai tea yang kini semakin banyak penggemarnya di Indonesia. Anda bisa mencari 1 toko atau produsen dengan usaha yang sukses dan kemudian bekerja sama. Bentuk kerjasamanya bisa berupa penggunaan nama produk dan penggunaan bahan yang sama dari tempat tersebut.

Jadi, Anda tidak perlu memikirkan resep thai tea seperti apa yang enak. Karena jika Anda sudah bekerja sama dengan pihak pemberi waralaba tersebut, Anda akan diajari terlebih dahulu agar nantinya rasa yang dihasilkan juga akan sama. Selain itu, pembagian keuntungan juga akan sesuai dengan kesepakatan di awal misalnya 20:80 untuk pemberi dan penerima waralaba.

Sebelum Anda memulai bisnis waralaba ini, pastikan terlebih dahulu ketentuan yang akan Anda peroleh dan harus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahpahaman yang terjadi antara Anda dan pemberi waralaba.

PPOB, Ide Usaha Kecil dengan Modal 10 Jutaan yang Semakin Digeluti

waralaba modal kecil 10 juta

Source : Pixabay

Ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan yang lain yang bisa Anda coba adalah dengan membuka usaha untuk pembayaran tagihan. Tagihan yang dimaksud adalah tagihan listrik, air ataupun tagihan untuk pembayaran BPJS. Modal yang dipergunakan tidak terlalu besar namun Anda wajib memiliki printing dan device seperti smartphone ataupun komputer.

Usaha payment point online bank atau yang dikenal dengan PPOB ini bisa Anda buka di rumah dan tidak perlu tempat yang luas asalkan Anda memiliki device yang sudah disebutkan tersebut. Sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui yaitu:

– Mencari vendor yang memiliki layanan yang lengkap dan dilengkapi dengan penyediaan server yang stabil agar tidak mengganggu proses saat Anda bertransaksi.

– Tempat yang dicari bukan tempat yang luas namun yang strategis. Anda bisa membuka usaha tersebut di rumah namun, pastikan jika tetangga Anda tahu. Atau jika Anda membukanya di luar seperti membuka counter, cari tempat yang dilalui banyak orang.

– Susun strategi pemasarannya. Misalnya Anda membuka usaha di rumah, gunakan spanduk yang memberitahu orang yang ada di sekitar rumah Anda kalau Anda membuka usaha PPOB sehingga jika perlu jasa untuk membayar tagihan, bisa menggunakan jasa Anda.

Ide Usaha Kecil dengan modal 10 Jutaan di Kantor dan Kampus

Ada ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan yang lainnya yang bisa Anda coba jika Anda mengincar pangsa pasar dekat dengan kantor dan kampus. Selain usaha laundry kiloan dan warung makan, Anda bisa mencoba untuk membuka usaha berikut ini:

1. Jasa Pengetikan

ide usaha jasa pengetikan modal 10 juta

Source : Pixabay

Usaha untuk membuka jasa pengetikan menjadi salah satu yang menjanjikan di sekitaran kampus dan kantor. Walaupun hasil yang diperoleh tidak cukup besar dibandingkan dengan jenis usaha yang lainnya, akan tetapi, hasil yang diperoleh dapat lebih stabil.

Biasanya orang kantor atau mahasiswa perlu orang yang untuk mengetikkan naskah atau tulisan tertentu. Jadi, Anda hanya perlu menuliskan atau mengetikkan dengan komputer Anda tulisan yang diinginkan tersebut.

2. Jasa Jilid dan Fotokopi

usaha jilid dan fotokopi modal 10 juta

Source : Pixabay

Usaha jenis ini terbilang menjanjikan jika ada di tempat tertentu seperti kantor dan kampus. Anda perlu menyiapkan modal seperti alat fotokopi dan peralatan untuk jilid. Alat tersebut memiliki harga sekitaran 3 juta untuk mesin yang besar sehingga perlu adanya penghitungan anggaran agar 10 juta yang Anda miliki tidak hanya digunakan untuk beli alat.

Selain alat fotokopi ataupun jilid, Anda juga perlu perlengkapan lain seperti kertas dan sampul. Pastikan juga jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam menjilid karena jika tidak akan membuat hasil jilid menjadi tidak rapi dan hal tersebut akan membuat usaha Anda kurang bagus.

Ide Usaha Kecil dengan Modal 10 Jutaan untuk Pangkas Rambut

ide usaha pangkas rambut modal 10 juta

Source : Pixabay

Bagi sebagian orang, ide untuk menjalankan bisnis pangkas rambut kurang menjanjikan apalagi tidak setiap hari orang akan memotong rambutnya. Akan tetapi, dengan strategi yang tepat misalnya dengan ditambah layanan yang lain seperti smoothing, membuat banyak orang akan menggunakan pelayanan Anda.

Dengan menggunakan modal 10 juta, Anda bisa menyiapkan kursi, kaca dan alat mencukur yang dibutuhkan. Jika Anda kurang bisa mencukur atau memangkas rambut, maka pekerjakan orang yang ahli di bidang ini agar nantinya klien Anda tidak komplain karena menggunakan jasa Anda.

Pastikan juga produk yang Anda pergunakan seperti shampoo adalah produk yang aman. Jika perlu Anda menyiapkan beberapa jenis produk perawatan rambut yang bisa Anda pergunakan saat ada pelanggan yang memotong atau meminta Anda untuk melakukan perawatan rambut seperti creambath.

Berjualan Pulsa, ide Usaha Kecil dengan Modal 10 Juta

usaha jualan pulsa modal 10 juta

Source : Pixabay

Jika Anda mencari ide usaha kecil yang memungkinkan Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja adalah dengan berjualan pulsa. Pulsa saat ini menjadi kebutuhan tersendiri bagi setiap orang terlebih untuk yang setiap harinya menggunakan internet untuk keperluan tertentu.

Dengan menggunakan pulsa, maka orang yang memiliki ponsel dapat melakukan berbagai macam kegiatan. Mulai dari berkirim pesan, menelepon dan berinternet. Agar bisa bersaing dengan penjual pulsa yang lain, maka anda harus menentukan harga yang pas lebih dahulu dengan memilih vendor yang tepat.

Harga per pulsa yang ditawarkan tersebut sebaiknya tidak terlalu mahal karena akan berpengaruh pada keinginan seseorang untuk membeli produk tersebut. Misalnya Anda hanya mematok keuntungan 1000 rupiah per pulsanya, maka harga tersebut akan lebih menarik dibandingkan dengan harga yang per pulsanya Anda tarik keuntungan hingga 3000 rupiah.

Ide Usaha Kecil dengan Modal 10 Jutaan lewat Internet

Selain menjual produk langsung ke pembeli lewat bisnis tertentu yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa mengembangkan bisnis online. Berikut ini merupakan ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan yang bisa Anda coba dengan menggunakan internet.

1. Dropship

bisnis dropship modal kecil

Source : Google Image

Bisnis dropship mungkin menjadi salah satu bisnis dengan modal yang sangat minim tapi memberikan keuntungan yang besar. Hal ini disebabkan Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produknya karena Anda hanya perlu memasarkan produk milik orang lain yang sudah ada.

Hal yang perlu Anda siapkan adalah kuota internet. Anda tinggal mencari orang yang menjual produk yang cukup menjanjikan, misalnya baju dari kain tradisional yang kini semakin dicari. Setelah itu, Anda tinggal menghubungi orang yang menjual produk tersebut kemudian menjualnya kembali.

Keuntungan yang Anda peroleh tergantung dari selisih harga jual dengan yang harga yang Anda patok tersebut. Bisa jadi nantinya penjual yang memiliki produk tersebut akan memberikan Anda komisi sebesar jumlah yang ditentukan sebelumnya.

Sayangnya, cara ini memiliki kekurangan, diantaranya:

  • Anda tidak tahu produknya seperti apa sehingga jika produk kurang bagus maka Anda akan mendapatkan komplain dari pembeli.
  • Kurang tahu stok produk sehingga setiap kali ada yang menanyakan produk tersebut, Anda harus melakukan pengecekan kembali ke yang memiliki produk tersebut untuk tahu sisa produk masih berapa dan warna apa saja yang tersedia.

2. Reseller

usaha reseller modal kecil

Source : Google Image

Hampir sama dengan dropship dan reseller membutuhkan modal dalam jumlah yang besar. Hal ini disebabkan karena Anda harus membeli produk dari penjual grosir untuk nantinya akan dijual kembali dengan harga yang sudah Anda tentukan.

Berbeda dengan dropship yang tidak membutuhkan ruang untuk menyimpan dan menjual produk, jika Anda menjadi reseller, Anda perlu ruang yang cukup luas untuk meletakkan produk tersebut. Walaupun modal yang harus dikeluarkan cukup besar, namun keuntungannya, pembeli bisa mengecek sendiri produk tersebut. Bagus atau tidaknya.

Jika dirasa produk tersebut memiliki keunggulan atau sesuai dengan yang dicari oleh pembeli, maka produk bisa langsung dijual. Jika hal tersebut berlangsung secara terus menerus, maka nilai kepercayaan yang diberikan ke Anda akan meningkat. Hasilnya, semakin banyak yang tahu produk Anda dan keuntungan semakin tinggi.

Selain menjual secara langsung, Anda bisa memanfaatkan internet untuk berjualan. Misalnya dengan membuka toko online atau bahkan menjualnya di marketplace.

3. Affiliate

bisnis afiliasi modal 10 juta

Source : Pixabay

Hampir sama dengan reseller namun Anda menggunakan website sebagai medianya. Anda tidak tahu seperti apa kualitas dari produk yang Anda jual tersebut. Akan tetapi, produk yang dijual itu dari website yang sudah memiliki nama besar sehingga orang tidak akan kecewa jika membeli di toko tersebut.

Sebelum melakukan affiliate, maka Anda harus menghubungi website utama terlebih dahulu dan mengajukan pendaftaran jika Anda akan berafiliasi dengan website tersebut. Umumnya, Anda bisa memilih produk apa saja yang bisa Anda jual di website yang Anda miliki.

Biasanya, website yang bisa diajak afiliasi adalah website luar negeri e-commerce sehingga pangsa pasar yang ditargetkan adalah pasar luar negeri. Selanjutnya Anda akan diberikan pilihan untuk komisinya. Apakah nanti akan berupa uang cash atau justru menggunakan komisi tersebut untuk membeli produk tertentu di website utama tersebut.

Itulah 20 ide usaha kecil dengan modal 10 jutaan yang bisa Anda pilih atau dijadikan pertimbangan untuk Anda membangun suatu bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisnis Anda sukses dan bertahan lama.

Bagikan :
Author: Arga Eryzal P

Soerang PART-TIME Blogger, Internet Marketer, SEO Intermediate. "Sebuah mimpi akan tetap menjadi mimpi jika kau tidak segera lakukan aksi." Man Jadda Wa Jadda.