Kenali 5 Istilah Ini Sebelum Memilih Hosting yang Tepat

Anda tentu pernah mendengar istilah hosting, bukan? Istilah ini biasanya selalu disandingkan dengan domain. Namun, di mana letak perbedaan keduanya? Domain adalah alamat sebuah website, sedangkan hosting adalah lokasi website tersebut.

Bagi pemilik bisnis online, website adalah hal penting. Misal perusahaan Anda bergerak di bidang graphic design Jakarta, maka memiliki sebuah website yang representatif berisi portfolio karya design Anda sangatlah vital.

Website bisa menjadi personal branding agar bisnis online Anda terlihat profesional. Untuk membuat sebuah website, Anda tentu membutuhkan domain  dan hosting. Namun, memilih kedua hal ini tak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa memilih hosting yang tepat.

Beberapa istilah ini perlu Anda pahami agar bisa memilih hosting yang tepat untuk website Anda.

  1. Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah transfer data yang dihitung dalam satuan waktu atau biasa disebut juga dengan bit per second (BPS).  Bandwidth yang besar dan koneksi internet yang cepat mampu memindahkan sejumlah data jauh lebih cepat daripada koenksi internet dengan bandwidth yang rendah.

  1. RAM

Random Access Memory (RAM) adalah suatu tempat penyimpanan sementara. Namun, semakin besar RAM yang dimiliki maka hosting akan semakin cepat dalam memproses website.

  1. CPU

Central Processing Unit (CPU) adalah salah satu perangkat yang menjalankan instruksi dari perangkat lunak ke komputer. Bisa dikatakan, bahwa CPU ini adalah “otak” dari komputer. Mengapa demikian? Sebab, di dalam CPU terdapat prosesor yang bekerja untuk mengatur semua aktivitas komputer. Dalam dunia hosting, CPU inilah yang melaksanakan perintah yang diinstruksikan oleh website. Misalnya, ketika ada pengunjung yang melakukan klik pada tombil di website, maka CPU inilah yang akan melakukan instruksi tersebut.

  1. Inodes

Ini adalah jumlah file yang bisa ditampung oleh satu akun hosting. Jika inodes sudah penuh maka performa hosting akan terpengaruh. Pilih inodes sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. IO & IOPS

IO atau input-output dan IOPS sendiri adalah input-output per second. Kedua hal ini yang akan berpengaruh terhadap kecepatan hosting Anda. IOPS sendiri akan mengatur jumlah proses upload dan download dalam hitungan satu detik.

Untuk memilih hosting yang tepat, pastikan Anda memahami terlebih dahulu beberapa istilah di atas. Anda juga harus memilih hosting  yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar mempermudah bisnis yang Anda jalankan.

Referensi: http://www.daduweb.com