Optimasi SEO OnPage dengan Benar pada Blog

4
490

optimasi seo onpage

Optimasi SEO OnPage merupakan satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas blog kalian di mata mesin pencari google. Ini juga merupakan salah satu konsep dasar dari seo.

Sebetulnya, cara ini sama saja dilakukan di platform wordpress, blogger, tumblr, dan lain sebagainya. Tetapi menurut saya lebih nyaman menggunakan wordpress karena telah disediakan berbagai macam plugins yang siap membantu mengoptimasi seo pada blog kalian.

Cara untuk melakukan optimasi seo onpage pada blog itu sangat mudah, bila kalian mengerti caranya. Blog yang dioptimasi seo onpage, akan memiliki peluang yang bagus untuk bertengger di page 1 search engine google.

Untuk kalian yang masih belum paham mengenai optimasi seo onpage, dapat menyimak secara baik apa yang saya akan tulis dibawah. Bila sulit untuk dipahami, baca perlahan-lahan. Bila sudah memahami dengan betul, langsung mempraktekan adalah langkah yang bagus ya sob…

LANGKAH-LANGKAH SEO ONPAGE PADA BLOG

Berikut adalah langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengoptimasi seo onpage untuk mendapatkan SERP (Search Engine Result Page) yang bagus pada mesin pencarian google.

1. MAKSIMALKAN PENGGUNAAN TITTLE TAG

Pada bagian tittle tag atau judul inilah tempat kalian meletakan kata kunci awal. Menurut pakar seo ternama, kata kunci yang diletakan pada awal kalimat judul lebih bagus daripada berada pada tengah atau akhir judul.

Sebagai perbandingan dan contoh kali ini kita akan membuat tittle tag dengan kata kunci “Panduan Ngeblog”. Setelah melakukan riset keyword, didapatlah hasil dari judul artikel sebagai berikut :

  1. Panduan Ngeblog untuk Pemula Sampai Sukses
  2. Cara Pemula dalam Panduan Ngeblog agar Mahir

Nah, dari kedua judul yang telah didapat diatas, seperti apa yang telah saya sampaikan kata kunci yang diletakkan diawal kalimat judul akan lebih disukai oleh mesin pencari.

Search Engine Google akan memprioritaskan artikel dengan tittle tag yang mengandung kata kunci pada awal kalimat. Inilah yang harus kalian perhatikan sebelum membidik suatu keyword.

Usahakan setiap kita akan menempatkan kata kunci yang dibidik, letakkan keyword tersebut pada awal kalimat judul agar mendapatkan SERP yang bagus di mesin pencarian.

2. PENGGUNAAN META DESCRIPTION

Pergunakan meta description untuk meletakan deskripsi atau ringkasan dari judul yang telah dibuat tadi. Panjang huruf pada deskripsi, saran saya sampai 160 saja. Mesin pencari biasanya menggunakan jumlah maksimum 160 dalam penyajian meta description pada SERP.

Deskripsi inilah yang menjadi pilihan kedua bagi calon pengunjung setelah tittle tag atau judul. Jadi, optimalkan penggunaan meta description. Buatlah meta description yang mengundang klik banyak orang.

Selain itu, jangan lupa pula untuk tetap memasukan keyword yang akan dibidik pada 100 – 160 paragraf awal saat akan membuat meta description. Penggunaan inilah yang akan meningkatkan ranking blog kalian di mesin pencari.

3. GUNAKAN PERMALINKS YANG SEO FRIENDLY

Lagi – lagi kita bertemu dengan permalinks seo friendly. Setelah kemarin sudah saya jelaskan mengenai komponen dasar seo yang didalamnya terdapat banyak sekali dasar-dasar dari seo yang harus kalian ketahui.

Sering sekali kita menemukan penulisan struktur url atau permalinks yang beraneka macam. Ada yang sulit untuk di hapal dan ada pula yang mudah sekali untuk dihapal.

Berikut adalah contoh URL yang tidak dianjurkan untuk digunakan :

  1. https://www.ngeblogbareng.com/kskdwjajdasdEAsdAAdDS53A
  2. https://www.ngeblogbareng.com/P392
  3. dan sejenisnya…

Alangkah baiknya bila kita membuat url yang lebih mudah diingat dan sependek mungkin. Semakin pendek url kalian, akan semakin disukai oleh mesin pencari google

Contoh URL yang baik dan SEO Friendly :

  1. https://www.ngeblogbareng.com/keunggulan-wordpress/
  2. https://www.ngeblogbareng.com/komponen-dasar-seo/
  3. https://www.ngeblogbareng.com/rental-alat-outdoor-ambarawa/
  4. dan sejenisnya…

Jangan lupa, pada url tersebut sematkan kata kunci didalamnya agar menghasilkan SERP yang bagus dengan kata kunci yang dibidik.

BACA JUGA : STRUKTUR URL SEO FRIENDLY UNTUK PLATFORM WORDPRESS

Seperti halnya Tittle Tag dan Meta Description, penggunaan url yang seo friendly sangat penting karena merupakan penunjuk alamat blog atau artikel yang kita buat.

4. OPTIMASI GAMBAR PADA ARTIKEL

Cara lain yang tidak kalah penting adalah optimasi gambar pada artikel. Biasanya, para blogger khususnya pemula sering melupakan cara ini.

Padahal, mengoptimasi gambar pada artikel adalah hal yang sangat perlu untuk menunjang posisi artikel kita di SERP. Gunakalah minimal 1 gambar pada setiap postingan. Jangan terlalu banyak, cukup 1-4 gambar saja. Bila perlu kalian boleh saja menggunakan gambar lebih dari itu.

Agar lebih seo friendly gunakanlah cara ini :

  1. sertakan atribut alt
  2. isi deskripsi gambar
  3. nama file harus sesuai dengan topik pembahasan
  4. sesuaikan ukuran gambar
  5. compress gambar agar lebih kecil ukurannya

Selain penting bagi seo, gambar juga penting bagi pengunjung. Karena sebagian besar pengunjung akan tertarik ketika melihat ada visualisasi dari artikel tersebut disamping sebagai gambar pendukung atau penjelas.

Artikel tanpa gambar akan terasa hambar layaknya sayur tanpa garam. Oleh karena itu, maksimalkan penggunaan gambar pada setiap postingan artikel kalian.

5. PENEMPATAN KEYWORD 100-160 KATA PERTAMA

Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa penempatan kata kunci yang bagus adalah pada 100-160 kata pertama dalam artikel.

Google sangat menyukai artikel yang terdapat minimal satu kata kunci yang diulang pada artikel yang dibuat.

Meskipun begitu, dalam lingkup pakar seo hal ini masih diperbincangkan. Ada yang memperhatikan tingkat kepadatan kata kunci (keywords density), ada pula yang berpendapat harus natural.

Mesin pencarian menganggap paragraf pertama dalam artikel merupakan bagian penting dari sebuah artikel. Oleh karena itu, saya menyarankan agar penempatan kata kunci berada pada 100-160 kata pertama.

Penempatan ini berfungsi bagi seluruh pengguna CMS(Content Management System) apapun, tidak terkecuali wordpress. Untuk wordpress bisa menggunakan cara diatas ataupun menempatkan kata kunci menggunakan plugin.

6. GUNAKAN LONG TAIL KEYWORDS PADA JUDUL

Apakah kalian sudah tau mengenai long tail keywords ini? Long Tail keywords adalah sebuah kata kunci yang telah dikembangkan menjadi beberapa suku kata atau lebih.

Walau biasanya tidak akan muncul pada saat mengetikan long tail keywords tersebut dalam mesin pencari, tetapi para pengunjung organik google biasanya mencari suatu informasi yang penting dengan menuliskan long tail keywords ini.

Saran saya, buatlah judul artikel yang berpeluang untuk mendapatkan klik dan trafik organik dari mesin pencari dengan menambahkan beberapa kata pada kata kunci yang akan kita bidik. Dengan begitu, peluang artikel kita berada pada halaman teratas google akan besar.

Perhatikan pula penggunaan kata didalamnya, Mesin pencari biasanya akan deindex artikel yang kedapatan dibuat dengan judul tentang hal yang dilarang oleh google. Misalnya tentang pornografi, perjudian, jual beli ilegal, dan lain sejenisnya.

7. BUATLAH ARTIKEL PANJANG

Bila kalian akan membidik sebuah kata kunci dengan tingkat persaingan kompetitor yang tinggi, disarankan untuk membuat artikel yang panjang.

jumlah kata dari artikel

Menurut pakar seo pada dunia industri seperti Capsicum Mediaworks, meneliti bahwa artikel yang dibuat dengan panjang sekitar 2000 akan lebih mudah untuk menduduki posisi teratas mesin pencarian.

Hehehe banyak sekali jumlah katanya ya, tidak capek? Percayalah hal tersebut sangat capek dan membutuhkan waktu berhari hari 😀

Kalau menurut saya, di indonesia ini kata kunci teratas masih berada pada kisaran 800 kata keatas. Jadi, saran saya buatlah sekiranya minimal 1000 kata atau bahkan lebih setiap akan membuat artikel baru, hal tersebut sangat bagus untuk bersaing pada halaman teratas mesin pencari.

8. GUNAKAN KATA KUNCI LSI (LATENT SEMANTIC INDEXING)

Kata kunci LSI adalah kata kunci turunan yang masih relevan dengan kata kunci yang akan dibidik. Disarankan untuk menggunakan 1 LSI saja pada artikel yang dibuat. Dengan begitu, peluang tampil pada pencarian teratas akan semakin bagus.

Mungkin dari kalian yang membaca artikel ini mengatakan seperti apa sih LSI itu?

Ok baik akan saya jawab sesuai apa yang telah saya ketahui mengenai LSI ini. Jangan memasukan kata kunci sembarangan alias tidak dengan riset belum tentu dianggap sebagai LSI oleh mesin pencari.

Sebenarnya, terdapat berbagai macam cara untuk mencari LSI ini. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur gratis yang disediakan oleh mesin pencarian google.

Misalnya kita akan mencari turunan dari kata kunci “cara seo onpage”, masuk ke laman pencarian google dengan mengetikan keyword tersebut. Bila hasil pencarian telah muncul kini saatnya kalian scroll ke bawah dan akan menemukan kata-kata terkait yang disarankan oleh mesin pencari seperti gambar dibawah ini.

kata kunci lsi

Dari hasil pencarian dengan memasukan kata kunci tertentu yang telah kalian lakukan tadi, akan muncul beberapa rekomendasi kata pencarian atau keyword turunan yang terkait dengan kata kunci yang digunakan.

Dari beberapa kata kunci turunan yang muncul tersebut, kita dapat memilih dan mengembangkan lagi kata kunci turunan yang relevan dengan kata kunci utama yang dibidik.

Bagaimana cara penempatannya? Tempatkan saja langsung pada artikel yang akan kalian buat.

Ok dengan demikian, langkah-langkah optimasi seo onpage yang dapat saya tuliskan sesuai dengan apa yang telah saya ketahui mengenai hal seo onpage.

Apabila kalian memiliki atau sedang melakukan langkah lain, tidak ada salahnya berbagi atau bertukar ilmu dengan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini. Atau mungkin masih ada yang belum jelas juga dapat ditanyakan.

Sekain, ilmu kali ini bermanfaat 🙂

4 KOMENTAR

Comments are closed.