4 Perbedaan Theme WordPress Premium dengan Gratisan

Perbedaan theme wordpress premium dengan yang gratisan bisa kalian ketahui jika jeli dalam menggunakan theme untuk keperluan tertentu. Misalnya kalian ingin serius dalam hal ngeblog, tentu kalian berpikir 2x jika ingin memakai theme gratisan.

Tetapi, tidak ada salahnya jika kalian menggunakan theme wordpress gratisan hanya untuk coba – coba atau testing website / blog kalian. Banyak penyedia theme yang telah membagikan theme gratisan yang dapat dicoba.

Perlu kalian ketahui juga, kualitas theme gratisan juga tidak kalah dengan versi premium hanya saja fitur pada theme gratisan terbatas. Bila ingin menggunakan fitur tambahan kalian bisa membeli atau upgrade ke versi premium pada penyedia theme wordpress yang akan kalian gunakan.

Dengan perbedaan theme wordpress premium dengan yang gratisan, tentu kalian bingung akan memilih yang mana? Untuk menjawab keraguan kalian semua, kali ini saya akan memberi tahu mengnai perbedaan yang ada pada theme wordpress premium dengan gratisan.

Perbedaan Theme WordPress Premium vs Free (Gratisan)

Secara umum keduanya sama-sama theme wordpress yang bisa kalian install pada CMS Wordpess. Nah, tetapi ada perbedaan diantara keduanya. Apa saja itu? Mari kita ulas.

1. Theme Update & Support

Hal mendasar yang membedakan diantara theme wordpress premium vs free adalah dari segi update theme. Jika kalian membeli theme wordpress premium, tentunya akan mendapatkan jaminan update berkala selama kurang lebih 1 tahun atau selamanya tergantung dimana kalian membeli theme.

Beda halnya dengan theme wordpress gratisan yang mana update akan jarang diberikan daripada theme premium. Sekiranya CMS WordPress sendiri sering melakukan update, maka theme nya juga harus menyesuaikan. Bilamana ada bug atau celah keamanan pada website kalian justru hal tersebut akan membahayakan.

Support juga dibutuhkan untuk mengatasi hal-hal yang sekiranya kita masih bingung mengenai theme tersebut seperti dokumentasi theme. Respon keluhan pengguna mengenai bug akan segera cepat ditanggapi jika menggunakan versi premium.

2. Clean Coding Structure

Perbedaan yang mungkin bagi kalian para developer atau paham akan coding akan mengerti mengenai hal ini. Pada theme wordpress gratisan, kadang kita tidak tahu barangkali terselip script code rahasia untuk keperluan pihak penyedia theme.

Bahkan jika kalian menggunakan theme nulled, siap-siap saja website kalian akan terselip malware. Contohnya seperti redirect url, auto iklan, backdoor hack, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kalian harus jeli dalam memilih theme gratisan untuk dipasang pada wordpress.

Versi premium memiliki struktur kode yang bersih, dengan begitu kecepatan loading website kalian juga akan meningkat. Jika kalian ingin membeli theme wordpress premium, saya sarankan membeli ke penyedia theme ternama seperti Envanto, Themeforest, CSS Igniter, Themify, dan lain-lain.

3. Penggunaan Lisensi

Kedua theme juga memiliki lisensi, tetapi dengan jenis yang berbeda. Jika kalian menggunakan theme wordpress gratisan, akan mendapatkan lisensi GPL (General Public License). Lebih lanjut mengenai deskripsi ini dapat kalian lihat di situs wikipedia.

Beda halnya dengan theme wordpress premium, yang mana pihak developer memberikan lisensi tertentu tergantung kebutuhan atau pilihan. Misalnya lisensi premium basic memiliki ketentuan tertentu dari developer seperti theme hanya boleh diinstall di 1 situs dan tidak boleh diperjualbelikan

Semua ketentuan lisensi premium diatur oleh pihak pengembang theme. Jadi, sesuaikan kebutuhan kalian dengan memilih lisensi premium yang tepat. Kita ambil contoh kalian ingin membuka jasa instal wordpress theme, maka lisensi yang harus kalian pilih adalah developer license.

4. Fitur-fitur

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa fitur-fitur yang terdapat pada theme gratisan sangatlah terbatas. Kalian hanya diberi fitur yang dasar atau basic saja dan untuk mendapatkan fitur tambahan kalian diharuskan merogoh kocek sesuai dengan harga yang diberikan oleh developer theme.

Jelas akan berbeda jauh dari segi fitur antara theme wordpress premium dengan gratisan. Dari segi ini, theme wordpress versi premium akan lebih unggul. Misalnya pada theme gratisan kalian tidak diperbolehkan untuk mengganti credit footer dan untuk theme premium kalian bebas mengedit credit footer.

Kesimpulan…

Memilih theme gratisan dengan fitur yang mumpuni di wordpress sangat sedikit. Itupun fitur yang diberikan tidak semewah versi premium. Bukan berarti theme gratisan tidak bagus, hanya saja dari segi tertentu perlu hal yang lebih.

Jadi, semua tergantung kalian ingin menggunakan theme wordpress premium atau yang gratisan. Harapan saya, setelah kalian membaca tulisan saya mengenai perbedaan theme wordpress premium dengan gratisan membuat kalian lebih bijak lagi dalam memilih theme, apalagi jika kebutuhan jangka panjang pasti akan betul-betul memperhatikan masalah ini.