7 Cara untuk Menjadi Penulis Tamu

4
512

Menjadi Penulis Tamu mungkin masih terdengar sedikit asing bagi blogger pemula, demikian tidak untuk yang sudah mengetahui seluk beluk ngeblog. Banyak dan sering blog top terkenal yang telah memiliki reputasi menwarkan jasa untuk menjadi penulis tamu.

menjadi penulis tamu, guest blogger

Menjadi Penulis Tamu di blog lain memberikan banyak manfaat. Apa saja?

  • Cipratan trafik dari blog dengan visitor banyak
  • Meningkatkan reputasi
  • Mendapatkan backlink berkualitas
  • Mengasah kemampuan menulis artikel
  • Menjalin silaturahmi antar blogger

Nah, bagi anda yang sempat ragu dengan menjadi penulis tamu, tidak usah khawatir lagi akan hal itu. Disini saya akan memberikan 7 cara untuk menjadi penulis tamu versi ngeblogbareng. Apa sajakah itu? simak dibawah ini.

1. Memiliki Keinginan yang Kuat

Hal pertama dan harus anda miliki adalah keinginan yang kuat. Keinginan seperti apa? tentu anda tahu apa manfaat yang didapatkan dari menjadi penulis tamu diatas bukan? nah untuk mencapai itu, kita tidak bisa hanya modal nulis saja, tetapi harus diikuti dengan keinginan yang kuat.

2. Memiliki Rasa Percaya Diri

Mungkin ada dari kalian yang tidak percaya diri untuk menjadi penulis tamu, tentu dengan alasan yang berbeda – beda. Contohnya nih seperti ini:

  • Apakah tulisan saya diterima?
  • Tulisan saya bagus tidak ya?
  • banyak yang lihat tidak ya?
  • Waduh, 500 kata bisa tidak ya?

Nah, mulai saat ini hilangkan semua pikiran tadi, dan mulailah menulis di blog lain untuk kemajuan blogmu.

Dulu sih saya tidak mau ambil pusing soal menjadi penulis tamu, alasanya sih simple, gak pede aja dengan gaya tulisan. Baru tadi malam saya mengirimkan tulisan guest saya ke blog orang dan akhirnya diterima hehe… jadi dapat backlink deh πŸ™‚

3. Mengetahui persyaratan yang diberikan

Agar tidak salah dalam mengambil keputusan, alangkah baiknya baca berulang kali persyaratan yang ada untuk guest blogger. Biasanya persyaratan tersebut seperti ini:

  • Artikel tidak boleh copas
  • Lolos 100% Copyscape
  • Belum pernah ada sebelumnya

4. Menulis Artikel

Pastikan gaya tulisan yang anda buat tidak merujuk pada promosi blog anda. Selain itu, gunakanlah optimasi seo onpage pada tulisan dengan memperhatikan jumlah kata kunci, penempatan kata kunci, alt tag gambar, dll. Agar dapa memberikan limpahan trafik ke blog anda.

Baca Juga : TIPS MENEMUKAN IDE MENULIS ARTIKEL DALAM 5 MENIT

Jangan lupa, buat biodata anda di bagian author box. Ini bertujuan agar pemilik blog anda pengunjung tahu mengenai latar belakang anda di dunia ngebog.

5. Review Postingan

Setelah menulis artikel, cobalah untuk melihat tulisan anda terlebih dahulu sebelum mengirimkan artikel. Hal ini agar tidak ada kesalahan penulisan atau gaya bahasa yang kurang cocok, yang dapat anda revisi lagi tulisanya.

Jangan terlalu buru – buru mengirimkan artikel. Selain harus direview ulang, sebaiknya kita juga cek apakah masih ada plagiarism apa tidak. Usahakan kirimkan artikel yang 100% Unique dan fresh. Sehingga, usaha kita untuk menjadi penulis tamu tidak akan sia-sia.

6. Mengirimkan Tulisan

Setelah melewati tahap diatas, langkah selanjutnya adalah mulai untuk mengirimkan tulisan anda melalui email.

Setelah mengirimkan tulisan anda, mungkin butuh waktu 1 – 2 hari agar pemilik blog mereview terlebih dahulu tulisan anda layak atau tidak. Jika oke, pemilik blog akan approve tulisan anda dan memberitahukan anda kapan artikel tersebut dimuat didalam blognya.

Bagaimana bila anda ditolak? jangan langsung patah semangat, revisi tulisan lagi dan coba mengirimkan lagi.

Masih ditolak? ah, mendingan buat publikasi diblog aja daripada pusing gak diterima terus πŸ˜€

7. Promosi dan Jawab Komentar

Setelah tulisan anda full approve dan dipublikasikan, jangan lupa untuk promosikan tulisan anda di sosial media agar lebih banyak lagi dibaca orang sehingga mendapatkan banyak trafik kunjungan.

Dan jangan lupa untuk menjawab seluruh komentar yang datang, karena itu merupakan kewajiban guest blogger.

Demikianlah cukup sekiranya 7 Cara untuk Menjadi Penulis Tamu yang wajib anda coba. Semoga ini bermanfaat bagi kalian yang pesimis untuk menjadi penulis tamu. Ada yang memiliki cara lain mungkin?

4 KOMENTAR

  1. Ane bikin subdomain khusus buat penulis tamu, tp belum ada yg ngirim artikel wkwkwk…
    Padahal untuk ukuran blog baru 2 bulan, PA 8 & DA 8 udah lumayan kan πŸ˜‚

  2. Boleh ini tapi belum berani karena pasti tulisan saya ditolak. Maaf belum berani, klo boleh minta kritikan untuk blog saya

Comments are closed.