Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

2
371

Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress – Blogger pemula yang ingin sekali mempelajari SEO lebih lanjut, mereka mencari – cari cara agar blognya memiliki kriteria SEO Friendly yakni dengan cara merubah struktur url agar artikel yang dibuat lebih ramah terhadapat mesin pencari google.

Pada pembahasan artikel kali ini, saya ingin menjelaskan struktur url seperti apa yang ramah dengan mesin pencarian untuk WordPress. Jika kalian pengguna baru, pasti struktur url blognya sudah otomatis default bawaan. Nah, agar lebih SEO Friendly kalian harus merubah settingan default tersebut.

permalinks ngeblogbareng

Nah, oleh karena itu saya akan menjelaskan lebih lengkap struktur permalink untuk WordPress agar lebih SEO Friendly.

APAKAH URL SEO FRIENDLY ITU?

Sebelum melangkah ke cara mengganti struktur permalink, mari terlebih dahulu kita ketahui apa sih URL SEO Friendly itu?

URL SEO Friendly adalah URL yang memut kata kunci yang menjelaskan isi artikel, dan mudah dibaca oleh manusia maupun mesin pencari. Sebuah URL unik yang dapat menempatkan artikel kalian di peringkat teratas mesin pencari google.

Contoh URL atau Permalink yang SEO Friendly.

https://www.ngeblogbareng.com/struktur-url-seo-friendly-untuk-wordpress

Sedangkan, inilah sebuah URL atau Permalink yang tidak SEO Friendly.

https://www.ngeblogbarneg.com/?p=283

Perlu kalian ketahui, WordPress versi terbaru sudah otomatis menggunakan Permalink yang SEO Friendly. Berbeda dengan Worpdress versi lama yang masih menggunakan Permalinks yang lama yang mengharuskan kalian untuk melakukan perubahan sendiri di menu pengaturan.

PENGATURAN PERMALINKS URL DI WORDPRESS

Dalam platform WordPress, kalian dapat merubah dan membuat permalinks atau struktur url sesuai kemauan.

permalinks wordpress seo friendly

Untuk masuk ke halaman pengaturan permalink WordPress, hal yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke menu Settings ยป Permalinks di daerah admin WordPress kalian. Dan kalian akan melihat halaman pengaturan struktur URL seperti dibawah ini.

  • Plain
    https://www.ngeblogbareng.com/?p=123
  • Day and name
    https://www.ngeblogbareng.com/2016/01/22/sample-post/
  • Month and name
    http://www.ngeblogbareng.com/2016/01/sample-post/
  • Numeric
    https://www.ngeblogbareng.com/archives/123
  • Post name
    https://www.ngeblogbareng.com/sample-post/
  • Custom Structure
    Pilih Sturktur URL menggunakan tags.

Berikut penjelasan detail mengenai pemilihan struktur url seo friendly:

Pertama yakni disebut “plain” digunakan sebagai default permalinks oleh Worpdress versi lama. Dan ini bukan pilihan yang tepat untuk URL SEO Friendly.

Kemudian ada Day and Name. Menurut saya ini boleh saja kalian gunakan, karena terdapat nama sebagai rujukan artikel dan tanggal bulan diterbitkannya artikel tersebut. Permalinks yang ini cocoknya bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan platform blogger tetapi migrasi ke wordpress self host.

Yang ketiga tidak beda jauh dengan nomor 2. Bedanya yang tadi menggunakan Hari sebagai permalinks, sedangkan yang ini menggunakan Bulan saja tidak menggunakan hari.

Numeric merupakan permalinks struktur url yang tidak saya rekomendasikan. Mengapa? nama yang termuat dalam permalinks numeric tersebut bukan nama ataupun bulan hari, melainkan tulisan archives/123 yang mana ini tidak bagus dilihat dari segi SEO

Berbeda dengan struktur permalinks sebelumnya, struktur url menggunakan post name sangat direkomendasikan bagi kalian yang menginkan artikel nangkring di page one. Url permalinks ini simple, setelah nama domain langsung nama post yang dibuat.

Terakhir adalah costum structure. Permalinks url ini juga tidak direkomendasikan. Karena tau sendiri lah, bukannya nama post artikel yang di struktur melainkan tags yang dibuat. Hal ini tentu jauh dari kata SEO Friendly.

Itulah tadi pembahasan saya mengenai Struktur URL SEO Friendly untuk platform WordPress. Semoga menambah referensi sobat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan SEO. Lebih lanjut saya akan membuat artikel mengenai SEO lebih dalam.

Jangan lupa share bila bermanfaat ๐Ÿ™‚

2 KOMENTAR

Comments are closed.