SEO OFF PAGE : Teknik & Cara Optimasi SEO

2
3086

seo off page meningkatkan trafik

Seo Off Page dan Seo On Page merupakan teknik yang sering digunakan oleh pemilik blog untuk mengoptimalkan kualitas seo. Disisi lain, ada orang yang tidak peduli sama sekali dengan SEO sedangkan dirinya hanya terus menulis tanpa memperhatikan Komponen Dasar SEO.

Tujuan utama dari melakukan teknik seo adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung organik dan menaikan SERP (Search Engine Result Page) pada mesin pencari. Semakin baik posisi blog di SERP, semakin besar peluang mendatangkan trafik organik.

Tetapi ingat juga, sebelumnya harus melakukan Riset Kata Kunci terlebih dahulu. Agar mengetahui keyword terbaik mana yang dipilih untuk mendatangkan pengunjung organik.

APA ITU SEO OFF PAGE?

Seo Off Page adalah teknik optimasi mesin pencari yang tidak langsung berhubungan dengan blog. Jadi, disini subjek optimasinya berbeda dengan Seo On Page. Pada teknik ini, kalian harus mengoptimasi bagian luar dari blog, contohnya Backlinks.

Agar blog baik di mata search engine google, tidak harus dengan cara branding saja. Terdapat cara lain seperti Membangun Link Building.

MENGAPA SEO OFF PAGE ITU PENTING?

Ketika seseorang mencari produk, pasti akan bertanya terlebih dahulu kepada orang disekitarnya. Brand mana yang menawarkan produk bagus dan terbaik. Biasanya orang tersebut mendengarkan masukan dari orang terdekat.

Seperti halnya Seo Off Page, bedanya disini kita akan memberitahu mesin pencari Google tentang bagaimana pendapat perilaku pengunjung dalam melihat kualitas blog kalian sehingga dengan cara tersebut, bukan tidak mungkin blog kita akan baik di SERP Google.

Dengan teknik ini, membuat pengunjung tertuju pada brand kalian dan dengan segera merekomendasikan blog kalian lewat Backlinks. Backlinks yang baik adalah yang secara natural diberikan oleh pengunjung.

Banyak orang mengira bahwa teknik Seo Off Page ini hanya Link Building. Terdapat cara yang lain untuk melakukan optimasi seo off page.

CARA KUNO TEKNIK OPTIMASI SEO OFF PAGE

1. Promosi melalui Forum

Tidak ada salahnya melakukan promosi pada forum-forum tertentu. Tetapi, pikirkan lagi masalah waktu yang terbuang sia-sia hanya untuk promosi pada forum-forum yang belum tentu dapat meningkatkan kualitas seo off page blog kalian.

Lebih baik gunakan waktu untuk hal yang lebih penting seperi optimasi on page, memperbaiki kesalahan link, redirect broken link, dan lain-lain.

2. Submit Blog ke Mesin Pencari

Cara kuno yang paling banyak digunakan sampai saat ini adalah submit url blog ke mesin pencari. Memang dengan melakukan cara ini, url yang dikirimkan menjadi cepat terindeks. Tetapi ingat, Don’t waste your time!

Dalam template blog kalian mungkin sudah terpasang kode-kode agar Google dapat mengindeks situs dengan otomatis, meskipun agak lama. Tetapi, itulah algoritma Google saat ini.

3. Direktori Web & Artikel

Teknik pemasaran dengan cara lama yakni dengan memasukan artikel ke dalam web direktori. Yang mana dalam web tersebut banyak sekali artikel sejenis yang belum tentu kualitasnya bagus untuk menunjang seo.

Saat algoritma Google Panda muncul pertama kali, cara ini mengalami penurunan peminat yang signifikan dikarenakan sudah tidak relevan dengan teknik membangun seo off page masa kini.

4. Social Bookmarking

Menulis untuk forum sosial besar seperti Reddit, StumbleUpon, KasKus, dll akan berhasil bilamana terdapat tulisan kalian yang viral dilihat oleh banyak pengunjung. Namun, hal itu sulit.

Biasanya situs sosial bookmarking saat ini melakukan seleksi ketat mengenai konten yang dipublikasikan. Misalnya dengan membuat syarat artikel harus 1000 kata.

5. Melakukan Blogwalking

Cara lama yang masih dipertahankan oleh blogger pemula adalah dengan melakukan kegiatan blogwalking. Biasanya, pemilik yang sering melakukan kegiatan ini rata-rata pengunjung hanya itu-itu saja.

Tidak terlihat seperti melakukan teknik SEO Off Page atau On Page agar mendapatkan banyak pengunjung organik dari mesin pencari. Tinggalkanlah cara ini! Saatnya berubah menggunakan metode yang baru.

CARA TERBARU OPTIMASI SEO OFF PAGE

Berikut ini cara terbaru untuk mengoptimasi seo off page yang relevan dengan kondisi algoritma saat ini. Meskipun kita tidak tahu kedepannya algoritma mesin pencari selalu berubah.

1. Link Building

Saat ini, cara optimasi seo menggunakan link building paling populer dan terbukti efektif. Untuk dapat melakukan cara ini, kalian dapat membuat konten berkualitas yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Sementara itu, pengunjung yang salut dengan apa yang kalian tulis akan merekomendasikan bacaan artikel tersebut pada blog mereka dan selanjutnya itulah yang disebut dengan Backlink Natural atau Berkulitas.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas sebuah backlink :

  1. Konten Relevan
  2. Popularitas Backlink
  3. Situs terpercaya
  4. Teks link sesuai deskripsi target artikel
  5. Link natural bukan menggunakan Javascript

Bagaimana cara untuk mendapatkan backlink yang Natural? Natural backlink sangat disukai oleh mesin pencari google. Cara kerjanya, dengan membuat artikel yang disukai oleh pengunjung kemudian pengunjung tersebut memberikan link yang mengarah ke target artikel kalian.

Mendapatkan link yang natural sekarang tidaklah sulit. Cukup buat konten yang berkualitas saja. Pentingkan kualitas daripadai kuantitas, membuat backlink secara massal seperti situs generator akan membuat situs kalian terkena penalti Google.

Terdapat teknik lain yang tak kalah efektif yakni dengan melakukan Guest Blogging. Menulis artikel pada situs orang lain yang mana kalian boleh menyisipkan 1 atau 2 link relevan yang mengarah ke artikel kalian. Saran saya, jangan terlalu sering melakukan teknik seo off page ini.

2. Promosi ke Sosial Media

Melakukan promosi ke media sosial juga memiliki keuntungan. Selain sarana promosi blog ke khalayak ramai, kalian juga mendapatkan backlink meskipun No-Follow.

Menanam backlink tidak harus Do-Follow ya, No-Follow juga bagus buat seo.Dengan melakukan teknik ini, kalian akan mendapatkan trafik yang cukup bagus.

Semakin banyak orang melihat dan mengenali brand situs kalian, semakin pula orang menuju ke situs kalian. Jadi, sosial media dapat meningkatkan Brand Awareness.

Sebenarnya, hanya 2 cara diatas sajalah yang saat ini masih relevan untuk dilakukan. Namun, tidak ada salahnya jika kalian melakukan teknik seo off page dengan cara lama.

FAKTOR SEO OFF PAGE

Telah kita ketahui, link building merupakan faktor utama yang paling berpengaruh dalam seo off page. Namun, tidak sembarang link yang disukai oleh mesin pencari Google.

Terdapat faktor lain yang dapat meningkatkan situs pada SERP teratas mesin pencarian Google. Apa saja faktornya?

Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan SERP :

1. Inbound Link

Untuk menaikkan posisi blog pada SERP teratas, biasanya google menilai dari banyaknya link yang menuju ke blog kalian.

Penggunaan hyperlink yang mengarah langsung ke salah satu artikel menandakan bahwa situs kalian memang layak untuk diberikan backlink. Semakin banyak link yang mengarah, tentunya akan semakin baik lagi.

Alangkah baiknya jika link tersebut berasal dari domain yang berbeda antara satu dengan yang lain.

2. Kualitas Link

Tidak semua link yang mengarah ke blog kita memiliki tingkat penilaian yang sama dimata search engine. Kualitas link yang berasal dari blog atau website populer tidak sama dengan link yang berasal dari blog biasa.

Misalnya : kita telah mendapatkan link dari blog ternama seperti sugeng.id, link tersebut dimata search engine sangat baik mengingat reputasi dan DA (Domain Authority) PA (Page Authority) dari blog mas sugeng sangat baik.

Jadi, lebih baik memiliki beberapa link berkualitas daripada memiliki banyak sekali link namun tidak berkualitas.

3. Anchor Text

Anchor Text adalah teks tertentu yang digunakan untuk menempatkan hyperlink. Usahakan saat melakukan teknik seo off page satu ini dengan hati2.

Kalian diharuskan untuk membuat teks yang relevan dengan kata kunci yang akan dibidik dan mengarahkannya menggunakan hyperlink ke artikel yang sesuai dengan teks yang diberi hyperlink tadi.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu mesin pencari dalam mengidentifikasi blog dan kata kunci apa yang memiliki peringkat baik di mata search engine.

Alat – alat untuk SEO Off Page

Telah terdapat banyak sekali di internet mengenai alat apa saja yang dapat kalian gunakan untuk membantu mengoptimasi teknik seo off page ini.

Berikut ini beberapa alat yang dapat kalian gunakan :

1. Google Adwords

Banyak orang yang tidak tahu mengenai alat ini. Yang mereka tahu, Google Adwords adalah periklanan untuk mempromosikan produk kita agar mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Namun, alat ini memilik berbagai macam fungsi. Diantaranya : melakukan riset kata kunci, informasi mengenai kondisi internet, meningkatkan traffic berkualitas, result yang mudah untuk dipahami, dan masih banyak lagi.

Alat ini juga berfungsi untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan. Tentunya dengan strategi pemasaran yang baik, bukan tidak mungkin pengunjung blog yang datang suatu saat akan menjadi pembeli produk di blog kalian.

2. MOZ

Menggunakan alat ini saya rasa sangat tepat sekali, mengingat pihak MOZ memiliki data traffic yang baik.

Terdapat banyak sekali fitur yang disediakan oleh MOZ ini yaitu melacak iklan pemasaran, penelitian peluang keywords, melacak kesalahan pencarian keywords, dan menganalisa mengenai blog atau website kalian.

Selain itu, kalian dapat fokus kepada teknik seo off page yang kalian lakukan, sehingga mudah untuk melihat jumlah pencarian dengan kata kunci tertentu.

3. Ahrefs

Alat ini bersifat multi-fungsi. Ahrefs memiliki database backlink yang memuat lebih banyak dan dapat membantu kalian dalam menganalisa blog kalian, bahkan kompetitor pun dapat pula kalian analisa.

Ketika menggunakan alat ini, kalian dapat mengetahui mengenai cara untuk menggeser kompetitor kalian. Fitur-fitur yang ditawarkan antara lain : melihat backlink blog, mencari kata kunci paling relevan, menganalisa kompetitor beserta strategi mereka.

Kesimpulan

Dalam SEO, terdapat 2 cara yang penting yakni SEO Off Page dan SEO On Page. Melakukan Teknik Seo Off Page sangat penting untuk meningkatkan trafik pengunjung dan membuat reputasi blog menjadi semakin baik.

Membangun link merupakan cara abadi (dulu – sekarang) yang banyak dilakukan oleh master seo untuk meningkatkan jumlah trafik. Namun perlu diingat, ini merupakan salah satu diantara ratusan faktor dalam algoritma mesin pencari.

Kalian juga harus memperhatikan strategi dalam membangun link. Pada bagian inilah SEO On Page berperan, menigkatkan kualitas artikel yang baik yang bermanfaat dan disukai pengunjung akan berpeluang memberikan backlink menuju artikel kalian.

Ingat pula! Dalam melakukan seo off page, usahakan lakukan secara natural. Artinya backlink yang dibuat mengarah ke artikel blog kalian dilakukan oleh orang lain, bukan robot atau kalian sendiri.

Sekian semoga teknik seo off page yang telah saya sampaikan bermanfaat. Salam sukses!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here