Ingin Jago Jualan? Ini Modal Awal Usaha untuk diKuasai!

By | Juni 23, 2019
modal awal usaha 5/5 (1)

Setiap pebisnis pasti memiliki modal awal usaha. Tanpa modal awal, anda tidak bisa menjalankan usaha yang akan digeluti. Apapun usahanya pasti akan membutuhkan yang namanya “Modal Awal” agar Jago Jualan baik itu offline maupun online.

Jika jualan secara online, mungkin banyak dari kita tidak merasa malu bila berhadapan dengan client. Tetapi, jika secara offline akan bertemu client secara tatap muka dan tentu harus mengobrol dengan si client untuk membicarakan bisnis. Bagaimana jika kita merasa minder?

Oleh karena itu, modal awal untuk usaha yang harus kalian kuasai agar jago dalam jualan, baik secara offline maupun online melalui media sosial.

Modal Awal Usaha agar Jago dalam Berjualan

Berikut ini 3 modal awal usaha yang harus kalian perhatikan agar jago dalam berjualan secara offline door to door atau online melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dll.

1. Modal Impian

Ini adalah modal paling penting yang harus Anda miliki. Anda harus punya impian kenapa ingin bisnis dan mulai jadi Reseller. Impian ini akan mendorong Anda untuk konsisten berjualan. Impian ini pula yang akan mendorong Anda untuk bisa mencapai target penghasilan meski tidak harus bekerja kantoran tetapi hanya bekerja dari rumah.

Bayangkan saja, bila Anda seorang ibu rumah tangga dan menjadi Reseller, Anda tetap bisa punya penghasilan meskipun Anda tidak punya modal uang banyak, tidak punya produk, dan tetap bisa mendampingi anak di rumah. Saya yakin ini menjadi impian banyak orang termasuk Anda.

Salah satu kunci penting dalam menulis impian anda adalah Anda harus menuliskannya dengan detail, jangan mengawang-ngawang.

2. Moda Percaya Diri (Pede)

Kunci orang yang sukses adalah dia tidak takut untuk membangun perkenalan dengan banyak orang. Percaya diri atau pede menjadi modal penting bagi seorang penjual atau Reseller untuk bisa memperoleh banyak closing. Saya paham apabila banyak di antara Anda yang punya masalah serupa di sini, tidak pede saat jualan.

Masalah ketidakpedean ini ujungnya adalah Anda tidak berani untuk menawarkan sesuatu yang Anda jual. Jualan itu harus pede! Saya sering menemui orang yang tidak konsisten jualannya karena ternyata dia tidak pede saat jualan.

Sebenarnya apa yang membuat orang tidak pede saat jualan?

  1. Kurang menguasai informasi detail produk
  2. Takut di tolak
  3. Kurang menguasai cara jualan
  4. Minder
  5. Belum ada pengalaman

Buat anda yang mungkin belum pede jualan, saya akan membagikan 3 hal sederhana agar bisa pede jualan.

  1. Kuasai Info Produknya
  2. Niatkan Untuk Membantu Orang
  3. Terus Belajar Untuk Kuasai Cara Jualan

3. Modal Kemampuan Berjualan

Kunci sukses untuk jago jualan selain punya impian, juga harus punya mindset pede saat jualan. Mindset pede saat jualan baru bisa dibangun jika si penjual menguasai produk yang dijual dan cara menjualnya. Pede atau tidak pede seringkali karena kemampuan kita yang kurang dalam berjualan.

Dengan kemampuan berjualan yang baik, akan meningkatkan retensi pelanggan anda. Produk jualan anda lebih mudah untuk diingat karena memiliki pelayanan dan kualitas barang yang bagus. Ini menjadi nilai plus tersendiri bagi bisnis anda.

Selain pede, kemampuan untuk menjual sepeti komunikasi dengan calon pembeli sangat dibutuhkan. Anda akan seringkali berhadapan dengan client dan diberikan pertanyaan seputar produk yang dijual. Apabila tidak pandai berkomunikasi, maka calon pembeli akan merasa kurang puas dengan pelayanan penjual.

Itulah 3 modal awal usaha yang dapat saya bagikan untuk bisnis secara online maupun offline. Tergantung, usaha kalian untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Berikan Rating

Author: Arga Eryzal P

Seorang PART-Time Blogger, fokus ke penulisan artikel untuk Blog.