Ternyata, Inilah Perbedaan antara Blog dengan Website secara Rinci

By | September 9, 2019
perbedaan blog dan website 5/5 (1)

Untuk anda yang baru mengenal ngeblog, mungkin satu hal yang membuat bingung adalah mengenai perbedaan blog dan website. Apa sih yang membedakan keduanya?.

Disini anda harus paham dan bisa membedakan mana yang blog dengan website agar dapat menentukan platform ngeblog yang tepat.

PENGERTIAN BLOG DAN WEBSITE

Sebelum membahas lebih jauh, kali ini saya akan memberikan pengertian antara blog dan website.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Sumber Wikipedia.

Sedangkan…

Website adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser dan juga jaringan internet. Sumber Indowebsite.

Melihat kedua pengertian diatas, sampai saat ini anda sudah sedikit memahami apa perbedaan antara blog dan website.

Secara universal, website adalah penyebutan umum yang digunakan untuk menyebut situs web di internet. Misalnya www.google.com , www.facebook.com , www.youtube.com , dan masih banyak lagi.

Sedangkan blog adalah bentuk lebih spesifik dari sebuah website. Dari segi pengelolaan, blog sangat mudah bagi orang awam karena tampilan antarmuka yang di buat memang untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Sebagian orang biasanya menyebut blog sebagai website pribadi.

PERBEDAAN BLOG DAN WEBSITE

Lalu, apa ciri-ciri yang membedakan antara blog dan website? Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari blog dan website.

PENGGUNAAN HOSTING

Dalam hosting, memang harus menyesuaikan dengan kebutuhan situs. Blog mungkin akan lebih banyak memakan budget untuk menyewa hosting karena banyak berisi file gambar dan postingan yang dibuat.

Untuk website biasanya membutuhkan sedikit resource hosting, sekitar 200mb saja sudah cukup untuk membuat landing page situs saja.

NAMA DOMAIN

Melihat nama domain sebuah situs, maka kita sudah bisa membedakan mana blog dan mana website. Blog memiliki nama domain yang singkat, mewakili brand situs, dan menggunakan ekstensi umum.

Ekstensi domain umum yakni .com dan .net meskipun saat ini sudah ada ekstensi domain indonesia dari PANDI yaitu .id

Contoh Nama domain blog adalah sebagai berikut.

  • ngeblogbareng.com
  • sugeng.id
  • igniel.com
  • contohblog.com

Sedangkan…

Website menggunakan nama perusahaan atau produk dan jasa yang dijual. Misalnya seperti :

  • jualbuah.com
  • digitalmarketing.net
  • jualkaosmurah.net
  • kaosbandungkeren.com
  • dan masih banyak lagi.

THEME  / TEMPLATE

Anggapan sebagian orang khususnya yang awam, design tema yang digunakan di blog maupun website itu sama. Padahal….

Jauh berbeda.

Misalnya dari segi pemasangan, anda tidak akan bisa memasang template blogspot ke dalam wordpress, begitu pula sebaliknya. Ciri yang mudah dikenali dari blog yaitu halaman artikel dan widget.

Website lebih menggunakan 1 halaman saja untuk menampilkan seluruh informasi bisnis nya. Biasanya tidak menggunakan widget dan dibangun menggunakan theme builder seperti elementor dan divi.

ISI KONTEN

Blog biasanya berisi konten berupa artikel, berita, atau video yang membahas niche (topik) tertentu. Niche yang dibahas seperti teknologi, bisnis, wisata, otomotif, makanan, dan lain sebagainya.

Konten artikel yang dibuat berisi opini, pengalaman, serta kehidupan sehari-hari si penulis.

Anda bisa membuat blog dengan fokus salah satu niche atau yang sesuai dengan minat. Jangan membuat blog dengan topik yang tidak anda sukai, saya jamin blog yang dibuat tidak akan bertahan lama karena anda bosan untuk menulis.

Lain halnya dengan website, konten yang ada pada website biasanya berisi informasi mengenai suatu produk atau jasa. Misalnya website perusahaan jasa penulisan artikel, disana sudah pasti memuat informasi tentang penulisan artikel beserta jasa nya.

Website juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti organisasi, toko online, lembaga kursus,  portofolio, atau situs pemerintah.

URUTAN KONTEN

Ketika membuka sebuah blog, anda akan menemukan kumpulan artikel yang berurutan dari awal hingga sekarang ini. Konten dalam blog bersifat dinamis, artinya pemilik selalu melakukan update terbaru pada artikel nya.

Untuk website, anda hanya akan menemukan konten statis mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Apabila terdapat perubahan maka pemilik akan memperbarui nya secara manual dan tidak berurutan.

GAYA BAHASA

Di dalam blog, anda bebas menggunakan gaya bahasa sesuai dengan target pengunjung blog anda. Misalnya ketika mengincar niche fashion, maka gaya bahasa artikel yang ditulis harus mengikuti tren saat ini.

Hal tersebut bertujuan agar pembaca konten blog semakin nyaman dengan informasi yang mereka cari.

Sedangkan pada website, gaya penulisan konten harus sederhana atau formal karena pengunjung nya merupakan calon client yang mana pemilik website harus mempermudah keterbacaan deskripsi produk atau jasa nya.

BAHASA PEMOGRAMAN

Semua situs di internet baik blog maupun website pasti tidak lepas dari bahasa pemograman. Dasar bahasa pemograman web adalah HTML, JAVASCRIPT, dan CSS.

Meskipun sama-sama dibuat dari bahasa program, namun blog dan website memiliki struktur bahasa pemograman yang berbeda.

Blog (khususnya wordpress) dibuat dari bahasa pemograman PHP dan MySQL. Untuk anda yang menggunakan platform blogspot, anda hanya perlu menguasai dasar bahasa pemograman web.

Sedangkan website, biasanya dibentuk menggunakan laravel, ruby, python, C#, dan lain-lain. Kode program ini lebih rumit daripada blog.

INTERAKSI PENGUNJUNG

Blog dapat memudahkan pengunjung untuk saling berinteraksi. Apabila ada pertanyaan mengenai artikel yang sedang dicari, maka pengunjung bisa langsung menanyakan melalui komentar.

Website biasanya hanya menyediakan laman terbatas yang berisi tentang produk atau jasa nya. Jarang sekali ada website yang menyediakan kolom komentar di situs nya. Kecuali jika situs tersebut juga membuat artikel untuk SEO.

Itulah ciri atau perbedaan blog dan website. Anda dapat dengan mudah mengenali situs web, apakah termasuk dalam blog atau website melalui penjelasan diatas. Semoga bermanfaat.

Berikan Rating

Author: Arga Eryzal P

Seorang PART-Time Blogger, fokus ke penulisan artikel untuk Blog.