4 Manfaat Penting Analisis SWOT Untuk Bisnis

Membangun sebuah bisnis kini memang tengah menjadi tren terutama bagi generasi milennial, dapat kita amati saat ini banyak gerai-gerai makanan atau minuman yang mengusung konsep kekinian dan unik seperti bisnis kopi dan minuman boba yang tengah digandrungi. Memiliki sebuah bisnis juga dapat dikatakan sebagai alternatif profesi yaitu sebagai wiraswasta atau bahasa kerennya entrepreneur, alih-alih menjadi pegawai kantoran, kini generasi milennial cenderung lebih tertarik pada dunia usaha.

Dengan semakin banyak usaha yang lahir maka semakin baik juga kontribusinya bagi perekonomian Indonesia, karena lapangan pekerjaan akan otomatis bertambah dan mampu menyerap banyak tenaga kerja, patut diapresiasi langkah positif ini demi majunya Indonesia di masa yang akan datang.

Sebelum membangun sebuah bisnis, pastinya kita harus mempersiapkan segala hal supaya bisnis dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ekspektasi kita, maka diperlukan sebuah perencanaan bisnis yang baik. Salah satu teknik perencanaan bisnis adalah dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), merupakan sebuah analisis yang dapat memetakan kira-kira apa kelebihan dan kekurangan pada model bisnis yang sedang dikembangkan.

Analisis SWOT sendiri cocok digunakan baik bagi bisnis yang telah berjalan karena dapat digunakan sebagai cara untuk menilai seberapa baik bisnis itu, serta bagi yang baru ingin memulai sebuah bisnis merupakan kewajiban untuk melakukan analisis SWOT sebagai dasar perencanaan memulai bisnis yang baik.

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari cari tahu apa saja kelebihan dari penggunaan analisis SWOT bagi sebuah bisnis.

1. Tidak Memerlukan Banyak Biaya

Dalam pembuatan analisis SWOT, tidak memerlukan tenaga khusus dalam membuatnya karena yang terpenting dalam pembuatan analisis SWOT adalah pemahaman akan bisnis itu sendiri. Kita dapat memanfaatkan tenaga dari tim kita sendiri dalam pembuatannya, selain itu dalam membuat analisis SWOT tidak memerlukan keahlian khusus atau pelatihan, sehingga tidak memerlukan konsultan eksternal yang notabene memerluka biaya lagi.

Baca Juga: https://www.linovhr.com/cara-hitung-pph-21-karyawan-dengan-gaji-dibayar-mingguan/

2. Lebih Memahami Bisnis Anda

Dengan melakukan analisis SWOT, setiap orang yang terlibat mau tidak mau harus memahami seluk beluk bisnis tersebut supaya dalam pembuatan SWOT akan menghasilkan output yang sesuai. Biasanya setiap orang yang tergabung di dalam tim akan melakukan brainstorming dalam menentukan SWOT tersebut.

Nah apabila proses tersebut dilakukan secara baik, maka kesiapan anda dan tim dalam mempersiapkan sebuah bisnis akan semakin bagus bukan?

3. Analisis SWOT Dapat Berguna Sebagai Standar Penilaian

Pada kenyataannya, analisis SWOT tidak hanya berfungsi sebagai suatu cara dalam mempersiapkan bisnis anda, karena analisis ini juga bermanfaat ketika anda telah memiliki bisnis yang tengah berjalan. Analisis SWOT dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah produk atau jasa, merk, partnership, bahkan akuisisi.

Itu karena SWOT mengandung nilai-nilai penting di dalam pengambilan keputusan untuk keperluan bisnis. Misalnya saja anda memiliki sebuah produk yang telah dipasarkan dan telah ditetapkan target penjualan, namun target tersebut belum tercapai, menggunakan analisis SWOT dapat menjadi solusi. Anda dapat mengidentifikasi kira-kira kekurangan produk anda terletak di mana sehingga kalah bersaing dengan kompetitor.

4. Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan

Di dalam perancangannya, analisis SWOT tentu memerlukan banyak data baik yang bersifat kualitatif ataupun kuantitatif, hal itu pula yang menjadikannya poin plus karena seperti yang kita tahu bahwa semakin banyak data maka semakin banyak pula referensi yang dapat dipakai dalam perancangan analisis SWOT.

Pada akhirnya, proses pengambilan keputusan pun sangat terbantu dari banyaknya sumber data yang telah dikumpulkan.

Share on:
About Arga Eryzal P

Semangat berbagi Ilmu Pengetahuan kepada Sesama Manusia untuk Meningkatkan mutu SDM Indonesia yang Unggul di Era Digitalsisasi. Kerjasama Bisnis : admin@ngeblogbareng.com

Tinggalkan komentar