Plugin Cache WordPress Terbaik & Gratis

0
162

cache plugin wordpress

Apakah kalian sedang mencari Plugin Cache Wodpress Terbaik? Menggunakan Plugin Cache yang bagus dapat membantu meningkatkan kecepatan blog wordpressmu.  Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan Plugin Cache WordPress Terbaik untuk blog kalian.

APA ITU CACHE

Sebelum kita menuju ke Plugin Cache, perlu diperhatikan terlebih dahulu apa itu cache.

Cache adalah tempat penyimpanan sementara untuk data atau instruksi agar cepat untuk mengakses ketika dibutuhkan. Pada komputer, cache digunakan untuk menyimpan data yang telah diakses agar cepat ketika request sehingga meringankan kinerja prosesor komputer.

Persamaan konsep caching pada komputer dan website adalah mempercepat kinerja dan membuat loading blog wordpress kalian ngebut seperti kilat.

Tahukah kalian, WordPress adalah Content Management System yang dinamis. Jadi, setiap kali pengunjung datang ke blog kalian, wordpress mengambil informasi dari sistem database sebelum halaman blog ditampilkan kepada pengunjung yang datang.

Hal inilah bila kalian tidak atau belum menggunakan plugin cache akan memperlambat loading blog ketika banyak pengunjung datang dan mengakses blog kalian secara bersamaan.

Menggunakan plugin cache memudahkan blog kalian dalam memproses data dan menampilkan kepada pengunjung dengan cepat tanpa melewati proses-proses tertentu.

KENAPA MENGGUNAKAN PLUGIN CACHE ITU PENTING?

Plugin cache itu sangat penting karena dapat mengurangi waktu loading server hosting wordpress dan membuat blog kalian semakin cepat saat diakses oleh pengunjung sehingga pengunjung dapat menikmati mencari informasi yang diperlukan dari blog kalian.

Blog yang memiliki loading cepat, dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dan membuatnya semakin betah berlama – lama di blog mengingat blog yang sedang mereka kunjungi memiliki loading yang ngebut.

Selain itu, memiliki loading blog yang cepat dapat meningkatkan trafik pengunjung organik. Kecepatan suatu blog merupakan kriteria penilaian SEO di mata google lho sobat.

5 PLUGIN CACHE UNTUK WORDPRESS TERBAIK 2018

Inilah 5 Plugin Cache WordPress Terbaik 2018 yang dapat kalian gunakan untuk meningkatkan loading blog dan mempercepat blog dalam mendatangkan trafik organik.

1. W3 TOTAL CACHE

W3 Total Cache adalah salah satu plugin cache wordpress yang populer. Plugin ini dapat membantu kalian dalam hal caching dengan banyak opsi pengaturan yang memudahkan pengguna untuk mempercepat loading blognya.

Semua fitur sudah ada di dalam plugin W3 Total Cache ini, sehingga kalian tinggal gunakan atau setting saja sesuai keinginan. Seperti, Page Cache, Object Cache, GZip Compression, Minify, CDN Support, dan masih banyak fitur lain.

Bagi pemula mungkin menggunakan plugin W3 Total Cache akan mengalami sedikit kendala. Namun, bila terus belajar apapun akan terasa mudah. Biasakanlah menggunakan sesuatu yang belum terbiasa 😀

2. WP ROCKET

WP Rocket adalah plugin cache terbaik di market wordpress. Plugin ini dapat memudahkan penggunanya dalam urusan setting seperti pemula yang baru memasuki dunia blog wordpress saya sarankan untuk menggunakan plugin WP Rocket untuk caching blognya.

Plugin ini dapat kalian gunakan langsung hanya dengan 1 klik. Otomatis plugin WP Rocket akan mengoptimalkan semua cache yang ada dalam blog kalian seperti gzip compression, page cache, pre-loading cache, dan sebagainya.

Plugin WP Rocket juga memiliki opsi fitur yang lain yang juga dapat meningkatkan performa blog. Seperti Lazy Load Images, CDN Support, DNS Pre-fetching, Minifications, dan lain lain.

3. WP SUPER CACHE

Plugin lain yang tidak kalah populer adalah WP Super Cache. Plugin cache yang paling banyak direkomendasikan oleh banyak penyedia layanan hosting terkemuka.

WP Super Cache memiliki segala fitur yang direkomendasikan untuk proses caching yang kalian butuhkan untuk mempercepat loading blog. Fitur ini mencakup Gzip compression, page cache, cache pre-loading, CDN support, advanced cache preload, dan masih banyak lagi.

Plugin WP Super Cache ini juga ramah pengguna, jadi kalian yang mencari plugin cache tidak ingin ribet saya rekomendasikan memakai ini.

4. SUCURI FIREWALL

Sucuri adalah plugin firewall dan keamanan terbaik untuk wordpress. Sebagaimana firewall blog, sucuri hadir dengan pengaturan – pengaturan untuk meningkatkan kecepatan loading blog kalian dan mengaktifkan gzip compression dengan hanya 1 klik saja.

Sucuri Firewall adalah opsi plugin terbaik karena plugin ini bisa juga sebagai DNS Level Firewall. Artinya, dengan menggunakan plugin ini dapat menyediakan cache konten sebelum pengunjung meminta request halaman konten untuk ditampilkan.

Hal tersebut lah yang menjadikan Sucuri Firewall memiliki nilai plus dibandingkan dengan plugin optimasi cache wordpress yang lain.

5. CACHE ENABLER

Cache Enabler merupakan plugin yang tergolong baru dan masih asing ditelinga para pengguna wordpress. Namun, menurut pengalaman saya menggunakan plugin ini, terasa sangat baik untuk urusan caching blog.

Bahkan, pengaturannya sangat mudah sehingga kita yang blogger wordpress pemula pun tidak mengalami kesusahan saat menggunakan plugin Cache Enabler.

Plugin ini sangat cocok bagi kalian pemula atau blog yang memiliki trafik tidak terlalu besar, alat ini saya rasa sudah optimal untuk meningkatkan kinerja loading blog kalian.

KESIMPULAN

Jangan ragu ketika hendak memilih plugin cache. Manakah yang cocok? menurut saya ya, itu semua kembali pada diri kalian, yakni sesuaikan dengan kebutuhan blog.

Jika mencari plugin cache yang sederhana dalam urusan setting, saya menyarankan untuk menggunakan Plugin WP Rocket. Bilamana ingin lebih optimal lagi, saya menyarankan untuk menggunakan W3 Total Cache.

Kalau sudah memiliki uang lebih, bisa kalian mencoba untuk membeli fitur premium dari plugin-plugin diatas. Dengan membeli versi premium, kalian dapat mencoba fitur fitur menarik yang tidak ada dalam versi gratisnya.

Sekiranya itulah daftar plugin-plugin cache untuk wordpress terbaik 2018 yang bisa menjadi sumber referensi kalian dalam memilih plugin mana sih yang bagus atau cocok dengan kebutuhan kalian.

Semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat, selamat mencoba sobat 🙂