7 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Anak Introvert

Kamu introvert? 

Jika iya, pastikan kamu memilih jurusan kuliah yang tepat agar kamu nyaman menjalaninya. Jurusan yang tepat adalah jurusan yang membuat potensi orang introvert berkembang.

Lantas jurusan apa saja yang dimaksud? 

Langsung simak ulasan di bawah ini untuk keterangan lebih lengkapnya.

Jurusan Kuliah Untuk Introvert

Orang dengan kepribadian introvert cenderung pendiam dan suka  menyendiri jadi kalau bisa pilih jurusan yang tidak memerlukan banyak interaksi seperti jurusan di berikut.

  1. Sastra

Sastra biasanya berhubungan dengan kepenulisan. Kepenulisan berhubungan dengan pengungkapan perasaan lewat tulisan. Kebanyakan orang dengan kepribadian introvert akan sukses jika menekuni dunia sastra.

Apa yang mereka pikirkan bisa langsung diungkapkan dalam tulisan. Berbeda dengan orang extrovert yang sering tidak betah jika diharuskan menyendiri dan memahami sebuah sastra dalam jangka waktu lama.

  1. Akuntansi

Jika kamu termasuk introvert yang teliti dan suka berhitung maka jurusan akuntansi bisa kamu pilih. Jurusan dan pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi tidak memerlukan keterampilan berbicara. Jadi kepribadian pendiam dan suka menyendiri sangat cocok dengan jurusan satu ini.

  1. Desain grafis

Pecinta desain grafis akrab dengan kesunyian dan kesendirian. Mereka akan konsentrasi untuk menghasilkan karya yang luar biasa. Mereka pun tidak memerlukan kemampuan public speaking yang bagus.

Memang perlu kemampuan berbicara yang baik untuk mempresentasikan hasil desainnya. Namun bagus tidaknya desain tentu lebih mempengaruhi keberhasilan daripada bagus tidaknya kemampuan public speaking yang mereka miliki.

  1. Teknik Informatika

Teknik informatika juga sama dengan desain grafis. Kesamaannya yaitu cocok dilakukan oleh mereka yang betah bercengkrama dengan komputer atau laptop. Nah jika kamu memiliki bakat dan minat dalam bidang IT, kamu jangan melewatkan jurusan ini.

  1. Ilmu Perpustakaan

Saat mengambil jurusan perpustakaan, kamu hanya perlu kemampuan dalam mengelola dan manajemen data. Jadi orang yang pendiam pun bisa menjalaninya. Jika kamu seorang introvert yang suka membaca, pasti akan banyak kesenangan yang bisa kamu peroleh dari jurusan ini.

  1. Sains

Diam, meneliti, menulis jurnal hasil penelitian. Bukankah tiga hal tersebut sangat pas untuk kamu yang introvert? 

Kamu tidak perlu berkomunikasi dengan banyak orang jika masuk di jurusan sains.  Dengan kepribadianmu yang suka menyendiri, kamu mungkin malah bisa menemukan teori baru ataupun teknologi baru.

  1. Farmasi

Dalam meracik obat, ketelitian lebih penting dari kepandaian berbicara sehingga jurusan farmasi masuk daftar jurusan bagi kamu yang introvert. Nantinya jika sudah dalam dunia kerja, kamu harus berhadapan dengan pasien maupun dokter. 

Hal tersebut tentu tak menjadi masalah karena yang perlu dikomunikasikan mungkin hanya tentang obat-obatan.

Nah itu tadi 7 jurusan kuliah yang pas untuk anak introvert. Meskipun cocok untuk anak yang introvert, anak extrovert juga tetap bisa menekuninya. 

Jadi jangan heran jika anda nanti menemukan teman ekstrovert saat mengambil jurusan di atas.

Setelah mengetahui jurusan-jurusan untuk introvert, apakah anda sekarang sudah memutuskan memilih jurusan kuliah? 

Jika sudah, anda harus bergegas mencari info pendaftaran kuliah agar tidak ketinggalan saat mendaftar.

Untuk memudahkan anda dalam mendaftar, anda bisa menggunakan aplikasi goKampus

Aplikasi satu ini mampu membantu anda mendaftar ke universitas idaman tanpa perlu ribet. Ada pula layanan terkait beasiswa dan bonus khusus untuk pengguna jadi jangan sampai melewatkannya.

goKampus juga bekerjasama dengan Universitas Janabadra. Jadi kamu yang ingin kuliah di sana bisa langsung mendaftar lewat goKampus. Pendaftaran Universitas Janabadra dijamin lebih mudah dan lebih cepat.

Menyenangkan sekali kan? 

Makanya download aplikasi goKampus sekarang juga.

Share on:
About Arga Eryzal P

Semangat berbagi Ilmu Pengetahuan kepada Sesama Manusia untuk Meningkatkan mutu SDM Indonesia yang Unggul di Era Digitalsisasi. Kerjasama Bisnis : admin@ngeblogbareng.com

Tinggalkan komentar