Inspirasi Bisnis Makanan Catering Paling Menguntungkan

Perkembangan bisnis kian meningkat dari waktu ke waktu. Berbagi bidang bisnis terus mengalami perubahan dengan sangat signifikan, apalagi didukung dengan teknologi yang semakin canggih. Salah satu bisnis yang saat ini paling popular di kalangan pengusaha adalah bisnis kuliner. Kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya termasuk kebutuhan akan makanan, ini yang menjadi ide dibangunnya bisnis kuliner seperti bisnis makanan catering.

Usaha makanan memiliki prospek yang cerah karena kesibukan orang terkadang membuatnya ingin menempuh cara yang mudah yaitu dengan menyerahkan urusan makanan pada jasa catering.

Bisnis catering mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya usaha catering di berbagai kota Indonesia, misalnya saja pertumbuhan catering di Jakarta, Bandung, Catering Surabaya dan berbagai kota besar lainnya yang dapat dengan mudah Anda temukan .

Lantas apa saja bentuk bisnis makanan khususnya dalam bidang catering yang dapat Anda coba. Nah, disini kami akan membagikan inspirasi usaha makanan catering yang menjanjikan. Namun sebelumnya, mari kita simak langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memulai usaha catering.

Apa Saja Hal dan Langkah Yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Bisnis Ini?

Bisnis ini sangat menguntungkan karena jika Anda pandai mengolah pikiran, bahan yang sederhana juga bisa menjadi ladang Anda untuk meraup keuntungan. Untuk menjalankan bisnis catering, Anda perlu menyiapkan beberapa langkah yang akan dipaparkan di bawah ini

  1. Langkah awal untuk menjalankan bisnis makanan catering, yang perlu disiapkan adalah modal untuk membeli peralatan dan bahan – bahan untuk masakan. Anda tak perlu menyediakan makanan dalam skala besar. Buat makanan dengan skala kecil dahulu untuk mulai di pasarkan. Hal ini untuk meminimalisir kerugian jika makanan yang Anda tawarkan rasanya kurang bersahabat di lidah masyarakat..
  2. Jangan berhenti untuk terus bereksperimen dengan menu makanan maupun rasa makanan yang akan disukai banyak orang. Hal yang biasanya menjadi pertimbangan orang untuk memilih jasa catering adalah rasanya. Jika ingin membuka usaha catering, tidak ada salahnya Anda untuk memberikan tester ke tetangga atau orang terdekat untuk menguji kualitas rasa masakan Anda.
  3. Gunakan menu variatif syarat gizi. Perlunya menciptakan menu baru untuk membuka bisnis makanan catering juga sangat penting. Kebanyakan makanan catering menyediakan menu yang itu-itu saja sehingga terkesan membosankan. Contoh makanan yang umum ada dari setiap catering adalah ayam goreng, ayam bakar bumbu merah, cwi mie goreng, acar, urap-urap, kering tempe, sambal goreng hingga balado. Bisa juga Anda menambahkan menu yang jarang seperti selat solo dalam menu, sop merah atau sop asparagus, nasi lemak. Menambahkan ‘suasana baru’ dalam menu catering perlu untuk mengobati kebosanan orang-orang terhadap menu yang terlalu umum.

Jenis Usaha Katering di Masyarakat

Usaha catering yang ada di masyarakat mayoritasi dijalankan oleh ibu-ibu rumah tangga karena ingin membantu pemasukan dalam keluarga. Kemampuan ibu-ibu dalam memasak bisa dijadikan peluang dalam berbisnis, apalagi biasanya ibu-ibu memiliki relasi seperti teman arisan, teman ngumpul hingga tetangga. Usaha catering yang biasanya berkembang di masyarakat meliputi :

1. Usaha Catering Untuk Rumahan

Di era modern ini, tak jarang para ibu rumah tangga yang terkadang sibuk dengan urusan rumah sehingga tidak punya waktu untuk memasak. Kondisi semacam ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda untuk melayani kebutuhan makan harian masyarakat seperti menyediakan nasi kotak, atau nasi yang dikemas dalam rantang.

2. Usaha Catering Untuk Acara-Acara Penting

Ini yang paling umum ada di masyarakat yaitu usaha catering untuk acara seperti pernikahan, pengajian, syukuran, arisan, ulang tahun dan acara penting lainnya. Biasanya usaha catering jenis ini menyediakan makanan dalam skala yang besar dan disajikan secara prasmanan, makanan tumpeng. Selain makanan dalam pengusaha catering ini biasanya menyediakan jasa untuk dekorasi ulang tahun yang dimasukkan dalam satu paket harga.

3. Usaha Catering Untuk Kantoran dan Anak Kos

Di setiap kantor tidak jarang mengalami acara penting seperti meeting atau ulangtahun kantor yang mengharuskan tersedianya konsumsi. Setiap kantor pastinya membutuhkan partner yang bisa diajak dalam urusan menyediakan makanan. Selain acara penting kantor, biasanya pada saat jam istirahat kantor bagi karyawan yang tidak membawa bekal akan mencari jasa catering makanan karena terbilang lebih praktis, bisa dipesan melalui ponsel dan siap antar ke kantor.

Tidak berbeda dengan anak perantauan yang biasanya hidup di kos-kosan. Jika di kos yang ditinggali tidak disediakan peralatan memasak, mau tidak mau mereka akan memanfaatkan catering untuk menyediakan makanan bagi mereka dan biasanya pembayarannya setiap bulan dengan menu harian yang berganti-ganti.

Bisnis Makanan Katering untuk Diet Sehat yang Saat ini Popular di Masyarakat

Obesitas tidak jarang dialami oleh masyarakat Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Obesitas terjadi karena pola makan yang tidak seimbang dan melebihi takaran asupan harian. Untuk mengatasi obesitas, orang harus melakukan diet. Namun, biasanya diet yang dilakukan orang-orang gendut terbilang ekstrim seperti tidak konsumsi karbohidrat hingga hanya mengkonsumsi 1 umbi kentang perhari. Tentunya cara diet yang salah ini tidak akan membuat sehat malah akan membuat penyakit lainnya menyerang.

Faktor cara diet yang menyiksa ini menjadi penggagas dibukanya usaha catering yang menyediakan menu diet yang sehat tapi tetap bisa makan enak. Pengusaha catering diet biasanya menyediakan menu makanan yang sudah disesuaikan berdasarkan kecukupan gizi harian. Biasanya makanan catering diet menggunakan bahan-bahan berkualitas  tak jarang ada juga catering diet yang menggunakan bahan organic dalam menu makanan mereka.

Inspirasi Bisnis Makanan Catering Paling Menguntungkan 1

Makanan catering diet ini biasanya ditawarkan dalam harga yang relative yang lebih mahal karena bahannya pilihan juga memang telah dirancang khusus untuk orang diet. Biasanya untuk seporsi lengkap makanan dibanderol dengan harga 50 ribuan hingga yang termahal 150 ribu.

Bagi Anda yang tertarik mencoba usaha bisnis ini tidak ada salahnya menggali ide lagi untuk mengembangkan usaha bisnis catering diet sehat ini. Pasalnya saat ini karena terlalu sibuk orang jarang memperhatikan kalori yang di makan. Omzet yang di dapatkan untuk usaha ini bisa mencapai ratusan juta rupiah, lho jika Anda telaten dan terus berinovasi untuk mencari rasa yang cocok di lidah masyarakat.

Untuk membuka usaha catering ini tentunya tidak hanya modal yang perlu Anda siapkan melainkan inovasi menu sehat yang nikmat dan tentunya tidak membosankan. Dari berbagai bisnis lain, usaha makanan catering dirasa menjadi bisnis yang paling menguntungkan jika dihitung antara biaya yang di keluarkan dan pemasukan. Mengapa? Karena biaya ketersediaan bahan yang bisa ditekan namun tetap bisa menghasilkan untung yang besar. Hal itu tergantung dari kita untuk mensiasatinya.

Intinya untuk membuka bisnis yang menggiurkan ini, kita tidak hanya memperhatikan kualitas makanan yang kita jual juga perhatikan harga pasaran. Jangan sampai konsumen merasa enggan memilih jasa catering Anda karena harga yang terlalu tinggi, ya!