5 Plugin Backup WordPress Terbaik di Tahun 2019

Mencari plugin backup wordpress terbaik merupakan sesuatu yang sangat perlu diperhatikan. Terlebih jika kalian sedang mencari sebuah plugin yang menawarkan kemudahan dalam fitur dan penggunaan untuk melakukan backup data wordpress.

Mengingat kebutuhan akan backup wordpress oleh pemilik blog sangat penting, banyak penyedia plugin di seluruh dunia berlomba menghadirkan suatu produk yang dapat menghandle seluruh pekerjaan yang dibutuhkan oleh pemilik situs.

Dari sekian banyak plugin backup yang beredar di internet, kali ini saya akan memberikan rekomendasi mengenai plugin backup wordpress terbaik di tahun 2019 ini. Apa saja? yuk simak dibawah ini.

Rekomendasi Plugin Backup WordPress Terbaik di Tahun 2019

Sebelumnya, kalian harus tahu dulu terdapat plugin backup wordpress yang versi gratis dan berbayar. Tetapi, untuk masalah backup data saja memakai versi gratis pun sudah termasuk bagus.

1. Updraft Plus

plugin backup updraftplus
Source : Google Image

Plugin gratis yang powerfull ketika digunakan untuk mem-backup data-data penting di wordpress dan dapat langsung dicadangkan ke server cloud. Plugin ini dapat mengatur jadwal backup mulai dari harian mingguan dan bulanan. Kalian juga dapat memilih file mana yang akan di backup.

Terdapat 2 versi plugin updraft plus yakni versi free dan premium. Untuk versi gratis kalian hanya akan mendapatkan fitur-fitur dasar seperti backup & restore, pencadangan ke server awan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk versi premium kalian akan mendapatkan fitur-fitur tambahan yang mendukung misalnya migrasi data gratis, clone website gratis, pencari & penggunaan database, multisite, dan masih banyak lagi.

2. Vaultpress

plugin backup vaultpress
Source : Google Image

Vaultpress merupakan real time plugin backup yang dibuat oleh Automattic. Plugin Vaultpress saat ini telah didukung oleh Jetpack yang sewaktu-waktu bisa melakukan backup postingan, komentar, file, gambar, video, musik, dan lain-lain.

Selain untuk melakukan backup, vaultpress juga bisa digunakan sebagai plugin security untuk menangkal serangan malware, adware, virus, dan script berbahaya lain.

Vaultpress bisa didapatkan secara gratis dan berbayar. Untuk versi premium kalian harus merogoh kocek sebesar $5 per bulan untuk bisa menikmati fitur-fitur lanjutan yang ditawarkan oleh perusahaan Automattic.

3. BackupBuddy

plugin backupbuddy
Source : Google Image

BackupBuddy sudah berpengalaman dalam dunia backup selama hampir 9 tahun terhitung sejak mereka mulai mulai peluncuran di tahun 2010. Plugin backup ini sayangnya tidak ada versi gratis, melainkan hanya berisi fitur premium yang mana didalamnya sudah menghadirkan fitur-fitur yang sangat canggih untuk keperluan backup.

Dengan pengalaman yang sudah banyak, plugin ini merupakan plugin backup wordpress terbaik yang pernah ada. Fitur-fitur mulai tingkat dasar sampai mahir pun disediakan oleh BackupBuddy. Dengan begitu, kalian bisa melakukan backup secara berkala dengan nyaman.

Plugin ini menawarkan kemudahan dalam penggunaan yang mana hanya dalam satu klik sudah otomatis melakukan backup seluruh data yang diperlukan. Dalam fitur premium kalian akan mendapatkan tambahan penyimpanan secara gratis 1GB di Stash Live Storage.

4. BackWPUp

plugin backwpup
Source : Google Image

Plugin lain yang menawarkan kemudahan backup secara gratis yakni backwpup. Menggunakan plugin ini berarti kalian telah menyimpan tenaga untuk melakukan seluruh aktivitas backup wordpress dan plugin backwpup dapat dengan mudah menyimpan hasil backup menuju ke Dropbox, Google Drive, FTP, S3 dan masih banyak lagi.

Cara kerja plugin BackWPup adalah dengan mem-backup seluruh isi wordpress yang kemudian dijadikan satu semua dengan format file .zip yang bisa dengan mudah kalian restore nantinya. Bila mana kalian meginginkan fitur lebih, langsung saja beralih ke versi berbayarnya.

Fitur – fitur yang dimiliki oleh plugin ini adalah sebagai berikut :

  • Database Backup (needs mysqli)
  • WordPress XML Export
  • Generate a file with installed plugins
  • Optimize Database
  • Check and repair Database
  • File backup
  • Backups in zip, tar, tar.gz format (needs gz, ZipArchive)
  • Store backup to directory
  • Store backup to FTP server (needs ftp)
  • Store backup to Dropbox (needs curl)
  • Store backup to S3 services (needs curl)
  • Store backup to Microsoft Azure (Blob) (needs curl)
  • Store backup to RackSpaceCloud (curl)
  • Store backup to SugarSync (needs curl)
  • PRO: Store backup to Amazon Glacier (needs curl)
  • PRO: Store backup to Google Drive (needs curl)
  • Send logs and backups by email
  • Multi-site support only as network admin
  • Pro version and support available – BackWPup Pro
  • NEW – PRO: Restore your backups with only a few clicks from your WordPress backend. Also available as Standalone App.
  • NEW – PRO: Encrypt backup archives and restore from encrypted backups.

Banyak sekali bukan? terlebih kalian akan mendapatkan fitur yang ekstra jika berlangganan menjadi pro version.

5. BlogVault

plugin backup blogvault
Source : Google Image

Plugin backup wordpress terbaik yang terakhir adalah BlogVault. Merupakan salah satu plugin backup populer saat ini. Kecanggihan dari plugin ini adalah seluruh proses backup dilakukan melalui BlogVault server. Dengan adanya kecanggihan ini membuat web server hosting kita tidak terbebani.

BlogVault juga menyediakan fitur unlimited on demand yang berguna untuk mempebarui file yang sudah dimodifikasi saja saat akan backup. Load server akan lebih optimal dengan hadirnya 2 fitur canggih yang dimiliki oleh BlogVault.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan recover website. File yang telah dibackup akan tersimpan kurang lebih selama 90 hari. Sehingga kalian bisa melakukan antisipasi ketika file yang ingin di restore rusak.

Itulah plugin backup wordpress terbaik rekomendasi dari saya, seluruh plugin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, bila kalian menginginkan fitur yang basic, tentunya kalian harus memilih plugin yang simple. Apabila menginginkan fitur lebih dapat menggunakan versi premium.