Plugin Seo Terbaik untuk Optimasi WordPress

0
475

plugin seo wordpress terbaik

Plugin Seo Terbaik WordPress – Untuk memaksimalkan kinerja seo untuk wordpress, pasti diantara kita menggunakan bantuan plugin. Plugin seo inilah yang akan membantu kinerja pemilik blog dalam mengoptimalkan seo untuk blog.

Tanpa bantuan plugin pun sebenarnya juga bisa melakukan optimasi seo, tetapi hal tersebut sangat tidak efisien karena harus paham mengenai dunia pemrograman HTML/PHP.

Tentunya, tidak semua pengguna wordpress mahir dalam urusan pemrograman.

Plugin Seo dapat berjalan secara otomatis dan simpel sehingga dengan mudah digunakan oleh pengguna wordpress dalam mengoptimalkan kinerja seo.

Dengan adanya Plugin Seo Terbaik, sangat membantu kinerja pemilik blog wordpress secara cepat dan efisien hanyak dengan beberapa pengaturan dan semuanya telah teroptimasi.

PLUGIN SEO TERBAIK UNTUK WORDPRESS

Dibawah ini akan saya berikan daftar plugin seo untuk wordpress terbaik versi Ngeblogbareng, tetapi tidak menutup kemungkinan dari kalian menggunakan plugin lain dikarenakan menyesuaikan tingkat kebutuhan pengguna.

1. ALL IN ONE SEO PACK

Plugin seo wajib yang harus kalian install adalah All in One Seo Pack. Didalamnya telah terdapat fitur wajib secara lengkap seperti :

  • Optimasi Tittle Tag, Meta Description, Meta Keywords
  • Pengaturan Sitemap.xml
  • Meta Sosial
  • Robots.txt
  • Pemblokir Bot Jahat

Kalian dapat menginstall secara gratis pada menu plugins di dashboard wordpress sendiri atau bisa juga download dan upload plugins secara manual disini.

Alternatif lain selain plugin ini adalah Yoast Seo Plugin yang memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama tetapi untuk masalah mana yang terbaik itu tergantung kebutuhan pengguna wordpress.

Download & Install plugin Yoast Seo secara manual disini.

2. WP SUPER CACHE

WP Super Cache merupakan plugin optimasi cache blog untuk membuat blog wordpress kalian dimuat secara cepat dan ringan.

Google pernah mengatakan “Kecepatan Loading suatu blog merupakan salah satu faktor dari SEO”. Kecepatan loading dibawah 3detik akan lebih disukai oleh mesin pencari maupun visitor yang ingin mencari informasi di blog.

Fitur-fitur WP Super Cache diantaranya :

  • Page Caching
  • Advanced Caching
  • Content Delivery Network (CDN)
  • Cache Preload

Selain menggunakan plugin WP Super Cache, Tidak ada salahnya kalian juga mencoba alternatif lain seperti :

3. WP SMUSH IMAGE

WP Smush Image ini berfungsi untuk mengoptimasi gambar ketika diupload ke direktori wordpress secara otomatis. Plugin ini juga dapat mengecilkan ukuran suatu gambar sehingga meringankan ruang database.

Inilah fitur yang bisa kalian gunakan :

  • Bulk Smush
  • Directory Smush
  • Automatically Smush
  • Strip Meta Data
  • Image Resizing
  • Integrasi Gutenberg (Fitur Beta)

4. AUTOPTIMIZE

Plugin seo ini memiliki fitur membantu kinerja loading blog dengan memperkecil ukuran file html, css, javascript, sehingga meningkatkan kecepatan memuat blog.

Berikut ini fitur-fitur yang terdapat pada plugin Autoptimize :

  • Optimasi kode Html, Javascript, dan CSS
  • Optimasi gambar melalui CDN
  • Mematikan fitur Emoji dan Google fonts
  • Optimasi Video Youtube
  • dan masih banyak lagi…

5. GOOGLE XML SITEMAP

Plugin Google XML Sitemap dapat kalian gunakan untuk membuat sitemap.xml, file xml ini berguna untuk membantu search engine untuk mengindex blog.

Mesin pencari akan melakukan perayapan pada blog untuk mengecek struktur blog secara baik. Plugin ini juga dapat menginformasikan kepada search engine bahwa terdapat postingan terbaru yang harus di indeks.

Google XML Sitemap dapat kalian install secara gratis melalui menu plugin pada dashboard wordpress atau dapat juga mendownload dan menginstall secara manual.

Catatan Penting : Apabila kalian telah menggunakan salah satu dari plugin All in One Seo Pack, Yoast Seo, dan Google XML Sitemap, Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti duplicate sitemap, gunakanlah salah satu settingan ketiga plugin untuk membuat file sitemap.xml

6. BROKEN LINK CHECKER

Plugin Broken Link Checker dapat memantau seluruh link yang ada pada blog kalian. Bila terdapat link yang rusak, maka dengan segera plugin ini menginformasikan link yang rusak tersebut.

Contoh link yang rusak :

  • Link pada postingan
  • Link pada halaman
  • Link pada komentar

Jika telah mengetahui link mana yang rusak, kalian dapat melakukan perbaikan  secara otomatis melalui menu yang ada pada plugin Broken Link Checker ini sehingga tidak perlu melakukannya secara manual.

Lebih keren lagi, kalian dapat memilih pemberitahuan mengenai link yang rusak dikirimkan lewat dashboard atau email.

7. SEO INTERNAL LINKS

Seo Internal Links berguna untuk membuat link internal dengan keyword tertentu secara otomatis pada postingan artikel. Hal ini memudahkan kalian yang sebelumnya membuat internal links sendiri secara manual.

Dengan menggunakan plugin Seo Internal Links kalian tidak perlu berusah payah untuk menambahkan internal links pada setiap postingan artikel.

Plugin ini dapat kalian install secara gratis pada menu plugin wordpress.

KESIMPULAN

Terdapat banyak sekali plugin seo wordpress yang dapat kalian gunakan untuk mengoptimalkan kinerja seo. 7 Plugin diatas dipilih karena menurut saya plugin-plugin tersebut  harus diinstall oleh setiap pengguna wordpress agar lebih seo friendly.

Awalnya mempelajari seo merupakan hal yang sulit. Tetapi akan terasa mudah bila menggunakan plugin seo yang telah saya sebutkan diatas.

Jika kalian masih ragu mengenai yang mana plugin seo terbaik, dapat ditanyakan melalui kolom komentar atau dapat saling berbagi pengalaman dalam penggunaan plugin yang seo di wordpress.

Silahkan bagikan artikel ini bilamana bermanfaat bagi kalian semua 🙂