5 Hal ini Harus Dihindari saat Memilih Nama Domain yang Bagus

Memilih nama domain yang bagus merupakan salah satu langkah awal yang penting saat membangun sebuah website. Untuk membuat website mudah dikenali dan penyebutan yang mudah, maka pertimbangkan faktor-faktor peting ketika mencari sebuah domain.

Nama domain seringkali menjadi hal pertama yang dilihat orang (first impression) dan hal ini bisa berpengaruh besar terhadap kesan pertama pengunjung melihat brand website anda. Oleh karena itu, pemilihan nama domain yang tepat sangat penting untuk dilakukan.

Berikut ini akan saya bagikan hal-hal yang harus dihindari ketika memilih nama domain untuk website personal maupun corporate. Selain mendaftarkan nama domain, anda juga bisa memilih nama domain premium (maksimal 4 karakter) yang cocok digunakan untuk skala perusahaan.

5 Hal yang Harus Dihindari saat Memilih Nama Domain yang Bagus

Meskipun tidak ada ilmu khusus untuk memilih nama domain yang bagus, tetapi ada sedikit aturan yang bisa menjadi patokan  untuk memilih nama domain yang sesuai dengan brand bisnis anda.

1. Hindari Penggunaan Tanda Hubung

Tanda hubung (-) atau hyphens merupakan suatu simbol yang bisa digunakan untuk mendaftarkan nama domain. Meskipun bisa digunakan, tidak sedikit blogger yang menghindari menggunakan tanda hubung ini ketika memilih domain karena terlalu sulit dilafalkan.

Selain itu, resiko lain yang didapat dari penggunaan tanda hubung ini adalah pengunjung sering lupa menambahkan tanda tersebut ke domain ketika ingin mengakses URL website anda. Sehingga peluang website mandapatkan trafik sangat kecil dan pengunjung mungkin saja lari ke website kompetitor.

Sebenarnya tanda hubung dapat memberikan banyak variasi dalam pemilihan nama domain. Akan tetapi, jika tidak dilakukan dengan optimal maka masalah kecil ini bisa menjadi boomerang bagi brand website anda ke depan. Dan saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan tanda hubung didalam domain.

2. Hindari Penggunaan Karakter Angka

Penggunaan karakter angka dalam domain sebisa mungkin harus dihindari. Mengapa bisa begitu? Selain mengedepankan kemudahan pengucapan, nama domain yang mengandung angka jauh lebih sulit dihafalkan daripada menggunakan tanda hubung.

Seiring menurunnya tingkat ketersediaan nama domain, beberapa perusahaan memang telah mengambil kebijakan yang cukup berani dengan menyisipkan angka di awal, tengah, maupun belakang nama domain. Misalnya Rendang123, nama domain tersebut mungkin mendominasi kata kunci dibidangnya dan tidak ada kendala sama sekali.

Namun perlu anda ketahui, banyak brand perusahaan yang melakukan kampanye iklan secara massive untuk menutupi penggunaan karakter angka dalam domain. Mereka rela merogoh kocek untuk biaya periklanan demi mendatangkan calon pembeli potensial tanpa memperdulikan nama domain.

Untuk itu, bagi sebagian pengusaha pemula alangkah lebih baik untuk menghindari penggunaan karakter angka dalam domain. Atau anda boleh saja menggunakan angka tetapi apakah sudah siap dengan biaya iklan yang besar untuk menggaet calon pembeli potensial? Do it at your own risk!.

3. Hindari Menggunakan Ejaan yang Lucu

Sama halnya dengan penggunaan karakter angka dan tanda hubung, menggunakan ejaan yang lucu juga harus anda hindari. Saya pikir sebagian besar perusahaan sudah menghindari penggunaan ejaan lucu ini. Tetapi, saya melihat juga masih ada beberapa brand yang menggunakan ejaan tersebut karena dianggap lucu dan menarik pembeli.

Hal tersebut sebenarnya boleh saja dilakukan, namun satu hal yang harus dipertimbangkan adalah apakah ejaan tersebut ikut dicari di mesin pencari?. Misalnya HeyNgeblogYuk, kata hey dan yuk merupakan ejaan yang lucu dan sudah seharusnya untuk dihindari.

Untuk dapat bersaing di mesin pencari, anda harus memilih nama domain yang benar-benar unik dan bisa dijadikan brand untuk personal maupun perusahaan. Jika ada ejaan seperti diatas, sudah bisa dipastikan anda kalah sebelum pertempuran SERP dimulai.

4. Hindari Penggunaan Istilah Asing

Website seringkali dimanfaatkan oleh pebisnis untuk membranding perusahaan mereka. Jangan heran apabila nama domain mereka mengandung istilah asing yang tentu sulit untuk diingat. Di era sekarang ini, pengguna internet tidak ingin ribet dalam mengingat sesuatu apalagi istilah asing yang belum pernah mereka temui sebelumnya.

Alih-alih memberikan kesan kekinian, pemilihan nama domain yang menggunakan istilah atau sebutan asing tersebut justru akan membahayakan brand perusahaan. Solusinya adalah anda bisa memilih domain menggunakan istilah asing, tetapi gunakanlah esktensi selain .com misalnya, .xyz, .org, .sleep, .io, dan masih banyak lagi.

Contohnya seperti argaeryzalp.my.id, website yang saya gunakan untuk personal branding ini tidak menggunakan ekstensi .com melainkan .my.id yang menunjukan identitas personal. Sebenarnya bisa saja menggunakan ekstensi com, akan tetapi saya ingin mencoba sesuatu yang baru dengan menggunakan ekstensi subdomain Indonesia.

5. Hindari Penggunaan Merek Dagang

Konsep pendaftaran domain “siapa cepat, dia dapat” mungkin harus disikapi lebih bijaksana lagi apabila ingin mendapatkan nama domain yang diinginkan. Meskipun nama domain atau merek dagang tesebut masih tersedia, alangkah lebih aman untuk menghindari nama domain yang terdapat merek dagang.

Hal tersebut dilakukan bukan secara asal-asalan, melainkan untuk berjaga-jaga jika suatu saat perusahaan yang punya brand tersebut melakukan klaim atas nama domain mereka. Umumnya, nama domain yang bagus sudah banyak diambil oleh beberapa perusahaan dan dijadikan merek dagang oleh mereka.

Contoh penggunaan merek dagang yang harus dihindari adalah sebagai berikut :

  • Google.id (merek dagang asli google.com)
  • BMW.id (merek dagang asli BMW.com)
  • NASA.id (merek dagang asli NASA.com)
  • dan lain sebagainya.

Nama Domain yang Bagus sebagai Langkah Awal Investasi Personal atau Perusahaan

nama domain yang bagus untuk perusahaa

Setelah mengetahui 5 hal yang harus dihindari ketika memilih nama domain yang bagus, saatnya bagi anda untuk mengamankan nama domain yang diinginkan dan masih tersedia di Internet. Seperti yang sudah disinggung diatas, pemilihan nama domain tidak ada aturan khusus, tetapi ada hal-hal untuk dijadikan patokan.

Pastikan anda memiliki nama domain cadangan ketika nama yang diincar tidak tersedia. Saya merekomendasikan untuk membeli nama domain di Domainesia. Selain harga yang murah dikantog, anda juga bisa memilih ekstensi lain selain com dan net.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar