3 Tips Belajar Bahasa Jerman Secara Otodidak

By | September 3, 2019
tips belajar bahasa jerman 5/5 (1)

Belajar bahasa jerman memiliki dapat dilakukan dengan dua metode yang berbeda. Masing masing memiliki keefektifan sendiri sendiri yang tidak dapat dibandingkan karena tergantung dengan pola pembelajaran, kedisiplinan hingga seberapa tingginya tingkat pemahaman kita atas belajar dengan dua metode tersebut. Metode pertama adalah belajar bahasa jerman melalui kursus lembaga bahasa di sekitar jakarta atau jabotabek.

Belajar bahasa jerman seperti di Virtu Education dengan sistem kursus mempunyai beberapa kelebihan yang tidak didapatkan jika belajar sendiri. Pertama, sistem kursus akan memberikan rencana pembelajaran yang jelas dan terstruktur, selain itu sistem kursus juga akan memaksa kita mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh lembaga kursus tersebut. Sehingga mau tak mau kita akan dipaksa untuk belajar bahasa jerman sehari hari mengikuti aturan jam belajar. Belajar bahasa jerman dengan sistem kursus sangat cocok untuk mereka yang malas, kurang bisa mengatur waktunya serta mempunyai kelebihan uang dan juga menginginkan pembelajaran terstruktur bersama native speaker.

Sementara sistem pembelajaran bahasa jerman kedua adalah belajar bahasa jerman secara otodidak. Belajar bahasa jerman dengan sistem ini mempunyai banyak kelebihan. Yaitu kita bebas menentukan kapan jadwal belajar kita, kita bebas dalam mengkreasikan pola dan metode belajar sesuai dengan minat dan passion kita, serta tentunya akan menghemat biaya yang lebih banyak ketimbang harus ke tempat kursus. Eits, akan tetapi belajar bahasa jerman dengan metode otodidak hanya disarankan buat mereka yang mempunyai karakter disipln, pejuang tangguh serta tidak mudah menyerah.

Belajar bahasa jerman secara otodidak akan sering diliputi rasa malas, diliputi kesibukan bekerja dan belajar kesana kemarin, serta diliputi proses merancang rencana pembelajaran, serta yang paling penting kita sendiri yang akan mengevaluasi seberapa jauh progress kemajuan pembelajaran kita. Bandingkan dengan belajar bahasa jerman sistem kursus yang mempunyai tahap evaluasi tiap bulan dan dievaluasi oleh tutor bahasa native speaker.

Nah, jika anda ingin belajar bahasa jerman dengan cara otodidak, jangan berkecil hati. Berikut ada tips tips bagaimana belajar bahasa jerman dengan otodidak (belajar sendiri) yang lebih efektif dan efisien:

Pertama, bagi anda yang pemalas dan pekerja sibuk. Berikan waktu terbaik untuk belajar yang anda wajibkan bagi anda sendiri, mau tidak mau anda harus membanting pikiran anda untuk mengikuti jadwal tersebut secara konsisten, mulailah dengan jadwal yang konstan secara terus menerus. Misalnya jika anda memberikan waktu sepulang bekerja menjelang tidur antara pukul 20 hingga 21 malam. Maka konsistenlah untuk memberikan waktu satu jam tersebut setiap hari berturut-turut untuk fokus belajar. Matikan handphone, tv dan segala perangkat elektronik dan berfokus pada belajar bahasa jerman. Cara ini efektif jika anda juga serius dan konsisten.

Kedua, rencanakan kurikulum pembelajaran yang sederhana selama beberapa pekan kedepan. Misalnya hari ini akan belajar kosakata dengan menambah lima sampia sepuluh kosakata, besok kemudian belajar tata bahasa, esok lusa belajar kosakata lagi, tulislah rencana pembelajaran ini dengan jelas dan terstruktur kemudian tempel di meja belajar anda. Cara ini efektif jika anda konsisten dan juga disiplin tentunya.

Ketiga, variasikan pola pembelajaran anda agar tidak monoton. Jika anda belajar di depan buku teks terus menerus maka akan muncul kebosanan suatu saat. Anda bisa memvariasikan dengan belajar lagu bahasa jerman, menyetel musik bahasa jerman, menonton film kartun (misal spongebob atau shaggy dog) tetapi dengan audio atau subtitle bahasa jerman. Cara ini efektif jika anda disiplin dan terus menerus konsisten.

Berikan Rating

Author: Arga Eryzal P

Seorang PART-Time Blogger, fokus ke penulisan artikel untuk Blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.