Ketahui 5 Faktor Penyebab Loading Website Lambat!

Sebagai pemilik website tentunya kalian tidak mau kecepatan loading situs kalian lambat untuk diakses. Seperti yang sudah saya singgung di postingan yang lain, kecepatan loading suatu website sangat berpengaruh terhadap SEO dan Pengunjung blog.

Website yang memiliki loading yang lambat, akan dengan mudah kehilangan pengunjung. Mereka merasa sulit untuk mengakses informasi yang dibutuhkan,

oleh karena itu mereka dengan segera meninggalkan website kalian dan beralih ke kompetitor yang memiliki loading website yang ngebut.

Untuk itu, perlu sekiranya mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan loading website kalian menjadi lambat. Yuk langsung saja simak penjelasan saya dibawah.

PENYEBAB LOADING WEBSITE LAMBAT YANG KAMU HARUS TAHU!

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan website kamu lambat ketika diakses oleh pengunjung. Apa saja faktor penyebabnya?

1. Faktor Hosting

Jika kalian menggunakan CMS WordPress, faktor penyebab loading website lambat yang patut untuk dicurigai pertama kali adalah hosting.

Mengapa demikian? Hosting ibaratkan rumah kalian, jika tidak bisa diakses berarti ada yang salah dengan rumah tersebut.

Beberapa kesalahan tersebut antara lain adalah Bandwith Limit, Visitor yang membludak, kualitas server hosting kurang baik, space disk kurang besar, dan lain sebagainya.

Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengupgrade paket hosting yang telah kalian pilih sebelumnya ke yang lebih besar.

Pilihlah hosting yang telah menggunakan teknologi SSD (Solid State Drive). SSD memiliki kualitas lebih baik dalam membaca data pada server dibandingkan dengan menggunakan HDD (Hard Disk Drive).

Selain itu, jangan tergiur penyedia hosting yang menawarkan harga sangat murah. Memilih hosting yang bagus itu ada harga ada kualitas!

Selain memilih hosting yang menggunakan SSD, anda perlu memperhatikan fitur yang ada di hosting tersebut seperti Litespeed Cache.

Menurut para pakar website, teknologi yang dibuat oleh litespeed terbukti ampuh mempercepat kinerja loading blog anda.

2. Faktor Theme

WordPress telah menyediakan banyak sekali theme siap pakai di direktorinya yang tentunya aman untuk digunakan. Tetapi, belum tentu semua theme yang disediakan memiliki loading yang cepat.

Bahkan, beberapa theme bisa menyebabkan loading website kalian menjadi lambat dan sulit untuk diakses. Oleh karena itu, perlu disini kalian perhatikan dengan serius mengenai penggunaan theme untuk keperluan ngeblog.

Theme yang memiliki struktur kode yang baik, dibangun oleh developer bagus maka akan semakin meminimalkan resiko loading website lambat.

Karena, baris demi baris kode theme sudah dioptimasi dengan baik oleh pihak developer theme.

Kalian bisa menggunakan theme yang ringan dan perlu di garis bawahi, menggunakan banyak sekali widget di website akan menjadikan berat untuk diakses. Saran saya, kurang penggunaan widget yang tidak perlu.

Rekomendasi theme yang ringan premium untuk digunakan dari penyedia Elegant Themes, CSS Igniter, Themeforest, Themeisle, Idtheme, dan masih banyak lagi. Jika ingin menggunakan theme gratis yang ringan seperti Twenty Ten, Twenty Eleven, dan lain sebagainya.

Selain themes dari publisher diatas, saya lebih cenderung suka buatan themonic yaitu Iconic One Pro. Theme ini sangatlah fast loading dan seo friendly.

Untuk dapat menikmati theme ini, anda bisa membelinya lewat developer themonic seharga $49 untuk lifetime update.

Tetapi, untuk anda yang membaca artikel ini ada penawaran murah dan hemat. Anda bisa mendapatkan theme iconic one pro lifetime update seharga 100rb saja untuk unlimited website.

Apabila berminat, anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak form.

3. Faktor Plugins

Tidak hanya hosting dan theme saja yang berpengaruh terhadap kecepatan loading website, melainkan plugins juga memiliki peran terhadap faktor penyebab loading website lambat.

Semakin banyak plugins yang kalian install, semakin banyak pula penggunaan Resource CPU dan membuat website anda menjadi lambat ketika diakses.

Oleh karena itu, saya sangat menyarankan untuk menggunakan plugins yang diperlukan saja. Jika terdapat plugin yang sudah tidak terpakai sebaiknya kalian uninstall saja.

Kalian bisa mencoba menggunakan plugin cache agar website lebih cepat dimuat. Terdapat banyak kelebihan jika menggunakan plugin tersebut, salah satunya bisa mempercepat loading website dengan otomatis sekali klik. Sangat simple sekali bukan?

Agar terhindar dari penyebab loading website lambat yang lain, batasi penggunaan jumlah plugins. Bila sekiranya tidak perlu, tidak usah diinstall.

Pastikan menggunakan plugins dari developer terpercaya. Pasalnya, plugins nulled sangat berbahaya bagi website karena rentan akan backdoor yang dapat membuat buruk kinerja sebuah website.

4. Faktor Ukuran Gambar

Artikel akan terasa hambar jika tidak disertakan gambar bukan? tetapi, bagaimana jika gambar yang digunakan memiliki dampat terhadap kecepatan loading website kalian? tentunya tidak mau terjadi seperti itu kan?

Tidak ada salahnya kalian menggunakan gambar sebagai penunjang artikel. Tetapi, tidak semua gambar memiliki ukuran yang sama.

Bahkan, jika kualitas gambar bagus maka ukuran file gambar juga akan bertambah semakin besar. Bila dipaksakan untuk tampil di artikel maka tentu akan memperberat loading website.

Apalagi jumlah postingan kalian yang banyak sekali, akan sangat membebani kinerja loading website kalian apabila gambar tidak disesuaikan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan gambar pada artikel sebaiknya di kompress terlebih dahulu. Agar ukuran menjadi kecil dan tidak membebani loading.

Terdapat banyak tools di google yang dapat kalian gunakan, misalnya Compress JPEG, iLoveIMG, TinyJPG, Compress PNG, dan masih banyak lagi.

Ada pula plugins yang dapat membantu kalian untuk memperkecil ukuran gambar, yakni saya merekomendasikan WP SMUSH It.

Plugin ini dapat mengkompresi ukuran gambar setiap kali upload secara otomatis. Jadi, kalian tidak perlu capek untuk mengkompress secara manual.

5. Faktor Trafik

Setiap blogger pasti menginginkan sebuah trafik menuju website-nya. Akan tetapi, bagi pengguna wordpress hosting ini merupakan dilema.

Pasalnya, tidak hanya ke 4 faktor yang telah saya sebutkan diatas melainkan trafik juga memiliki pengaruh yang signifikan sebagai penyebab loading website lambat.

Kelebihan trafik dapat menyebabkan website kalian lambat bahkan yang paling parah tidak bisa diakses alias overload.

Jika sudah begitu, mau tidak mau kalian mengalami kerugian dari sisi uptime hosting dan penjualan. Yang semula membangun website untuk keperluan bisnis tetapi justru tidak bisa diakses.

Untuk mengatasi faktor tesebut, kalian bisa megupgrade kapasitas hosting kalian menjadi lebih besar. Spesifikasi hosting yang kecil dapat menampung beberapa jumlah pengunjung.

Jika website mengalami peningkatan pengunjung yang signifikan, ini akan berbahaya jika tidak segera diatasi.

Bila memiliki budget lebih, sebaiknya sewa VPS (Virtual Private Server) sendiri. Kalian menempatkan website pada sebuah server sendiri.

Sudah pasti kalian memiliki resource server yang besar, sehingga ketika mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan kita tidak perlu lagi kebingungan untuk memindahkan atau mengupgrade kapasitas hosting.

Terdapat penyedia layanan VPS lokal maupun luar negeri. Mulai dari harga $5/bulan saja kalian bisa mendapatkan sebuah VPS.

Penyedia lokal saran saya menggunakan layanan dari Domainesia. Gunakan kode kupon “NBVPS” ketika akan membeli VPS agar mendapatkan diskon sebesar 2o% selamanya.

Itulah tadi faktor penyebab loading website lambat yang perlu kalian ketahui. Jika anda mengetahui faktor lain yang menyebabkan loading website menjadi lambat, bisa beritahu saya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.