Cara Memasang Lazy Load Google Adsense Terbaru 2019

Apa itu Lazy Load Google Adsense? Lazy load adsense adalah sebuah cara yang dilakukan untuk mengoptimasi kode iklan Google Adsense agar dimuat lebih cepat dan tidak memperberat kinerja loading website.

Google Adsense merupakan program periklanan milik Google yang menawarkan kemudahan dalam mendapatkan uang dari blog yang anda kelola. Google setiap saat memperbarui algoritma agar memberikan pelayanan lebih baik kepada publisher maupun advertiser.

Di sisi lain, kode iklan Google Adsense sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap kecepatan loading blog. Jika anda merasa keberatan dengan script iklan adsense, anda bisa mencoba cara yang satu ini.

Sebuah test dilakukan oleh penulis situs WpBloggingNerd (Diana Jensen) menunjukan, bagaimana bisa adsense memberikan dampak terhadap performa halaman website. Diana memasang 3 buah unit iklan pada tempat yang berbeda-beda.

Pengujian tersebut membuktikan bahwa ketika kode iklan adsense terpasang, kecepatan loading situs meningkat 34% sedangkan ukuran halaman 200% dan angka request mencapai 400%. Jadi, penelitian tersebut menunjukan jika memasang script google adsense di blog berdampak terhadap performa situs.

Kenapa harus Menggunakan Lazy Load Adsense?

Lazy load merupakan sebuah pattern web yang populer di dunia. Lazy load memudahkan pengunjung untuk melihat keseluruhan isi halaman tanpa mengurangi kecepatan loading. Jadi, halaman blog anda akan berhenti memuat ketika seluruh elemen yang penting termuat.

Dengan menggunakan lazy load untuk adsense, anda dapat mempercepat loading website tanpa khawatir script iklan adsense yang berat itu. Sehingga, pengguna lebih cepat menemukan informasi yang dicari dan mengunjungi halaman-halaman lain yang penting.

Cara Memasang Lazy Load Google Adsense di Website

Cara dibawah ini di khususkan bagi yang sudah berpengalaman dalam dunia web. Jika anda belum berpengalaman atau merasa ragu untuk menerapkan lebih baik hindari. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog.

Caranya adalah sebagai berikut.

Modifikasi pada Javascript

Javascript adalah bahasa pemograman yang terbilang cukup rumit. Jika anda tidak yakin untuk melakukan ini pada kode iklan google adsense sebaiknya jangan lakukan. Cara ini dilakukan untuk anda yang expert dan paham. Cara ini juga sudah diuji oleh Gulshan Kumar dan berhasil.

Setiap kode iklan google adsense pasti ada script berikut ini :

<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>

Hapus script di kode iklan google adsense seperti yang diatas. Kemudian, tambahkan kode dibawah ini di footer atau sebelum </footer> blog anda.

<!–noptimize–>
<script type=”text/javascript”>
function downloadJSAtOnload() {
var element = document.createElement(“script”);
element.src = “https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”;
document.body.appendChild(element);
}
if (window.addEventListener)
window.addEventListener(“load”, downloadJSAtOnload, false);
else if (window.attachEvent)
window.attachEvent(“onload”, downloadJSAtOnload);
else window.onload = downloadJSAtOnload;
</script>
<!–/noptimize–>

Ingat! Kami tidak menjamin dengan menggunakan cara diatas, blog akan terhindar dari Banned Google Adsense. Silahkan digunakan apabila anda paham resiko yang harus diterima.

Tetapi, sejauh ini saya melihat website yang menggunakan cara ini aman-aman saja. Belum mendapatkan surat cinta kasih sayang dari pihak Google.

Sekian cara memasang lazy load google adsense terbaru 2019. Semoga bermanfaat.