oleh

7 Rekomendasi Situs Belajar Ngeblog untuk Pemula

5/5 (1)

Sebagian orang, ingin belajar ngeblog tetapi tidak mengetahui dimulai dari mana terlebih bagi pemula yang baru awal terjun di dunia ngeblog. Biasanya, pemula akan menghabiskan sebagian waktunya bukan untuk menulis artikel, melainkan mencari situs belajar ngeblog untuk dijadikan panduan awal untuk belajar ngeblog.

Tentu, tidak semua situs yang mereka temukan memberikan manfaat yang besar terlebih jika terdapat kesalahan informasi yang menyesatkan dan langsung saja ditelan mentah-mentah tanpa ada rasa ingin tahu yang lebih. Disitulah terkadang memulai ngeblog menjadi sedikit rancu.

Seperti yang kita tahu, segala informasi yang berada di internet ada sisi baik dan buruknya. Sisi baiknya adalah kalian mendapatkan informasi yang tepat dan akurat yang bisa kalian jadikan panduan untuk belajar ngeblog. Dilain sisi, kalian tidak mengetahui apakah itu informasi yang valid dan benar atau malah justru menyesatkan.

Oleh karena itu, sebelum kita memulai belajar ngeblog sebaiknya mengetahui situs mana saja yang memberikan informasi yang benar-benar memberikan dampak bagi pembaca dan sudah teruji kebenaranya.

Situs Belajar Ngeblog yang dapat kalian jadikan Panduan

Kali ini, saya merekomendasikan situs belajar ngeblog yang bisa kalian jadikan panduan untuk memulai ngeblog. Situs-situs dibawah ini dikelola oleh blogger sarat akan pengalaman yang telah lama berkecimpung di dunia ngeblog. Situs mana saja kah itu?

1. Mas Sugeng (www.sugeng.id)

Blog pribadi yang sangat terkenal di kalangan blogger old (seperti saya), berisi tentang tutorial dan tips ngeblog, seo, dan adsense. Dibuat oleh Sugeng Riyadi (mas sugeng sapaan akrab) bermula saat pertama kali ngeblog sampai bisa mahir dan gajian dari kegiatan ngeblognya menjadikan sebuah kisah inspiratif dan penuh dengan motivasi.

Situs belajar ngeblog mas sugeng, awalnya berdomain www.mas-sugeng.com setelah hadirnya ekstensi domain .id baru, mas sugeng langsung mengganti nama domain blognya ke www.sugeng.id

Selain membagikan tutorial dan tips seputar ngeblog, mas sugeng juga menjual template blogspot yang tentunya sudah dijamin kualitasnya. Template terbaru yang rilis di blog mas sugeng adalah VIOMAGZ. Terdapat juga template blogspot toko online untuk kalian yang ingin membangun blog toko online.

Untuk saat ini, mas sugeng sudah jarang melakukan update artikel terbaru di blognya. Mungkin dikarenakan kesibukan di dunia nyata atau beliau sedang menggarap blog lain selain sugeng.id, tetapi tutorial dan tipsnya masih terbilang masih bisa dijadikan panduan untuk memulai ngeblog.

2. PanduanIM (panduanim.com)

panduanim situs belajar ngeblog
situs belajar ngeblog panduanim tutorial

Blog yang berisi panduan ngeblog untuk pemula selanjutnya adalah milik kang Darmawan. Sesuai dengan namanya, panduan IM (internet marketing) berisikan panduan-panduan strategi marketing, pembuatan website, toko online, dan lainya yang berkaitan dengan platform wordpress.

Artikel yang di tulis memiliki ciri khas tersendiri, mudah untuk dicerna pembaca, dan tentunya kaya akan informasi. Semua panduan yang kalian butuhkan ada di blog kang darmawan tersebut. Cocok bagi kalian yang ingin belajar lebih dalam mengenai strategi pemasaran konten digital untuk keperluan bisnis.

Artikel dari kang darmawan yang paling menjadi favorit saya adalah “5 Tahap untuk Bisa Masuk ke Halaman Pertama di Google dengan Keyword Apapun [Studi Kasus]” karena yang paling unik disini adalah kang darmawan melakukan studi kasus sendiri, bukan asal menulis artikel lalu publish seperti kebanyakan orang saat ini.

Kalau sudah melakukan studi kasus terhadap suatu permasalahan pastinya isi artikel yang di tulis memiliki ke absahan dan orisinil. Orang lebih menyukai hal yang demikian, karena di nilai lebih kredibel dibandingkan dengan hanya rewrite artikel orang lain.

3. Blogodolar (www.blogodolar.com)

situs belajar ngeblog blogodolar
blogodolar – situs belajar ngeblog

Rekomendasi situs belajar ngeblog yang lain kali ini adalah blog milik Herman Yudiono, sapaan akrabnya Kang Yudiono. Pada tahun 2011, beliau rela ubah haluan dari pekerjaan sebagai chemist dan memilih untuk menjadi seorang full time blogger. Betapa beratnya untuk memikirkan dan mempertimbangkan dengan matang pilihan yang ia tentukan pada saat itu.

Di blogodolar kalian bisa menemukan tips-tips ngeblog, desain blog, tips seo, meningkatkan trafik, sampai monetisasi. Yang membuat saya terkagum adalah tips yang ia berikan tidak sembarangan, melainkan berdasarkan pengalaman yang telah ia ketahui dan membagikannya kepada kalian semua yang membutuhkan tips-tips untuk memulai ngeblog.

Suka duka mengelola blognya pun dituliskan dalam sebuah artikel yang berjudul “Fase-fase ngeblog saya” artikel yang paling menyentuh di benak saya adalah tentang Catatan Seorang Full Time Blogger. Disana kita bisa tahu mengenai kehidupan seorang full time blogger dalam mengelola blognya.

Informasi terbaru yang saya dapatkan, kang yudiono saat ini fokus untuk mengelola blog baru-nya Herman Yudiono. Konten artikelnya mengenai Memulai blog otoritas, Menulis great content, List building (email marketing), Copywriting, dan Membuat produk sendiri (misalnya buku cetak dan kursus online).

4. Struktur Kode (strukturkode.blogspot.com)

situs belajar ngeblog struktur kode
struktur kode – situs belajar ngeblog blogspot

Berbeda dengan nomor 2 dan 3, kali ini situs belajar ngeblog yang dapat kalian jadikan rujukan adalah blog yang masih menggunakan subdomain dari blogspot. Mungkin, sebagian orang masih meremehkan blog yang masih menggunakan subdomain gratisan dari blogspot. Struktur kode dengan enjoy menggunakan subdomain ini sejak tahun 2014 hingga sekarang. Mungkin banyak dari kalian bertanya “Mengapa tidak membeli domain TLD?”.

Meskipun demikian, isi dari artikel di blog ini tidak kalah dengan blog panduan lainya yang sudah menggunakan TLD seperti blog ini:D Di blog struktur kode, panduan yang diberikan sangat lengkap, panjang, namun tertarget. Konten artikel yang dapat kalian temukan berupa Web, Blogging, SEO, Bisnis Online, Internet, dan Media sosial.

Penulis membuat artikel seputar pengalamannya saat pertama kali gajian google adsense. Untuk kalian yang masih merendahkan blogger lain yang menggunakan subdomain blogspot, ingatlah pada blog ini. Sejak 2014 sampai sekarang, kekuatan SEO-nya tidak kalah dengan yang menggunakan TLD.

5. Igniel (www.igniel.com)

Untuk yang ingin belajar ngeblog dan koding yang berhubungan dengan platform ngeblog blogspot, situs milik mbak igniel ini wajib kalian kunjungi. Setau saya, pemilik situs merupakan blogger yang berpengalaman. Dengan keahlian mengutak – atik blogspot dengan kode-kode yang memiliki desain interaktif, maka bukan tidak mungkin menjadi rujukan banyak orang.

Selain memberikan tutorial mengenai blogspot, entah itu koding, mempercantik blog, mempercepat loading blogspot, mbak igniel juga membuat beberapa template blogspot. Untuk bisa mencicipi dengan gratis, kalian dapat mendownload template karyanya yang free version. Bagi yang memiliki budget lebih dan ingin tampilan blognya berbeda dari yang lain maka saya sangat merekomendasikan untuk membeli versi yang premium.

Perlu diingat, jika menggunakan template versi gratis jangan pernah sekali kali untuk merubah credit footer. Credit footer pada template gratisan adalah sebagai bentuk apresasi untuk pembuatnya. Bila ingin terbebas dari link di credit footer alangkah baiknya untuk membeli template blogspot versi premium.

6. Maxmanroe (maxmanroe.com)

Situs belajar ngeblog ini sangat familiar di kalangan blogger dan internet marketer. Blog yang didirikan oleh Marikxon Manurung berfokus pada seputar bisnis online dan internet marketing. Tetapi, jika kalian berkunjung dan mencari tutorial-tutorial seputar ngeblog pasti ada kok.

Setiap konten artikel yang disajikan sangat informatif dan mudah untuk dimengerti. Sehingga untuk pemula yang ingin belajar ngeblog dan internet marketing sangat dianjurkan untuk mengunjungi blog milik Marikxon Manurung.

Salah satu artikel yang membuat saya ingin membacanya lagi adalah “10+ Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Menjanjikan di Masa Depan

7. Juragan Cipir (juragancipir.com

Rekomendasi situs belajar ngeblog yang terakhir kali ini datang dari ibu dua anak yang bernama mbak Indri Lidiawati.  Menurut informasi, mbak indri memulai ngeblog pada awal tahun 2010 sampai sekarang ini.

Disela-sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, tidak menyurutkan niat untuk terus semangat ngeblog dan membagikan artikel-artikel yang informatif. Blog ini memiliki niche gado-gado alias campuran. Ada tentang tutorial, bisnis online, internet marketing, kesehatan, travel, alam, dan masih banyak lagi.

Artikelnya sangat mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang mudah untuk dicerna dan tidak berbelit-belit. Jika kalian ingin mencari sumber inspirasi tentang ngeblog, jangan lupa untuk berkunjung ke blog Juragan Cipir.

Itulah 7 rekomendasi situs belajar ngeblog menurut pendapat saya. Sebenarnya banyak sekali sumber-sumber blog yang dapat kalian jadikan tujuan untuk belajar ngeblog, tetapi diataslah yang menurut saya wajib untuk kalian kunjungi.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat bagi kalian, terima kasih….

Berikan Rating

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.