Komponen Dasar SEO yang Harus Kalian Tahu

2
545

komponen dasar dalam seoBanyak blogger beranggapan bahwa SEO itu sulit, menakutkan, dan membingungkan. Padahal apabila kalian mengetahui Komponen Dasar Seo saja bukan tidak mungkin blog kalian akan nangkring di page 1 Google.

Pada pembahasan dasar SEO kali ini, saya akan merangkum segala hal yang saya mengerti dan apa yang telah saya lakukan untuk mengoptimasi blog.

APA ITU SEO?

Sebelum menuju ke pembahasan, kalian harus terlebih dahulu mengerti apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer”. Yang mana cara inilah yang sekarang banyak digunakan oleh blogger sukses dalam membidik keyword tertentu agar tampil di pencarian teratas mesin pencarian google.

Dengan melakukan hal yang mendasar dari sebuah SEO, kalian sudah dapat mengoptimalkan blog atau website kalian di mesin pencari. Apabila melakukan cara yang lebih lanjut bukan tidak mungkin blog teratas mesin pencari dengan keyword yang akan dibidik bisa saja tergeser. 🙂

Setelah mengerti tentang apa itu seo, langsung saja kita mulai pembahasan pada hal yang mendasar.

Terdapat 3 komponen dasar dalam seo yang harus kalian tahu dan terapkan saat akan mengoptimasi blog atau website di mesin pencari. 3 komponen dasar tersebut ialah Riset Kata Kunci (Keyword Research), SEO Onpage (Blog SEO Friendly), dan SEO Offpage (Backlinks).

Komponen Dasar SEO

Mari kita ulas ketiga komponen dasar tersebut secara rinci:

1. Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Kata kunci(keyword) adalah frasa atau singkatan kata yang biasanya orang ketikan di mesin pencari ketika ingin menemukan informasi yang akan mereka cari di Google Search Engine, misalnya : Ngeblog.

Keywords yang digunakan oleh orang kadang terdiri dari satu suku kata, dua suku kata, tiga suku kata, atau bahkan bisa sampai kalimat pendek, hal tersebut tergantung user pencari.

Riset Kata Kunci (Keywords Research) adalah cara yang dilakukan oleh pemilik blog untuk mencari dan menentukan kata kunci yang akan dibidik secara relevan dengan niche blog yang dikelola, untuk halaman utama maupun untuk artikel.

Dengan melakukan riset kata kunci, pemilik blog jadi tahu kata kunci apa yang banyak dicari oleh pengguna google serta bagaimana tingkat persaingan pada kata kunci tersebut.

Jika pemilik blog mengetahui dan memilih kata kunci yang tepat, peluang untuk berada di papan teratas google dengan kata kunci tertentu sangat besar. Hal tersebut tentunya sangat baik dalam mendatangkan trafik pengunjung yang potensial.

Ada banyak cara untuk melakukan riset kata kunci yang tepat. Salah satunya menggunakan tools gratis yang disediakan oleh Google, yakni Google Adwords Planner. Dalam artikel ini, saya tidak akan membahas cara untuk melakukan riset kata kunci. Akan saya bahas di postingan artikel yang lain.

2. MEMBANGUNG SEO ONPAGE

Komponen dasar seo ini mengharuskan blog kalian SEO Friendly alias ramah dengan mesin pencari. Sebuah blog memiliki standar tertentu sehingga mudah untuk ditelusuri dan dikenali oleh mesin pencari.

Selain itu, blog harus memiliki manfaat dan navigasi yang mudah bagi pengunjung agar tidak kesulitan dalam menemukan informasi apa yang mereka cari. Hal inilah yang juga disebut User Friendly.

Tidak semua hal dalam seo onpage memiliki pengaruh ke blog kita, ada sedikit yang saya ketahui memberikan efek yang cukup berpengaruh dalam seo onpage, antara lain:

A. PENEMPATAN KEYWORDS

Tempatkan kata kata kunci tertentu pada halaman blog yang ingin dioptimasi sehingga algoritma Google lebih memahami fokus yang dibahas. Bagian-bagian di dalam blog yang perlu ditambahkan kata kunci :

  • Tittle Tag / Judul Halaman
  • Meta deskripsi
  • Awal paragraf artikel
  • Internal links
  • H1, H2, dan H3 tags
  • Semantic URLs
  • Sistem navigasi
  • File gambar (alt)

B. MEMBUAT KONTEN YANG BERKUALITAS DAN RELEVAN

Bila dicermati, yang merajai SERP Google (Search Engine Result Page) saat ini sebagian besar ialah blog yang memiliki konten yang berkualitas dan relevan dengan kata kunci yang dicari pengguna.

Oleh karena itu, buatlah konten yang berkualitas dan relevan dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna search engine. Pertimbangkan pula untuk membuat konten artikel yang jelas dan lengkap disertai step by step pembahasan.

Biasanya konten yang jelas, berurutan, panjang, dan sesuai dengan topik pembahasan akan lebih mudah untuk masuk di halaman utama search engine google dan lebih lama berada di puncak pencarian pengguna.

Pastikan menempatkan kata kunci yang akan dibidik di 100-150 kata paragraf awal pada artikel blog bila ingin mengoptimasi artikel secara baik.

C. MENINGKATKAN INTERAKSI PENGUNJUNG BLOG

Tingkat interaksi pengunjung blog merupakan salah satu hal yang penting dalam seo onpage. Hal ini akan mengecilkan jumlah bounce rate (tingkat pentalan) dalam suatu blog.

Cara untuk mengurangi bounce rate ini adalah dengan menambahkan multimedia, misalnya gambar interaktif yang berupa penjelasan menarik akan membuat pengunjung lebih betah beralama-lama.

Selain itu, berikan kolom komentar agar pengunjung dapat menyampaikan komentar atas konten artikel yang telah kalian buat, akan lebih menarik lagi apabila terdapat interaksi antara pemilik blog dengan pengunjung.

D. TINGKATKAN KECEPATAN LOADING BLOG

Pihak google pernah menginformasikan bahwa tingkat kecepatan loading suatu blog berpengaruh dalam urusan seo. Blog yang loadingnya lambat diatas 2detik akan secepatnya ditinggalkan oleh pengunjung. Mereka mencari informasi di blog yang memiliki tingkat kecepatan yang bagus.

Terdapat banyak sekali cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading blog. Untuk wordpress saya menyarankan untuk menginstall plugin jetpack dan WP Super Cache.

BACA JUGA :  5 PLUGIN CACHE WORDPRESS TERBAIK 2018

Memilih template blog juga merupakan hal yang dapat meningkatkan kecepatan blog. Semakin ringan template yang dipakai, semakin cepat pula blog tersebut dimuat.

Sehingga hal inilah yang mempengaruhi algoritma google dalam hasil pencarian tertentu, Kalian bisa cek kecepatan blog di situs GT Metrix.

E. MENAMBAHKAN INBOUND LINKS

Menambakan link ke halaman blog yang lain dapat berpengaruh dalam seo. Pastikan menbambahkan inbound links yang relevan dan sesuai topik antara artikel 1 dengan yang lain.

Misalnya: Artikel A membahas tentang blogging, pastikan kalian menyisipkan link menuju ke artikel A bila saat membuat Artikel B membahas topik yang sama. Sebagai contoh kalian dapat melihat gambar dibawah ini.

inbound links seo

3. MEMBANGUN SEO OFFPAGE (BACKLINKS)

Secara sederhana, backlinks artinya tautan link dari sebuah halaman blog menuju ke blog lain. Dengan arti lain, blog satu memberikan rekomendasi kepada pengunjung ke blog yang lain.

Tujuan dari backlinks itu sendiri tentu jelas, untuk meningkatkan popularitas sebuah blog di internet. Sehingga blog yang direkomendasikan tersebut memiliki peluang yang bagus agar bisa bersaing di SERP Google.

Banyak sekali blog atau website yang dapat kita jadikan tempat untuk menanam backlinks, namun dibawah ini hanya beberapa saja yang saya ketahui dan lakukan untuk menanam backlinks.

A. LINK DARI MEDIA SOSIAL

Menyebarkan link dari media sosial selain disebut ajang promosi blog ternyata juga sebagai tempat yang cukup bagus untuk menanam backlinks lho. Meskipun hanya nofollow, tetapi lumayan lah sambil mempromosikan blog kita agar lebih dikenal orang lebih luas.

Biasanya saya mengggunakan Facebook, Twitter, Google+, dan Instagram untuk membangun backlinks sekaligus mempromosikan blog milik saya.

B. LINK DARI BLOG DA PA TINGGI

Jujur saja link ini lumayan sulit untuk didapatkan. Terdapat seleksi secara ketat oleh pemilik blog da pa tinggi yang mengharuskan kalian benar-benar membangun backlinks berkualitas.

Untuk mendapatkan backlinks dari sini, kalian harus mengirimkan artikel yang berkualitas. Terkadang syarat yang harus dipenuhi misalnya minimal 500-1000 kata per artikel.

Meskipun telah mengirimkan artikel ke pemilik blog, tidak bisa begitu saja langsung diterima. Biasanya pemilik akan menilai secara kualitas layak atau tidak untuk di publish di halaman blog mereka.

Dengan kerja keras dan berdoa, saya yakin kalian semua dapat dengan mudah membangun backlinks dari blog da pa tinggi seperti apa yang telah saya sampaikan tadi.

C. LINKS DARI BLOG ZOMBIE

Blog zombie? ahh serem.. apa tuh maksudnya?

Blog Zombie adalah blog yang sudah berumur dan tidak terpakai lagi biasanya da pa dan external links sudah bagus sehingga kita dapat menanam links dari blog tersebut.

BAGAIMANA CARA MENCARI BLOG ZOMBIE?

Untuk saat ini saya belum bisa memberikan artikel tentang cara untuk mencari blog zombie tersebut. Nah, kedepannya saya harap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel mengenai pencarian blog zombie.

BAGAIMANA CARA MENANAM LINKS?

Pada umumnya menanam links di blog zombie sama seperti biasanya. Kalian hanya perlu menulis artikel yang relevan dengan niche blog yang akan dituju oleh backlinks. Ingat jangan melakukan spam.

Blog zombie memiliki domain yang sudah berumur juga yang mana memiliki authority bagus sehingga kalau kita menanam links akan cepat terindeks oleh mesin pencari.

D. LINKS DARI FORUM

Menanam backlinks dari forum merupakan cara yang mungkin belum banyak orang tahu. Forum yang saya gunakan untuk menanam backlinks ialah Bersosial.com , Kaskus.com , forum kompas, forum detik, dan masih banyak lagi.

Biasanya forum-forum tersebut menggunakan links do follow. Efeknya akan lebih bagus dalam SEO blog kalian. Tapi pastikan jangan melakukan spam ya.

KESIMPULAN

Setelah mengetahui tentang apa saja komponen dasar SEO, saya harapkan cara diatas kalian terapkan dalam ngeblog atau bisa menjadi menambah wawasan kalian mengenai dasar SEO.

Apakah ada yang kurang? atau berbagi pengalaman kalian mengenai SEO? dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah ya… 🙂

2 KOMENTAR

Comments are closed.