Pahami Ketentuan Pinjaman KTA ini sebelum Mengajukan Pinjaman

By | September 2, 2019
pinjaman kta 5/5 (1)

Mungkin untuk kaum melenial jaman sekarang, melakukan pinjaman merupakan salah satu jalan yang bisa di pilih kala membutuhkan modal usaha atau memerlukan uang secepatnya. Pinjaman kredit tanpa agunan atau lebih di kenal Pinjaman KTA adalah jenis pinjaman dari beberapa perbankan yang tidak memerlukan jaminan sama sekali. Namun, apakah semudah itu mendapatkan uang dari bank tanpa ada jaminan sedikitpun? Simak ulasannya di bawah ini!

Pada umumnya produk KTA dari sebuah perbankan memang khusus ditujukan pada mereka yang membutuhkan dana cepat dengan syarat yang telah di tentukan. Pinjaman ini tidak memerlukan jaminan apapun dan dapat dipakai untuk tujuan apapun oleh peminjamnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri orang menggunakan produk KTA kala membutuhkan uang cepat dalam kondisi darurat.

Syarat dan Ketentuan Dalam Pinjaman KTA

Pinjaman kredit ini sedikit lebih rumit dari pada meminjam uang dengan menggunakan jaminan. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak sebagai berikut:

Bunga Bukan 0.99%, Tapi 20%

Ada begitu banyak orang yang terlena dengan KTA sebab adanya melihat promo bunga 0.99% per bulan. Pinjaman KTA biasanya akan menghitung bunga yang 0.99% itu secara flat, yang berarti jumlah beban bunga setiap bulan tetap, walaupun sisa pokok pinjaman menurun karena peminjam membayar cicilanya setiap bulan.

Pada umumnya cara perhitungan bunga efektif ini akan lebih akurat apabila Anda bandingkan dengan penghitungan bunga flat untuk seorang peminjam kredit di sebuah bank. Mengapa demikian? Karena penyebabnya adalah bunga dihitung dari sisa pokok pinjaman.

Dalam hal ini perhitungan bunga flat membuat tingkat bunga sepertinya terus kecil, meskipun sebenarnya tidak. Anda tidak percaya ? Coba kita bedah dalam perhitungan berikut.

Apabila bunga flat KTA 0.99% dan dikonversikan ke bunga efektif, dalam hal ini peminjam sebenarnya membayar bunga ialah sebesar 21 sampai  24% setahun (2% bulan). Bukan di angka 0.99%.

Denda Terlambat

Dalam pandangan kami ini cukup berat, sebab setiap keterlambatan pembayaran cicilan, penerbit KTA akan mengenakan denda ke peminjam. Secara umum, jumlah denda berkisar antara 2% sampai 5% dari pokok uang pinjaman serta berjalan untuk keterlambatan pembayaran. Apabila mengalami keterlambatan, di bawah ini adalah yang harus di bayar peminjam, antara lain:

  • Pada umumnya denda keterlambatan adalah sebesar 2% sd 5% dari sisa pokok pinjaman yang ada.
  • Cicilan yang harus secara langsung dibayar pada bulan berjalan dari pinjaman tersebut.
  • Adanya tambahan bunga sebab keterlambatan membayar. Sebagai contoh, Anda peminjam seharusnya membayar cicilan tepat pada tanggal 2. Tapi malah pembayaran terlambat dan menjadi tanggal 12 bulan berikutnya. Dalam hal ini akan ada tambahan tagihan yang berada diluar cicilan yakni bunga atas jumlah yang terlambat selama 10 hari tersebut.

Biaya Provisi

Ini yang tidak banyak orang tahu, kala waktu pencairan Pinjaman KTA, nasabah tidak akan menerima pokok pinjaman secara utuh. Dalam hal ini pihak bank akan secara otomatis memotong jumlah yang dicairkan tersebut guna membayar biaya provisi, biasanya ini akan sangat bervariasi yakni akan berada pada kisaran 1.5% sd 3.5% dari pinjaman.

Sebagai contoh Anda meminjam Rp 10.000.000, maka dana yang masuk ke rekening mungkin hanya akan sebesar Rp 9.800.000 saja, sebab bank memotong Rp 200.000 untuk biaya provisi.

Jika Nasabah Menunggak

Menunggak merupakan salah satu hal yang tidak dapat terhindarkan dalam pinjam meminjam dengan siapa saja. Anda sebagai nasabah perlu memahami konsekuensi apabila menunggak pembayaran untuk cicilan Pinjaman KTA.

Dalam hal ini dari Bank selanjutnya akan melakukan penagihan. Penagihan ini di awal akan di lakukan cara halus yakni dengan sms, email, menelphon. Namun jika tetap saja tidak di bayarkan maka akan di lakukan penagihan yang kunjungan ke domisili tempat tinggal atau tempat usaha peminjamnya.

Demikian sedikit ulasan dari kami mengenai Pinjaman KTA, apabila telah paham dan ingin melakukan pinjaman bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan untuk langsung melakukan penarikan uang secara langsung. Ingat Anda harus memabaca syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berikan Rating

Author: Arga Eryzal P

Seorang PART-Time Blogger, fokus ke penulisan artikel untuk Blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.